Sebagai ibu rumah tangga sudah pasti sibuk dengan kegiatan dirumah. Namun bukan berarti seorang ibu rumah tangga tidak bisa menghasilkan. Dengan manajemen waktu yang baik, tentu bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan. Berikut adalah daftar kegiatan yang mungkin bisa anda lakukan:

ibu tangguh by republika.co.id
ibu tangguh by republika.co.id
  1. Memasak

Memasak merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Bagi anda yang punya passion dalam memasak, dapat mencoba usaha yang satu ini. Mulai dari menyetor nasi bungkus ke warung-warung/angkringan tiap sore, membuat aneka gorengan yang dijual di depan rumah, hingga membuka catering sendiri dengan merekrut beberapa karyawan. Siapa tahu dengan mulai bisnis ini keuntungannya bisa berlipat ganda.

 

2. Menjahit

Jika punya keahlian menjahit, bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan dengan membuka jasa jahit. Mulailah dari menjahitkan baju tetangga, membuatkan baju anak-anak, menjahit sarung bantal, selimut, hingga bisa membuka usaha kain dan perlengkapan menjahit.

3. Bikin kerajinan tangan

Kerajinan tangan seperti membuat tempat pensil, tempat lampu hias, gantungan kunci, dan aksesoris seperti kalung dan gelang dapat dilakukan disela-sela kegiatan mengurus rumah. Dan pemasarannya pun dapat dilakukan secara online via sosial media. Pekerjaan yang tergolong ringan namun menghasilkan dengan menggandalkan kreatifitas kita.

4. Les privat

Jika mahir dalam dunia pendidikan, bisa menjadi guru privat untuk anak-anak disekitar tempat tinggal anda. Waktunya pun juga lebih fleksibel dan bisa dikompromikan. Kita juga tidak perlu tempat untuk les, karena kita langsung mendatangi tempat tinggalnya.

5. Penulis

menulis juga dapat dijadikan sebagai penghasilan jika ditekuni dengan benar. Mulai dari menulis artikel di media massa, menulis buku, juga novel. Semua bisa dikerjakan di sela-sela kegiatan ibu rumah tangga. Kita pun akan dapat komisi dari penerbit yang terus mengalir jika buku kita laris dipasaran.

Sekian dan selamat mencoba.

Penelusuran terkait hobi ibu rumah tangga.

Ada pertanyaan atau komentar?