Sobat Jogja – Rumah adalah tempat kita tinggal. Selain untuk tempat tinggal, rumah juga bisa dijadikan sebagai tempat usaha. Siapa pun bisa memiliki usaha sendiri di rumah.

Apalagi jika letak rumahnya strategis seperti dekat perkantoran atau pinggir jalan ditambah jika memiliki beberapa keahlian, kondisi seperti itu memberikan peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

Menjalankan usaha rumahan bisa membantu kalian menambah penghasilan sambil mengurus keluarga. Terutama yang sudah berkeluarga, kalian bisa sambil menjaga anak, dan melakukan pekerjaan rumah yang lainnya.

Jangan khawatir, hidup kalian akan tetap produktif, karena sebagian besar waktu kalian hanya bekerja di rumah.

Banyak peluang usaha yang bisa kalian manfaatkan. Intinya kalian harus pandai memilih mana yang sesuai dengan kemampuan dan juga menguntungkan nantinya. Berikut ada beberapa daftar usaha rumahan yang menjanjikan dan bisa dilakukan oleh semua kalangan:

Usaha Kursus Memasak

Usaha Kursus Masak
Usaha Kursus Masak

Jika jago memasak, peluang ini terbuka lebar bagi kalian. Sekarang kalian bisa memberikan ilmu memasang pada semua orang jika membuka usaha ini. Selain mendapat kebaikan karena telah berbagi ilmu, kalian juga bisa mendapat keuntungan.

Kursus masak ini tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup berbekal jago memasak dan membuat bumbu-bumbu saja sudah bisa mendapat keuntungan. Bahkan kalian bisa menjalankan usaha ini di rumah sendiri.

Warung Makan

Kuliner Tradisional Ingkung Pak Budi, Roso Hotel Rego Ndeso
Warung Ingkung Pak Budi, Roso Hotel Rego Ndeso

Selain membuka kursus memasak, kalian juga bisa membuka warung makan jika jago memasak. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, tanpa makanan kita tidak akan mempunyai energi.

  Prioritas Penggunaan Dana Desa dan Penerapannya Untuk Kesejahteraan

Jika rumah kalian berada di tempat strategis seperti dekat perkantoran atau pinggir jalan, ini bisa menjadi peluang untuk membuka usaha warung makan. Kalian bisa memanfaatkan halaman rumah kalian sebagai tempatnya dengan menyediakan berbagai menu seperti pecel, nasi uduk, nasi rames dan lauk lainnya.

Lokasi rumah yang strategis memungkinkan usaha kalian ramai pengunjung. Jika kalian buka dari pagi hingga malam, akan banyak yang datang di pagi hari untuk sarapan karena tidak sempat sarapan di rumahnya.

Datang di siang hari untuk istirahat dan makan siang, dan di malam hari ketika orang sedang ramainya pulang kerja. Apalagi jika masakan kalian enak, murah, porsinya pas. Wah pasti banyak pelanggannya warung kalian nantinya.

Cuci Steam Mobil dan Motor

5 Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Berikut Ini, Terbilang Sepele. TAPI
5 Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Berikut Ini, Terbilang Sepele. TAPI (Foto: Pixabay)

Membuka usaha cuci mobil atau motor tidak membutuhkan modal besar juga. Hanya membutuhkan halaman yang cukup luas, ketersediaan air yang banyak, sabun. Hampir semua orang bisa mencuci, hanya saja tidak memiliki waktu atau malas melakukannya.

Usaha ini bisa menjadi menguntungkan jika lokasinya strategis. Bayangkan saja, satu motor yang dicuci dihargai dengan 10 ribu rupiah, dan mobil 25rb yang berukuran kecil dan 40rb untuk yang ukuran besar. Menggiurkan bukan?

Jika usaha ini mulai ramai pelanggan dan keuntungan yang kalian dapat juga semakin banyak. Kalian bisa mencari pegawai, tidak perlu lagi repot mencuci kendaraan pelanggan sendiri. Disini lah kalian akan menjadi bosnya dan mendapat keuntungan banyak dibanding menjadi karyawan.

  Apa itu BUMDes? Bagaimana Fungsi dan Impact-nya Terhadap Desa Kita

Usaha Kerajinan Tangan

Jual Kerajinan Tangan Dari Kulit di Surabaya - bf_leather Best Friend's Custom Leather ArtWork
Jual Kerajinan Tangan Dari Kulit di Surabaya

Jika kalian suka berkreasi dengan barang, tidak ada salahnya membuka usaha kerajinan tangan. Usaha ini pun tidak terlalu membutuhkan modal besar, jika kalian pintar menggunakan barang bekas untuk dijadikan kreasi, kalian tidak perlu lagi membeli bahan bahan.

Dengan ini kalian bisa memanfaatkan hobi dan keterampilan kalian itu untuk menghasilkan uang. Barang-barang buatan kalian bisa dijual dengan harga tinggi karena merupakan hasil karya kreatif. Dan kalian bisa memasarkannya secara online, di toko kerajinan tangan, dan juga melalui pameran.

Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

Wisata Kuliner Jogja Bakpia Pathuk
Bisnis Kuliner Jogja Bakpia Pathuk

Jika kalian tinggal di kota yang banyak pengunjung dari luar kota, kalian bisa coba menjual oleh-oleh khas daerah yang kalian buat sendiri atau dari produsen dan supplier. Maupun itu makanan cemilan, barang kerajinan tangan, kain tradisional, dan lainnya.

Apalagi jika makanan atau barang yang kalian jual itu berkualitas, pasti akan ada wisatawan dalam dan luar negeri yang tertarik mampir ke rumah kalian untuk belanja oleh-oleh tersebut.

Nah, itu dia daftar usaha rumahan yang menjanjikan dan cocok untuk siapa saja yang ingin mencobanya. Kalian bisa menjadikannya sebagai usaha utama atau usaha sampingan, tergantung keputusan kalian bersama anggota keluarga di rumah.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here