Yuk Simak Proses Pembuatan Paspor Online Terbaru
Yuk Simak Proses Pembuatan Paspor Online Terbaru

Paspor online – Kali ini sobatjogja akan berbagi pengalaman pribadi mengenai pembuatan paspor secara online. Paspor ini dibuat mulai tanggal 5 September 2016 hingga proses selesai pada tanggal 13 September 2016.

Yuk Simak Proses Pembuatan Paspor Online Terbaru
Yuk Simak Proses Pembuatan Paspor Online Terbaru

Paspor digunakan dalam rangka melakukan perjalanan antar negara dan sebagai dokumen resmi yang berisi identitas pemegangnya.

Dibawah ini adalah prosedur yang sudah saya lakukan sendiri tanpa bantuan calo dan alhamdulillah berjalan lancar untuk orang awam seperti saya.

Tahap –tahap dibawah ini sudah saya buat sedemikian rupa agar mudah sobat pahami.

Berikut ini adalah tahapan yang harus dilalui para pembuat paspor online:

  1. Registrasi data diri ke web imigrasi
  2. Bayar biaya paspor ke bank BNI
  3. Verifikasi pembayaran dan menentukan jadwal wawancara
  4. Wawancara dan foto
  5. Ambil paspor

Tahap 1: Registrasi data diri

Langkah pertama yaitu buka website imigrasi di imigrasi.go.id lalu klik menu Layanan Publik >> Layanan Paspor Online. Lalu klik pra permohonan personal untuk membuat paspor baru.

Isi data pada menu tersebut. Untuk jenis paspor pilih yang 48 Halaman yang merupakan paspor umum untuk perorangan.

Paspor ada dua macam, 48 halaman dan 24 halaman, yang 24 Halaman biasanya digunakan untuk para Tenaga Kerja Indonesia(TKI).

Lalu isi data diri dengan benar.

Anda akan dikirimi email berupa bukti pengantar ke Bank.

Tahap 2: Bayar biaya paspor

Cetak bukti pengantar bank yang dikirimkan melalui email anda. Kemudian serahkan ke teller bank BNI beserta biaya pembuatan paspor, yaitu sebesar Rp 355.000,-.

Setelah itu anda akan mendapatkan tanda bukti pembayaran dari bank sebanyak 2 lembar.
Awalnya saya hanya bingung kenapa 2 lembar dan isinya sama. Ternyata itu digunakan untuk melampirkan pada berkas saat wawancara dan 1 lagi untuk dilampirkan saat pengambilan paspor.

Tahap 3: Verifikasi pembayaran

Setelah membayar dibank, selanjutnya lakukan konfirmasi bahwa kita telah membayar.

Caranya buka email anda, dan klik link untuk konfirmasi pembayaran.

Isi data dengan benar, termasuk nomor resi di kwitansi. Pengalaman saya, proses ini yang sering error, dan berhasil ketika saya restart browser saya.

Setelah itu kita tentukan jadwal untuk wawancara dan foto, saya pilih yang paling awal agar paspor saya cepat selesai.

Tahap 4: Wawancara dan foto

Sebelum berangkat siapkan berkas-berkas yang perlu dibawa, yaitu

  1. KTP asli
  2. KK asli
  3. Akte Kelahiran asli
  4. Fotocopy (KTP, KK, Akte) masing-masing 1 lembar
  5. Kwitansi Pembayaran di Bank

Sampai di kantor imigrasi, mintalah bantuan ke petugas front office bahwa kita mau buat paspor online dan sekarang jadwal untuk wawancara dan foto.

Petugas akan mengecek dokumen kita, dan memberinya map warna kuning kepada kita dan nomor antrian.

Sembari menunggu kita dipanggil, isi form yang ada didalam map kuning tersebut.

Bila ada kesulitan dalam mengisi form, tanyakan pada petugas front office.

Yang Perlu Disiapkan:

  • Jangan lupa bawa pulpen tinta hitam
  • Datanglah pagi-pagi agar mendapat urutan terdepan.
  • Jangan lupa untuk memakai pakaian yang rapi, misalnya kemeja dan celana panjang.

Tahap 5: Ambil paspor

Paspor dapat diambil sesuai jadwal yang dijanjikan hingga 30 hari kedepan setelah proses wawancara. Anda tinggal serahkan bukti pengambilan paspor dan tanda bukti pembayaran ke loket pengambilan paspor, dan silahkan menunggu untuk dipanggil.

Setelah nama saya dipanggil, saya diminta untuk mengecek data paspor tersebut, apakah sudah benar atau ada yang salah cetak. Kemudian saya diminta untuk tanda tangan pada halaman belakang paspor saya.

Kemudian petugasnya meminta untuk foto copy paspor tersebut 1 kali pada bagian identitas dan bagian tanda tangan. Tempat fotocopy ada di lantai dasar dekat parkir, dan tanpa saya minta fotocopy bagian yang manapun, mereka sudah paham.

Lalu saya kembali kebagian pengambilan paspor dan menyerahkan fotocopy tersebut, dan petugasnya mengatakan bahwa sudah selesai pembuatan paspor nya, kemudian saya pulang dari kantor tersebut.

Selesai sudah proses pembuatan paspor saya.

Kantor imigrasi yang kami datangi untuk proses wawancara dan pengambilan paspor berada di sebelah barat bandara Adisucipto. Bagi warga yang berdomisili di jogja, dapat mengunjungi kantor Imigrasi tersebut untuk pembuatan paspor nya.

Kelebihan buat paspor online dengan pembuatan paspor manual yaitu kita cukup datang dua kali, yaitu pertama untuk wawancara dan foto yang kedua untuk pengambilan paspornya. Sedangkan jika kita buat secara manual, maka kita harus serba antri, mulai antri isi formulir, antri wawancara, antri pengambilan paspor.

Total waktu dalam pembuatan paspor saya ini yaitu 9 hari, namun entah kendala teknis atau apa, pada jadwal pengambilan paspor di hari ke-9, paspor saya blum bisa dicetak, dan diminta kembali lagi 3 hari kemudian, sehingga total pembuatan paspor saya menjadi 12 hari. Untungnya saya tidak sedang terburu-buru menggunakannya.

Tips dan Trik :

  1. Jangan buat paspor online dalam waktu dekat jika segera digunakan. Sebaiknya buat paspor minimal satu bulan sebelumnya, sebelum paspor itu digunakan. Hal ini untuk mengantisipasi masalah dalam pembuatan paspor. Mengingat banyak sekali warga yang juga mengurus paspornya.
  2. Datanglah lebih awal, agar tidak lama mengunggu antrian
  3. Pada saat datang untuk foto dan wawancara, sebaiknya pakai pakaian yang rapi, misal kemeja dan celana panjang.
  4. Fotocopy bekas-berkas dari rumah, meskipun disana juga ada jasa fotocopy, supaya kita tidak antri lagi
  5. Bertanyalah kepada petugas bagian informasi, tidak usah pake jasa/calo, karena petugas disana cukup ramah membantu kita.
  6. Dilarang merokok didalam ruangan
  7. Bawalah charger atau power bank, untuk mengantisipasi jika anda antri panjang.
  8. Bawa pulpen tinta hitam

Demikian pengalaman saya dalam membuat paspor secara online, harapan saya agar panduan ini membantu dan bermanfaat buat sobat semua. Tunggu pengalaman atau cerita terbaru lainnya di sobatjogja.com, dan bagi yang sudah berkunjung saya ucapkan terimakasih.

membuat paspor di jogja

LEAVE A REPLY