tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi
Tidak terasa kini kita sudah berada di bulan September, semoga di bulan ini kita semua di beri kebaikan, sampai di bulan-bulan berikutnya. Di bulan yang baru ini beberapa dari anda mungkin sudah bersiap untuk berwisata di Yogyakarta. Nah, berikut Sobat Jogja akan memberikan sedikit review tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.
tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi malioboro
10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Apa saja itu mari kita simak 10 tempat wisata Jogja berikut ini :

1. Candi Prambanan

Mendengar nama salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia ini, mungkin kita sudah bisa bayangkan kemegahanya. Merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi ini adalah seperti pintu gerbang masuk sebelum memasuki Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebab, jika anda datang dari arah Jawa Timur tentu Candi Prambanan merupakan destinasi wisata Yogyakarta yang pertama akan anda kunjungi.

Candi Prambanan, Candi Termegah Abad Ke-9
Candi Prambanan, Candi Termegah Abad Ke-9

Letaknya tepat di perbatasan Yogyakarta dengan Klaten, berada sekitar 17 KM dari Kota Yogyakarta. Candi yang dihiasi oleh relief yang terukir mengelilingi candi dengan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Merupakan candi yang memiliki ribuan kisah di balik berdirinya, anda bisa mendengar langsung dari tour guide tentang bagaimana sejarah berdirinya candi ini.

Letaknya mudah di jangkau, karena sudah ada bus transJogja yang mengarah langsung ke Prambanan.

2. Keraton Yogyakarta

Tidak lengkap rasanya jika anda sudah jauh-jauh datang ke Yogyakarta tanpa melihat Istana Kesultanan Yogyakarta ini. Dengan arsitekturnya yang indah dan istimewa, anda juga bisa berkeliling melihat benda-benda bersejarah di museum, yang memamerkan berbagai koleksi dari kerajaan Eropa. Anda bisa datang ke Keraton Yogyakarta ini mulai pukul 8 pagi hingga jam 2 siang saja. Karena jam kunjungnya yang sebentar sebaiknya anda datang ke tempat ini pagi-pagi setelah jam buka.

keraton yogyakarta istimewa

Jangan lupa juga untuk bertindak dan berperilaku sopan di tempat ini, sebab sudah sepantasnya kita menjaga sikap dan menjaga tutur kata di tempat yang baik ini.

3. Candi Borobudur

Berikutnya adalah Candi Borobudur, merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia yang dilindungi oleh UNESCO candi ini merupakan candi Budha terbesar di dunia. Dan sudah berdiri sebelum Angkor Watt di Thailand di bangun. Candi Borobudur adalah sebuah model dari alam semesta yang menunjukan tingkatan-tingkatan hidup yang ada di dunia. Letaknya berada di Kabupaten Magelang, sekitar 40km dari Yogyakarta.

Candi Borobudur, Dengan Hubungan Alam Semesta
Candi Borobudur, Dengan Hubungan Alam Semesta

Karena tempat ini adalah tempat suci bagi umat Budha, maka pada saat memasuki areal Candi Borobudur anda harus mengenakan sarung yang sudah di bagikan saat di pintu masuk. Hampir lebih dari 1000 wisatawan asing maupun domestic yang datang ke Candi Borobudur ini. Memang warisan nenek moyang kita yang harus kita jaga.

4. Jalan Malioboro

Salah satu jalan yang sangat terkenal di Yogyakarta ini sudah seperti Pattaya di Thailand, atau di jalan menuju pantai Kuta di Bali. Malioboro yang berarti karangan bunga ini, merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang wajib di kunjungi. Jalan yang selalu ramai ini, memang tempat untuk memanjakan diri bagi wisatawan yang doyan dengan shopping.

Banyak sekali yang ditawarkan di tempat ini, di kanan kiri jalan terdapat ratusan ruko yang menjajakan barang-barang khas oleh-oleh. Tentu yang membuatnya sangat terkenal adalah harga yang dijual di tempat ini cukup murah. Mulai dari pernak pernik untuk aksesoris hingga barang-barang antic tersedia di tempat ini.

Malioboro Yogyakarta Bak Serbuk Sari Bagi Wisatawan
Malioboro Yogyakarta Bak Serbuk Sari Bagi Wisatawan

Apalagi disaat malam hari, anda bisa berwisata kuliner dengan memanjakan lidah anda di tempat yang kaya akan ribuan jenis makanan yang tersedia di sepanjang jalan Malioboro ini. Selain itu juga di titik 0 Yogyakarta anda bisa menikmati kreasi unik seniman kreatif Yogyakarta yang berada di sana. Semua berbaur disini, dari sabang sampai merauke bahkan turis asing juga berbaur disini.

