Desa Wisata Jogja – Bagi Anda yang ingin berwisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi selain tempat wisata bersejarah atau budaya, misalnya seperti mengunjungi desa wisata Yogyakata untuk melihat sisi lain dari Kota Pelajar. Alternatif liburan dengan mengunjungi desa-desa yang sayang untuk Anda lewatkan saat liburan bersama dengan keluarga tercinta.

4 Desa Wisata Jogja untuk Anda liburan bersama dengan Keluarga Tercinta

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Jogja, untuk Anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga tercinta. Dan tentu saja bernuansa, Desa Wisata yang sekaligus juga sebagai tempat belajar sambil liburan bersama keluarga. Yuk, simak empat tempat rekomendasi yang sudah kami rangkum berikut ini;

Desa Wisata Karang Tengah

4 Desa Wisata Jogja untuk Anda liburan bersama dengan Keluarga Tercinta
Desa Wisata Jogja untuk Anda liburan – Desa Wisata Kebon Agung, Imogiri (Photo by, instagram.com/niasari_kurnia)

Desa wisata Jogja yang satu ini terletak di dusun Mojolegi Rt 03 Karang Tengah, Imogiri, Kabupaten Bantul. Desa ini terkednal sebagai desa penghasil jambu mete. Desa Wisata Karang Tengah ini berada 2 km dari lokasi pemakaman Raja Imogiri.

Penanaman jambu mete di desa ini dilakukan atas rekomendasi dari GKR Pembayun Putri Raja Keraton Kesultanan Yogyakarta dan penanamannya mulai dilakukan mulai dari tahun 2005. Tanah yang digunakan untuk menanam jambu mete di desa tersebut juga milik Keraton Jogja yang luasnya mencapai 60 hektar.

Setidaknya setiap keluarga di desa ini akan diberikan tanggungjawab untuk mengurus 2000 km2 lahan. Jika berkunjung ke desa ini, maka Anda juga akan diajari bagaimana cara menanam pohon jambu mete dengan harga paket wisata yang telah ditawarkan. Ada banyak homestay yang juga bisa digunakan untuk menginap di desa wisata Karang Tengah.

Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung Bakalan Donoharjo
Desa Wisata Tanjung Bakalan Donoharjo (Photo by, instagram.com/lesynurah)

Desa ini terletak kawasan Donoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman. Desa ini diresmikan sebagai desa wisata Yogyakarta ini di tahun 2010 dengan naman Desa Wisata Tanjung. Di desa ini terdapat 3 pedukuhan yaitu Tanjung, Panasan dan Bantarjo serta 6 RW dan 11 RT.

Mayoritas profesi penduduk di desa ini yaitu petani. Jika berkunjung ke desa ini maka Anda bisa mengikuti aktivitas warga sebagai petani. Desa Wisata Tanjung juga menyajikan suasana Jawa yang sangat kental. Mulai dari adat istiadat hingga benda-benda peninggalan bercorak khas Jawa.

Di desa ini juga terdapat sebuah Rumah Joglo yang kabarnya telah berusia sekitar 200 tahunan. Desa ini terletak 5 km ke arah dari Monumen Jogja Kembali.

Desata Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari, Sleman
Desa Wisata Pentingsari, Sleman (Photo by, instagram.com/smppj2)

Desa wisata Jogja ini terletak di kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman dan berada tepat di lereng Gunung merapi. Tentunya jika gunung merapi mengalami erupsi, maka desa ini akan masuk dalam kawasan zona berbahaya.

Tetapi meskipun begitu suasana lingkungan di desa ini sangat sejuk dan asri. Masyarakat di desa ini juga umumnya berprofesi sebagai petani. Suasana tradisional jawa juga sangat kental di desa ini.

Jika Anda mengunjungi desa ini, jangan lupa mampir ke ancuran Suci Sendangsari dan juga Batu Luweng yang menjadi simbol dari perjuangan Pangeran Diponegoro dalam menghadapi penjajah.

Desa Wisata Nglinggo

Wisata Nglinggo Kulon Progo
Wisata Nglinggo Kulon Progo (Photo by, instagram.com/anggritasp)

Desa Wisata Yogyakarta yang satu ini terletak di datarang tinggi Kulon Progo. Nama desanya yaitu Desa Wisata Nglinggo. Desa ini juga terletak di Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Semigaluh yang letaknya juga tidak terlalu jauh dari puncak Suroloyo.

Desa wisata Nglinggo terkenal dengan kebun tehnya letaknya berada di ketinggian sekitar 800mdpl. Tidak hanya terkenal dengan kebun tehnya saja, desa ini juga terkenal memiliki air terjun yang diberi nama Curug Watu Jonggol.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan, ohya ada juga desa wisata Dolan Ndeso Boro, dan masih banyak lagi lainnya.

Mengingatkan selalu, untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Ada pertanyaan atau komentar?