Asli Nyata Keseruan De Arca Statue Museum Museum Patung Asli Yogya
Asli Nyata Keseruan De Arca Statue Museum Museum Patung Asli Yogya

Penasaran dengan museum Madame Tussaud yang terkenal memamerkan beragam patung tokoh dunia berbahan lilin? Tak perlu jauh berkunjung ke luar negeri lagi untuk sekedar pengalaman semacam ini, karena kini di Indonesia sudah berdiri museum dengan konsep serupa. Meski tidak berbahan lilin, karena museum ini memilih bahan resin sebagai materi patung mengingat bahan ini lebih tahan terhadap udara panas iklim tropis.

Adalah FX Petrus Kusuma, seorang pemerhati dunia seni sekaligus seniman asli Yogya yang memutuskan mendirikan sebuah museum dengan konsep menyerupai Museum Madame Tussaud. Dengan tajuk De Arca Statue Museum, Beliau menghadirkan museum yang memajang patung berbagai tokoh besar baik itu tingkat nasional, internasional hingga tokoh fiksi super hero dunia.

Museum ini masih berada satu kompleks dengan De Mata Trick Eye Museum sehingga pengelola juga menyediakan tiket terusan seharga 70 ribu. Namun bila Anda ingin hanya khusus mengunjungi museum patung ini Anda bisa cukup mengeluarkan dana Rp 50 ribu saja untuk tiket masuk.

Menurut pengelola museum patung asli Indonesia, museum ini mentargetkan akan memamerkan setidaknya 100 buah patung dari berbagai latar belakang, namun untuk saat ini, baru tersedia sekitar 70 patung yang akan terus ditambah secara bertahap.

Memasuki area pamer, museum ini diawali dengan ruang tokoh nasional. Di ruang ini Anda bisa berjumpa dengan beberapa replika tokoh besar Indonesia. Anda bisa bertemu dengan beberapa tokoh pahlawan Nasional seperti Cut Nyak Dien, Jenderal Soedirman dan banyak tokoh lain.

Jangan harap menjumpai tokoh-tokoh ini dalam pose serius, bahkan kadang seakan tokoh-tokoh ini sedang bersila santai seakan asyik mengobrol dengan Anda. Salah satu contohnya adalah pose dari replika tokoh Affandi yang asyik bersila di sebuah bangku dengan pipa rokok di tangan. Seakan tengah asyik menikmati suasana hangat dalam museum.

Keluar dari area ini Anda akan disambut dengan tokoh spiderman ala Jawa lengkap dengan busana khas Jawa seperti blangkon dan dan kain batiknya. Duduk santai dengan satu kaki dibiarkan bertengger pada kakinya yang lain persis seperti gaya orang jawa yang santai di teras rumah. Tokoh ini duduk di atas sebuah bola dunia penyok seakan gambaran satir akan kondisi dunia.

Dari patung Spiderman berblangkon ini, Anda bisa menjumpai ruang khusus tokoh presiden RI, beberapa tokoh besar dunia termasuk tokoh Obama, Queen Elisabeth, Hittler dan masih banyak tokoh besar dunia lain.

Kemudian perjalanan Anda akan mempertemukan Anda dengan deretan tokoh fiksi super hero seperti Captain America, Hulk, Thor sampai Jack Sparrow, Michael Jackson, Christiano Ronaldo dan masih banyak lagi.

Perjalanan unik yang sesaat ini seakan memikat Anda dengan kesempatan bersua langsung dengan berbagai tokoh besar dunia. Dan uniknya sebagian tokoh ini digambarkan dalam karakter yang santai lengkap dengan senyuman mereka yang ramah, seakan Anda begitu akrab dengan mereka. Sebuah museum patung unik yang berbeda dari kebanyakan museum patung lain, dan hanya bisa Anda jumpai di Yogya.

Lokasi : XT Square, Jalan Veteran, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161, Indonesia

Baca juga : Kedung Pengilon, Kecantikan Tersembunyi Di Balik Tirai Hutan Jati Bantul

Photo by, djogjatrans.com 5:59 PM

Penelusuran yang terkait dengan De Arca Statue Museum Yogyakarta, patung patung di jog.

Ada pertanyaan atau komentar?