Titik Nol Kilometer – Merupakan titik pusat Yogyakarta yang sekaligus juga saksi sejarah berupa bangunan-bangunan kuno disebut dengan Loji.

Titik Nol Kilometer Adalah Lokasi Wisata di Jogja Yang Paling Strategis
Titik Nol Kilometer Adalah Lokasi Wisata di Jogja Yang Paling Strategis (Photo by, astrimeika)

Bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda tersebut merupakan bukti, bahwa sejak lama Nol KM merupakan kawasan metropolitan. Daerah Nol Kilometer juga menjadi sentra perekonomian bagi masyarakat yang berada di Yogyakarta karena lokasinya yang strategis.

Nol KM sendiri merupakan bagian dari pusat keramaian Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo, Jalan Kyai Ahmad Dahlan, serta kawasan jalan Wijilan yang tak pernah sepi wisatawan.

Bahkan saat malam hari, sepanjang trotoar di sekitar perempatan jalan Jend. Ahmad Yani dan jalan KH Ahmad Dahlan menjadi tempat nongkrong untuk menghabiskan malam dan berkumpulnya para komunitas-komunitas yang berekspresi dan mencari inspirasi.

Titik Nol Kilometer Adalah Lokasi Wisata di Jogja Yang Paling Strategis

Lokasinya yang berada di sekitar Malioboro, membuat para wisatawan yang sudah lelah menyusuri jalan Malioboro, pastinya akan beristirahat di halaman depan Monumen Serangan Umum 1 (Satu) Maret yang juga bagian dari kawasan titik nol kilometer.

Kawasan nol kilometer adalah kawasan umum, sehingga tidak ada harga tiket masuk. Titik Nol Kilometer semacam tempat wajib kaula muda yang sedang menghabiskan liburan di Jogja. Berada tepat di pusat kota Jogja, kawasan ini selalu ramai dilewati orang setiap harinya.

Mengunjungi Titik Nol Kilometer akan membawa Anda ke Yogyakarta di masa lampau. Pasalnya, kawasan di sekitar Titik Nol Kilometer ini merupakan kawasan penting pada masa lalu hingga kini.

Di perempatan terdapat bangunan-bangunan bergaya art deco yang menjadi landmark, sebut saja gedung Bank Indonesia dan Gedung Kantor Pos Besar.

Selain dikelilingi bangunan Indis yang megah, Kawasan Titik Nol Kilometer juga terdapat area hijau dengan pepohonan yang rindang serta bangku-bangku taman yang unik.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan disana yaitu : menonton pentas seni budaya, melihat aksi berbagai komunitas, menikmati alunan lagu musisi jalanan, berbelanja, serta tak lupa berfoto di spot-spot yang menurut kalian menarik.

Titik Nol Kilometer Jogja ini berlokasi tak jauh dari Jalan Malioboro, kawasan ini merupakan pertemuan antara Jl. A. Yani, Jl. KH Ahmad Dahlan, Jl. Panembahan Senopati, dan ruas jalan menuju Alun-alun Utara (Keraton Yogyakarta).

Anda bisa naik becak, andong ataupun berjalan kaki untuk menikmati pemandangan disana.

Tempat wisata dan lokasi yang asik di sekitar kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta yaitu meliputi : Museum Benteng Vredeburg yang merupakan benteng pertahanan berbentuk segiempat dengan bastion diujungnya merupakan salah satu sisa peninggalan Belanda.

Anda bisa mengambil spot-spot foto yang menarik disana, sekalian mengunjungi museum yang ada di kompleks benteng. Tempat ini cocok untuk bersantai karena banyak pepohonan yang rindang dan bentuk taman yang hijau.

Selanjutnya, taman pintar yang merupakan tempat wisata edukatif diperuntukkan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Bangunan ini terbagi menjadi beberapa zona dan masing-masing memiliki kekhasannya masing-masing.

Kemudian, Keraton Yogyakarta yang dulunya merupakan Istana tempat tinggal Raja bersama keluarga dari masa ke masa.

Di keraton kita bisa menyaksikan arsitektur bangunan yang megah, aneka museum dengan koleksi yang menarik, serta bercengkerama dengan para Abdi Dalem. Di saat-saat tertentu Anda pun juga bisa mengikuti upacara adat yang digelar rutin oleh pihak Keraton.

Selain itu, ada Malioboro, Pasar Beringharjo, shopping Center, Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Jogja Art Gallery, Museum Sonobudoyo, Museum Anak Kolong Tangga yang merupakan tempat asik di sekitar Titik Nol Kilometer Yogyakarta yang sangat khas.

Demikian ulasan mengenai kawasan Titik Nol Kilometer Jogja yang telah kami rangkum, masih banyak lagi hal-hal lain yang menjadi khas kota Jogja ini. Bagi Anda yang sudah penasaran, semoga video berikut ini dapat menjadi referensi Anda.

Suasana Titik Nol KM dan Jalan Malioboro TERBARU!

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan, mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga suasana selalu tetap kondusif.

Baca juga artikel menarik berikut ini, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here