Wedang Uwuh, Seruput Hangatkan Raga, Refresh Pikiran
Wedang Uwuh, Seruput Hangatkan Raga, Refresh Pikiran

Wedang Uwuh Minuman herbal satu ini biasanya merupakan suguhan bagi tamu, sekaligus juga minuman yang menyehatkan. Di Jawa, khususnya di Yogyakarta minuman berbahan dasar tumbuhan, akar – akaran serta pohon herbal ini, sangat mudah kita jumpai. Seperti yang akan kita bahas berikut ini, yaitu Wedang Uwuh.

Wedang Uwuh, Seruput Hangatkan Raga, Refresh Pikiran
Wedang Uwuh, Seruput Hangatkan Raga, Refresh Pikiran

Mungkin bagi anda terdengar asing dengan nama Wedang Uwuh ini, sebab minuman khas ini berasal dari campuran dari beberapa jenis tumbuhan herbal yang menyehatkan. Rasanya mirip wedang jahe, kalau anda pernah mencicipinya di angkringan. Sensasi yang akan anda dapatkan saat menyeruput wedang uwuh adalah kehangatan.

Karena berbahan dasar jahe, kayu secang, cengkeh, daun pala, dan daun cengkeh. Sehingga cita rasa yang timbul saat anda mencicipinya adalah rasa pedas hangat serta manis alami gula Jawa. Biasanya minuman ini banyak digemari warga yang tinggal di daerah pegunungan, jadi selain menyehatkan juga menghangatkan badan.

Lalu ada yang menarik dari arti wedang uwuh ini jika di artikan kedalam bahasa Indonesia. Saya rasa dari kata “Wedang” ini masyarakat Indonesia pastinya sudah banyak yang tahu artinya, yaitu minuman hangat. Nah, “Uwuh” itu dalam bahasa Indonesia artinya sampah, tapi sampah yang seperti apa dulu nih ?

Sampah itu dalam artian bahan – bahan rempah (jahe, daun cengkeh, biji cengkeh, kayus secang, daun pala) yang digunakan untuk membuat wedang uwuh ini langsung di campur begitu, didalam kuali atau panci kemudian direbus. Nah, banyaknya bahan yang dimasukan itu akhirnya menumpuk mirip sampah dedaunan yang menumpuk.

Jika di daerah Bandung biasanya terdapat, Secang, Bandreg (beer Jawa), dan minuman hangat lainya yang biasanya selalu ada campuran jahe-nya. Jadi, wajar jika masyarakat pegunungan atau daerah dataran tinggi untuk minum – minuman sejenis ini. Dengan nama dan ciri khas masing – masing, seperti di Yogyakarta ini dinamai Wedang Uwuh.

Minuman hangat lainya ada banyak jenisnya di Yogyakarta ini sehingga kekayaan resep wisata kuliner Jogja ini ada begitu banyak. Termasuk salah satunya wedang uwuh ini, tak jauh beda dengan wedang ronde, yang tersebar dimana – mana di Yogyakarta. Menemani malam dengan segelas wedang Uwuh memang paling pas.

Terutama bagi anda yang tidak suka dengan kopi, secangkir wedang Uwuh juga sudah cukup, sembari ngobrol sampai nglantur di tengah malam. Di acara – acara seperti kebudayaan, pernikahan, atau acara – acara resmi lainya bisanya minuman ini tak absen dari meja makan, untuk disuguhkan kedapan para tamu undangan.

Saya sendiri suka dengan minuman herbal semacam ini, terutama untuk menemani diri saat dalam kondisi belajar. Perlu anda ketahui, banyak sekali manfaat dari jahe ini, banyak penelitian hingga studi dari para professor. Menyebutkan jahe bersifat antikoagulan yang bermanfaat untuk mencegah anti penggumpalan darah.

Serta mencegah, penyebab utama stroke, serangan jantung, menurunkan kadar kolesterol, serta beragam manfaat lainya. Jahe juga bagus untuk anak – anak karena mampu meningkatkan nafsu makan, karena kandungan yang terdapat dalam jahe bisa merangsang kelenjar pencernaan, melancarkan pencernaan, dan memperkuat lambung.

Nah, selain menyehatkan wedang Uwuh juga mampu mebuat kenangan indah selama anda singgah di Jogja, sehingga rindu dan ingin kembali.

Photo by, Raden Yudasmoro.net Minasiani

beda wedang rempah dan wedang uwuh
BAGIKAN

4 KOMENTAR

  1. Minuman khas jogja ini rasanya agak pedes tetapi menghangatkan dan menyehatkan, kadang suka beli di deket rumah, harganya jg ga mahal
    Maaf sebelumnya numpang ngsih info nih, buat yang ga mau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi pengin nyicip makanan enak?
    Kami dari Bu Mentik Catering & Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering & paket pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin..
    langsung cek situs kami yuk..

    Terimakasih.. 🙂

Ada pertanyaan atau komentar?