Usaha Modal 1 Juta – Belakangan, Anda pasti familiar dengan popularitas produk bakso bakar. Jajanan satu ini masih saja menjadi favorit banyak orang, mulai dari produk  kelas ekonomi yang di jual keliling atau kaki lima di depan sekolah-sekolah, sampai yang membuka kedai kecil dengan harga dan ukuran lebih besar.

Yang menarik, membuka usaha bakso bakar sebenarnya tidak berat. Bahkan bila Anda mencari usaha modal 1 juta, maka usaha bakso bakar bisa menjadi satu pilihan. Modal 1 juta ini akan Anda alokasikan hanya untuk menyiapkan perangkat bakar, bumbu dan meja saji yang terbilang sederhana.

Dengan Usaha Modal 1 Juta Bakso Bakar Asmadi Sangat Menjanjikan
Dengan Usaha Modal 1 Juta Bakso Bakar Asmadi Sangat Menjanjikan (Photo by, effaezzwin)

Namun, belakangan banyak pelaku usaha bakso bakar mengaku terpaksa gulung tikar. Ternyata meski tergolong usaha modal 1 juta, demikian terjangkau bahkan untuk Anda dengan modal sangat pas-pasan, ternyata usaha ini memiliki celah yang perlu pula dicermati.

Memasuki bisnis dimana modal awalnya terbilang sangat terjangkau akan membuat Anda terpaksa berhadapan dengan persaingan usaha yang ketat. Meski permintaan sebenarnya tinggi, tetapi pasar menjadi cukup selektif memilih produk yang berkualitas. Jadi kalau Anda tak kuat bersaing dalam poin kualitas, kuantitas dan harga, maka usaha Anda akan sulit bersaing.

Anda harus menentukan, apakah Anda akan menguatkan kualitas, memberikan kuantitas lebih atau justru melemparkan produk dengan harga terjangkau. Ini diimbangi dengan layanan yang ramah dan baik, akan memberi Anda setidaknya dasar memadai untuk turut masuk dalam persaingan yang tergolong ketat.

Salah seorang yang menoreh sukses dengan usaha modal 1 juta ini adalah bapak Asmadi dari Kebumen yang menjual bakso bakar keliling dengan menggunakan sepeda. Bermodal dana 1 juta, Asmadi membuat gerobak kecil dengan bahan kayu dan kaca disertai tungku bakar memadai yang ringan dan mudah untuk dibawa-bawa.

Gerobak kaca ini dipasangkan pada sebuah sepeda ontel miliknya pribadi. Menurutnya berkeliling dengan menggunakan sepeda jauh lebih ekonomis untuk usaha kecilnya, karena Asmadi tidak lagi di buat pusing dengan masalah bahan bakar.

Asmadi juga menyadari persaingan sudah cukup ketat, sehingga Asmadi dan istri mencari tau bagaimana membuat resep bakso bakar dengan rasa yang memuaskan di atas rata-rata produk sejenis di pasaran namun tetap bisa murah meriah.

Asmadi sengaja mencari dari internet resep adonan dasar bakso bakar juga resep bumbu untuk pembakaran dan penyajian. Mereka berdua mempraktekannya dan membagikan produk buatan mereka ke tetangga untuk tes rasa.

Mendapat tanggapa positif, Asmadi lantas memulai niatannya untuk membuka usaha bakso bakarnya ini. Modal di bagi untuk alokasi pembuatan gerobak, tungku, beberapa wadah, bumbu-bumbu dan bahan baku.Asmadi sendiri sengaja menggunakan 4 jenis rasa bumbu untuk memberi nilai lebih dari usaha rintisannya ini.

Incaran Asmadi tentu saja sekolah SD dan TK yang kebetulan berada tidak jauh dari rumahnya tinggal. Asmadi juga sengaja  menjual miring harga baksonya dengan harga Rp 1000 pertusuk dengan isi 4 pentol bakso ukuran sedang,

Lokasi usaha memang kerap kali memberi pengaruh besar untuk lancar dan tidaknya usaha. Termasuk untuk usaha bakso bakar yang dirintis oleh Asmadi. Terbukti ketepatan lokasi ini membuat Asmadi sukses menjual sate bakso bakar buatannya sampai 70 tusuk  setelah 4 hari usahanya berjalan.  Kesuksesan Asmadi rupanya tiak akan berhenti sampai di sini. Karena setelah berjalan beberapa tahun, Asmadi malah bisa menjual sampai 150 tusuk bakso bakar.

Dari penjualan setinggi itu, diperkirakan Anda bisa mereguk hasil  yang tidak kecil. Nilai bersih  keuntungannya bisa mencapai angka kisaran 2 – 3 jutaan. Ini karena kadang dalam satu bulan ada saja pesanan masuk dalam partai besar baik itu untuk snack sekolah sampai untuk acara pernikahan. Bahkan pernah Asmadi menerima pesanan sampai 2000 tusuk untuk untuk acara hajatan sunatan.

Baca juga: Menunggu Wisuda Enaknya Ngapain Ya? Cobadeh 5 Tips Berikut Ini

Dalam waktu dekat, Asmadi berencana membuat satu lagi gerobak, membeli satu buah sepeda bekas lagi serta merekruit seorang pekerja lagi untuk berkeliling. Ini akan membantunya menambah nilai pendapatannya lebih besar dari  nilai yang diterima sekarang.  Dan di saat itu, usaha modal 1 juta rintisan Asmadi menjelma menjadi bisnis dengan hasil gemilang.

Penelusuran terkait usaha bakso bakar keliling, usaha bakso bakar, bisnis bakso bakar, gerobak bakso bakar, resep bakso bakar buat jualan, resep bakso bakar murah meriah, bakso bakar keliling, harga bakso bakar, jualan bakso bakar, gerobak motor bakso bakar, bisnis pentol bakar, gerobak bakso bakar keliling, usaha pentol bakar, gerobak pentol bakar, grobak bakso bakar.

Ada pertanyaan atau komentar?