Sobat Jogja – Kebutuhan serba naik, gaji tidak kunjung naik. Dengan kondisi tersebut mendorong banyak orang untuk menambah penghasilannya. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah membuka usaha kecil yang menjanjikan.

Namun ada banyak faktor yang menghambat calon pengusaha dalam membuka usahanya, terutama keberhasilan usahanya. Banyak orang yang takut membuka usaha karena takutnya akan kegagalan. 

Namun jangan khawatir, kegagalan itu bisa cegah jika kalian focus dalam menjalankannya. Selain itu, kepintaran dalam melihat peluang dan memiliki sejumlah keahlian pun juga memungkinkan kalian menuju jalan kesuksesan. Dengan memiliki itu semua, kalian bisa membuka usaha kecil menjanjikan.

5 Usaha Kecil Yang Menjanjikan Berikut Ini, Santai Tapi Hasilnya Lumayan
5 Usaha Kecil Yang Menjanjikan Berikut Ini, Santai Tapi Hasilnya Lumayan (Foto: rawpixel.com)

Ada beberapa contoh usaha kecil yang menjanjikan di bawah ini yang mungkin bisa menjadi inspirasi kalian dalam membuka usaha.

Membuka Jasa Les Privat

Jika kalian memiliki prestasi akademik saat sekolah dulu, kenapa tidak dimanfaatkan ilmu itu? Manfaatkan ilmu tersebut dengan membuka jasa les privat untuk anak sekolah. Bisa meliputi semua pelajaran atau mata pelajaran tertentu saja menyesuaikan dengan kemampuan kalian.

Untuk melakukan kegiatan tersebut hanya membutuhkan papan tulis dan kapur atau spidol saja. Kalian bisa memanfaatkan usaha ini di rumah atau jika rumah kalian sempit, kalian bisa mendatangi rumah siswa atau siswinya. Karena ini les privat bukan?

Jika kalian ahli dalam suatu bidang seperti menari, melukis, menyanyi, bermain alat musik. Ini juga bisa kalian manfaatkan untuk membuka jasa les privat.

Content Writer

Menjadi seorang content writer menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Usaha ini bersifat jasa. Sekarang ini, jasa penulis selalu dicari untuk meningkatkan traffic pengunjung suatu web bisnis online.

Nah, untuk itu kalian bisa menawarkan jasa menulis artikel atau konten yang mereka butuhkan. Tentang kontennya biarlah mereka yang menentukan. Kalian hanya perlu menulis konten yang diinginkan lalu menjualnya pada mereka.

Setiap artikel atau konten yang dibuat diberi harga sesuai dengan jumlah katanya. Bisa per 300 kata, 500 kata, 1000 kata dan seterusnya. Untuk menjadi seorang content writer ini kalian harus pastikan artikel yang dibuat murni tanpa copas dari website lain. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi kualitas tulisan kalian.

Angkringan

Saat memulai usaha ini, kalian hanya perlu gerobak dengan makanan dan minuman yang akan dijual. Kalian bisa berjualan nasi kucing, nasi teri, gorengan, tempe bacem, sate usus, dan lainnya. Minuman pun bisa kopi, teh, susu jahe.

Usaha ini kebanyakan buka dari sore sampai larut malam. Dengan remang remang lampu kuning di malam yang dingin dan makanan tradisional Indonesia yang hangat memberikan kesan tersendiri bagi penikmat angkringan ini.

Jual Software dan Aplikasi

Jika kalian memahami Bahasa pemrograman, peluang usaha ini bisa kalian manfaatkan sebaik mungkin. Karena perkembangan teknologi saat ini, tentunya membuat aplikasi yang dapat membantu orang melakukan pekerjaannya sangat dibutuhkan.

Atau jika kalian tidak memahami bahasa pemrograman. Cukup mencari kenalan atau teman yang mahir Bahasa pemrograman lalu ajak berbisnis. Kalian akan mendapat keuntungan dari menjual software dan aplikasi buatannya.

Apalagi jika aplikasi yang dibuat dapat digunakan berkali kali. Bayangkan saja, dalam 1 aplikasi kemungkinan pendapatan kalian sebanyak 10 kali lipat! Silahkan bayangkan sendiri jika aplikasi yang dibuat ada puluhan atau ratusan.

Penitipan atau Parkiran Sepeda Motor

Jika kalian memiliki rumah yang luas dan berlokasi di dekat sekolahan, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, dan lainnya. Kalian bisa memanfaatkan ini dengan membuka penitipan atau parkiran motor. 

Keuntungannya pun cukup besar, bayangkan saja jika satu motor dihargai dengan 2000 atau 5000 paling mahal, dan ada sekitar 100 sampai 200 /motor di penitipan kalian. Cukup besar bukan? Ditambah yang kalian lakukan cukup lah bersantai sambil menjaga motor yang dititipkan.

Pastikan motor yang dititipkan tidak lecet karena berdesakan dengan motor lain dan juga menjaga agar motor tidak kehujanan atau kepanasan. Dengan membuka usaha ini, dijamin kalian tidak akan rugi sepeserpun. Kalian tidak repot repot dan keuntungan pun terus mengalir setiap hari.

Nah, sekarang jangan pernah ragu lagi dalam memulai usaha walaupun itu kecil kecilan. Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk meraih kesuksesan. Dengan usaha dan tekad yang kokoh, usaha kecil yang menjanjikan ini akan memiliki peluang untuk berkembang lebih besar lagi.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here