sobatjogja – Ketika sekolah yang hebat dapat membantu siapkan Sobat pada lintasan peluru untuk kesuksesan setelah lulus, beberapa hal penting ini yang akan digunakan dalam kehidupan. Tapi jarang dan bahkan tidak diajarkan saat dikelas.

Wajib Baca, Inilah 10 Keahlian Yang Tidak Diajarkan Saat di Sekolah, Padahal Sangat Diperlukan di Kehidupan
Wajib Baca, Inilah 10 Keahlian Yang Tidak Diajarkan Saat di Sekolah, Padahal Sangat Diperlukan di Kehidupan (Photo by, Ellie MacBride)

Nah, dibawah ini merupakan 10 Keahlian berharga yang tidak diajarkan di sekolah dan bagaimana kita secepatnya menempatkan diri saat ini, dalam segala hal yang sedang Sobat kerjakan.

1. Ketekunan

Tak dipungkiri fakta mengenai, hanya kurang dari 10% orang yang sanggup benar-benar menjalankan resolusinya diawal tahun baru. Yang ada hanya berjanji pada diri sendiri dan hanya angan-angan belaka alias cuman wacana.

Kita merasa aneh untuk merasakan tekanan dan cenderung hindari rasa sakit. Jadi, ketika tidak sesuai dengan harapan, cenderung hanya bisa terdiam atau langsung menyerah ditengah jalan.

Dengan memiliki ketekunan yang sudah di asah sejak lama, kita sudah terbiasa dengan tekanan waktu yang sulit dan memiliki perasaan luar biasa untuk bertahan hingga akhir.

Saat ini, jangan menyerah, teruslah asah ketekunan yang Sobat miliki sekarang. Dan saat Sobat mulai merasa lelah ingin menyerah, tutup mata lalu atur nafas sembari visualisasi bahagianya ketika selesai proses ini nanti.

Ini akan membantu Sobat untuk tetap fokus dan menyelesaikan proses. 

2. Empati

Empati merupakan hal mendasar yang dimiliki dan paling berharga bagi kehidupan manusia. Lalu kemudian, mengapa kita masih bingung bedanya empati dengan simpati?

Padahal mengetahui bagaimana empati ini akan membuat kita mengerti satu sama lain. Akan menjadikan kita pribadi yang positif dan memahami pemikiran dan tujuan partner kita.

Pastikan untuk memperhatikan hal kecil pada partner anda sehingga bisa menempatkan diri dan memposisikan diri satu sama lain.

3. Membangun Sebuah Website

Tidak masalah Sobat anak IPS, IPA, Teknik Sipil, Tata Rias, atau apapun yang tidak ada hubungan nya dengan Teknik Komputer.

Sekarang ini era teknologi, informasi disampaikan dengan cepat. Dengan memiliki sebuah website (blog) sedari dini. (Untuk detail nya bisa browsing membuat website)

Penting tidaknya keahlian ini, bisa Sobat lihat nanti saat konsisten mengisi konten di website yang Sobat buat.

4. Rendah Hati

Tidak mungkin kita bisa mengulang waktu (restart), dan melepaskan/melupakan kesalahan yang telah kita buat.

Tapi, kita hanya bisa mengetahui dan belajar dari hal tersebut. Disinilah kerendahan hati di mainkan.

Pada saat Sobat menyadari sebuah kesalahan, pastikan untuk memaafkan. Caranya yaitu menyesali kesalahan yang telah dibuat, rasa bersalah, dan solusi untuk perbaiki kesalahan.

Apakah ini diajarkan disekolah? Memang diajarkan di ilmu Budi Pekerti, tapi itu hanya sebuah teori.

5. Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah keahlian yang sangat fundamental dan wajib dimiliki, jika ingin berada dijalan lurus suatu pencapaian.

Kita hidup dimasa peralihan, dimana segala yang kita kerjakan adalah bentuk untuk mendapatkan perhatian dari semua orang.

Apapun yang sedang kita kerjakan sudah tidak menjadi penting lagi, ketika hasil akhir adalah jawaban yang diinginkan.

Jadi, fokuslah pada apa yang sedang Sobat kerjakan sekarang.

Terutama, dahului hal-hal penting yang menyangkut pencapaian. Atur waktu sedemikian rupa.

Baca kelanjutannya di: Part 2, Wajib Baca, Inilah 10 Keahlian Yang Tidak Diajarkan Saat di Sekolah, Padahal Sangat Diperlukan di Kehidupan

Simpulan

Sementara itu terus lah melangkah Sobat, paling penting adalah proses sekarang ini.

Ada pertanyaan atau komentar?