5. Kebun Binatang Gembira Loka

Dengan 25.000 per orang, anda sudah bisa menikmati wisata kebun binatang Gembira Loka. Disana terdapat banyak koleksi hewan dari berbagai daerah di dunia. Bahkan penguin baru-baru ini di hadirkan di kebun binatang ini. Selain anda bisa berkeliling melihat koleksi-koleksi hewan yang ada, anda juga bisa bermain sepeda air, ATV, perahu kayuh, kolam tangkap ikan, menunggang unta, menunggang gajah, dan lainya. Salah satu tempat wisata keluarga yang mendidik bagi buah hati anda untuk mengenal langsung berbagai jenis hewan.

6. Pantai Parangtritis

Pantai yang memiliki keunikan dengan adanyak bukit pasir atau biasa disebut gumuk oleh warga Parangtritis. Gumuk pasir ini memberi kesan lain dari yang lain yang belum pernah anda lihat di tempat manapun, sebab gumuk pasir ini nampak seperti gurun pasir yang menawan. Selain itu juga tempat ini menyediakan olahraga paralayang yang berada di bukit Parangndog.

Pantai Parangtritis, Menggoda Wisatawan Untuk Hadir
Pantai Parangtritis, Menggoda Wisatawan Untuk Hadir

Pantai dengan view samudra hindia ini memang tidak baik untuk tempat berenang, sebab arus ombak yang deras dan juga angina yang cukup kencang bertiup dari arah samudra yang luas. Meski begitu pantai ini merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

7. Goa Jomblang

Goa yang terletak di Kabupaten, Gunung Kidul ini merupakan goa wisata yang sangat indah. Jika anda datang ke tempat ini sekitar jam 9:30 pagi sampai 11:15 siang, anda akan bisa menyaksikan keindahan cahaya surga yang menembus mulut goa ini. Salah satu goa vertical yang ada di Indonesia, goa ini mempunyai hutan purba yang masih ada hingga kini.

Goa Jomblang, Mengintip Surga Kecil Dari Bawah Tanah
Goa Jomblang, Mengintip Surga Kecil Dari Bawah Tanah

8. Istana Air Taman Sari

Untuk masuk ke lokasi Istana Air Taman Sari ini anda cukup merogok kocek 5.000 rupiah saja. Taman ini merupakan tempat meditasi sekaligus tempat rekreasi oleh keluarga raja di masa lalu. Kini tempat ini telah menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi di kala libur tiba.

Taman Sari Destinasi Wisata Jogja Thumblr
Taman Sari Destinasi Wisata Jogja

Suasana yang masih teduh, udara yang sejuk juga menjadi alasan tepat untuk anda yang melepas penat. Tempat wisata di Yogyakarta ini merupakan tempat yang menarik untuk anda kunjungi.

9. Arung Jeram Citra Elo

Olahraga air arung jeram disini cocok bagi anda yang masih pemula, karena arus sungainya tidak terlalu deras. Untuk itu anda bisa mengajak keluarga anda ber arung jeram disini sembari menikmati pemandangan sekitar sungai yang indah.

Rafting Sungai Elo Magelang, Explore Sungai Elo
Rafting Sungai Elo Magelang, Explore Sungai Elo

Segarnya udara juga akan anda rasakan, suara gemericik air sungai juga menenangkan bathin. Anda bisa relax dan tenang sejenak melupakan hiruk pikuk kehidupan kota yang semrawut.

10. Gunung Merapi

Jika anda adalah pecinta alam dan sudah biasa mendaki, Gunung Merapi merupakan destinasi wisata yang tepat bagi anda untuk menjajal gunung paling aktif di Indonesia ini. Dengan hanya merogokok kocek sebesar 3.000 rupiah saja anda sudah bisa masuk ke areal gunung merapi yang indah ini. Udara sejuk pegunungan bisa anda rasakan disini, cukup puas untuk menikmati alam Yogyakarta yang indah.

Kaliadem, Melihat Lebih Dekat Megahnya Merapi

Nah, itu tadi 10 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi, sudahkah tersirat di pikiran anda untuk bersiap pergi liburan di salah satu tempat diatas. Atau bahkan sebagian dari tempat yang Sobat Jogja sebutkan tadi sudah pernah anda kunjungi. Atau sekedar ingin melengkapi yang kurang dari 10 tempat wisata Yogyakarta itu.

Jangan khawatir, karena ada lebih dari 68 lokasi wisata Jogja yang belum Sobat Jogja sebutkan, oleh karena itu sampai jumpa di perjalan menarik lain berikutnya.

sebutkan tempat tempat wisata diyogyakarta, tulilah 5 wisata yang ada di jogja karta, taman wisata yg ada di jogja com, sebutkan tempat wisata di yogyakarta, pariwisata yang menarik di jogjakarta com, sebutkan pariwisata yang dari yogyakarta, sebutkan obyek wisata dari jogjakarta, sebutkan 3 tempat wisata yang berada di jogjakarta, sebutkan 3 tempat wisata yang ada di yogyakarta, wisata tempat teduh di jogja

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY