Tips Hemat Liburan ke Banyak Kota di Masa Pandemi

Sudah bosan terlalu lama di rumah karena pandemi yang belum kelihatan kapan berakhirnya? Dengan menerapkan protokol kesehatan, kamu sudah bisa lho liburan ke luar kota!

Meski tak sebebas dulu, liburan di masa pandemi butuh perencanaan yang lebih baik karena ada beberapa tambahan hal yang perlu diperhatikan agar liburan kamu tetap aman dari virus.

Tak perlu membatasi diri liburan ke satu kota saja karena semua kota di Indonesia sudah bisa dikunjungi. Apalagi jika kamu tinggal di Jakarta atau Pulau Jawa, bisa sekalian road trip ke banyak kota naik bus atau travel.

Tips Hemat Liburan ke Banyak Kota di Masa Pandemi
Tips Hemat Liburan ke Banyak Kota di Masa Pandemi (Foto: Element5 Digital)

Berikut ada tips hemat liburan ke banyak kota di  yang bisa jadi referensi kamu.

1. Pilih Kota Yang Berdekatan

Pulau Jawa punya banyak kota menarik yang bisa dijadikan tujuan wisata. Ibarat pepatah ‘Sekali Merengkuh Dayung Dua Tiga Pulau Terlampaui’, kamu bisa mengunjungi banyak kota untuk liburan.

Misalnya saja Solo – Yogyakarta – Malang yang punya banyak sekali destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Ketiganya juga sangat mudah dijangkau naik kereta api maupun bus atau travel yang tiketnya murah. Cara pesan travel untuk banyak kota seperti ini pun sangat mudah. Kamu bisa pakai fitur terbaru Traveloka; bus lanjutan, untuk beli tiket bus ke banyak destinasi.

2. Pesan Tiket Bus Travel Online

Untuk hemat waktu pencarian dan biaya, pesan saja tiket bus atau travel ke kota tujuan secara online. Selain bisa memilih operator bus, jadwal keberangkatan hingga tempat duduk, ada banyak diskon yang bisa kamu dapatkan jika beli tiket bus online.

Contohnya beli tiket bus di Traveloka. Ada banyak promo menarik tiap bulannya yang bisa kamu manfaatkan untuk buat budget liburan semakin hemat.

Ada baiknya kamu membeli tiket bus jauh-jauh hari untuk menghindari kemungkinan kehabisan tiket yang bisa buat jadwal liburan berantakan.

3. Cari Penginapan Jauh-jauh Hari

Sama seperti tiket bus travel yang bisa saja habis, penginapan pun penting untuk dibooking jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan kamar sesuai budget liburan. Biasanya hotel yang dibooking jauh-jauh hari juga lebih murah lho!

Opsi liburan ala backpacker bisa jadi pilihan jika kamu berangkat sendiri atau bersama teman. Bisa cari penginapan murah. Tapi jika pergi liburan bersama keluarga pastikan hotel yang kamu booking sesuai dengan kebutuhan dan juga budget.

Di masa pandemi ini, pihak hotel banyak yang menawarkan diskon dan potongan harga jika booking langsung. Kamu bisa juga memanfaatkan situs pesan hotel online seperti Traveloka yang juga sering bagi-bagi promo diskon hotel. Dengan begini, budget liburan bisa dihemat, bukan?

4. Buat Itinerary Tempat Wisata Yang Sudah Pakai Protokol Kesehatan

Di masa pandemi ini sangat penting bagi kita untuk menjalankan protokol kesehatan di mana saja, termasuk saat liburan.

Meski sudah banyak tempat wisata yang buka, pastikan tempat wisata yang ada di itinerary liburan kamu sudah menerapkan protokol kesehatan standar dari pemerintah. Seperti pengecekan suhu badan, menyediakan area cuci tangan dan paling penting adalah wajib pakai masker.

Oh ya, banyak destinasi wisata yang tiket masuknya bisa dibeli online lho! Dengan begini kamu tidak perlu berdesak-desakan saat beli tiket dan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Tinggal tunjukkan e-tiket sudah bisa langsung masuk.

Selain destinasi wisata alam maupun keluarga yang ada di dalam itinerary kamu, jangan lewatkan kesempatan untuk icip-icip kuliner khas daerah yang kamu kunjungi. Misalnya gudeg khas Jogja, Timlo Solo atau bakso Malang.

5. Pastikan Dalam Kondisi Sehat

Sebelum berangkat liburan, pastikan kondisi kamu prima dan sehat. Jangan paksakan diri liburan saat tidak enak badan karena kekebalan tubuh sedang menurun dan membuat kamu lebih rentan terpapar penyakit, bahkan virus corona selama perjalanan atau berada di kota tujuan.

Maka dari itu, jaga kesehatan diri sebelum liburan dengan rajin olahraga, istirahat cukup, minum vitamin dan makan makanan sehat.

Sudah siap untuk liburan di tengah pandemi? Pastikan diri selalu mempraktekkan protokol kesehatan agar tetap terlindungi dari virus ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *