Es Krim Tip Top, Bahkan Es Krim Juga Punya Legenda Di Jogja
Es Krim Tip Top, Bahkan Es Krim Juga Punya Legenda Di Jogja

Selama ini kita mengenal nama es krim Ragusa yang kerap digadang sebagai salah satu es krim legenda di Kota Jakarta. Rupanya di Kota Jogja, Anda juga bisa menemukan sebuah legenda es krim yang masih mampu bertahan lebih dari setengah abad.

Es krim Tip Top, sebuah kedai es krim di Jalan Mangkubumi ini sudah berdiri sejak tahun 1936 dan sudah bertahan sampai 3 generasi. Dan menariknya, sampai sekarang pengelola terbarunya yang juga seorang pewaris, Michael Parahita masih mempertahankan rasa dan tradisi dari kedai es krim leluhurnya ini sampai hari ini.

Kedai es krim legenda ini pada masanya sempat menjadi pusat tongkrongan kalangan atas mulai dari kalangan pimpinan Hindia Belanda dan para teknokrat lokal. Pada tahun 1950-an, kedai es krim ini juga masih menjadi salah satu tempat favorit kalangan atas untuk menikmati waktu senggang.

Dan kini bagi Anda kalangan muda, Anda bisa menjajal pesona dari konsep kedai es krim ala tahun 40-an lengkap dengan interior khas bergaya semi retro klasik dan sajian es krim dengan masih menggunakan resep ala Italia yang kala tahun 30-an menjadi salah satu pusat perkembangan sajian es krim di Eropa.

Sajian es krim di sini, juga unik, rasanya tidak terlalu milky mungkin karena memang adonannya tidak berlebihan dalam menggunakan susu. Rasa manisnya pass dengan rasa manis yang tidak gatal. Aroma-aroma yang digunakan terasa alami dan tidak eneg. Es krim Tip Top ini menyajikan setidaknya 50 jenis es krim dengan aneka rasa dan toping. Beberapa dengan rasa buah segar menyerupai konse sorbet.

Tekstur es krim tidak terlalu lembut seperti es krim susu yang dewasa ini biasa Anda nikmati.tekstur kasar dan berserat yang masih bisa Anda rasakan. Kadang ditambahkan dengan toping siraman cokelat cair, sokade dan manisan buah yang segar.

Mereka juga menyediakan aneka camilan ringan untuk teman es krim. Menu camilan sengaja dipilih sesuai dengan rasa manis dan segar ala es krim Tip Top. Dan tentu saja soal rasa camilan juga tidak akan mengecewakan.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi es krim Tip Top ini, Anda bisa mengunjunginya sekitar pukul 09.30 sampai pukul 13.30 dan akan kembali buka pada pukul 17.00 sampai dengan 21.00. Pengelolanya sekarang masih mempertahankan tradisi untuk menutup kedai di siang hari dan pada hari minggu.

Siapkan harga, sebenarnya es krim Tip Top juga tak bisa dikatakan murah untuk pasaran harga di Jogja meski juga tak terlalu mahal. Setidaknya satu pilihan menu berkisar pada harga antara Rp 10 ribu sampai harga Rp 30 ribuan tentu saja bergantung ukuran dan toping. Tak terlalu mahal untuk sebuah legenda kan? Jadi siap mencicipi es krim legendaries dari tahun 30an?

Jln. Mangkubumi No. 24 (0274-563682) Buka: Senin – Sabtu, PK 09.00 – 13.30 – 17.00 – 21.30

Baca juga : Budaya Kristen Eropa Ala Jawa di Sleman

Photo by, Bimo/Wisata Jajan Yogyakarta

Penelusuran yang terkait dengan es krim jalan mangkubumi, ES SERUT LEGENDA 1438 Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta, kumpulan jenis jenis es cream dijogja, menu harga eskrim tip top jogja malioboro.

Ada pertanyaan atau komentar?