Lokasi Wisata Bali Air terjun Populer
Lokasi Wisata Bali Air terjun Populer
Lokasi Wisata Bali Air terjun Populer
Lokasi Wisata Bali Air terjun Populer

Kebanyakan orang mengenal Bali dengan pesona pantainya yang melegenda macam Kuta dan Sanur. Sebagian lagi selalu mengingat daya pikat berbagai pura cantik nan eksotis dari di pinggir danau sampai di tepian lautan. Tak banyak yang tau kalau ada pesona lain dari lokasi wisata Bali yang menawarkan Anda hal berbeda.

Ternyata Bali memiliki beberapa lokasi wisata Bali air terjun yang populer. Air terjun ini biasanya berada di kawasan utara Bali sekitar kawasan Buleleng, Singaraja dan Tabanan. Kawasan ini berada di ketinggian di atas 800 mdpl dengan kontur tanah perbukitan dengan dihiasi tebing dan lembah. Sebagian dari lembah dan tebing ini dialiri air dan sungai dan membentuk aliran air terjun yang memberi warna baru bagi wisata Bali.

Beberapa lokasi wisata air terjun ini juga cukup populer di kalangan traveler dan mulai diramaikan oleh para pengunjung baik itu lokal ataupun manca, antara lain :

Air terjun Gitgit

Air terjun ini bisa jadi merupakan salah satu yang paling populer di Bali. Air terjun ini seolah menjadi satu trademark baru kawasan utara Bali selain danau Beratan di Bedugul. Lokasinyalah yang membuat air terjun satu ini menjadi populer, karena dengan mudah bisa Anda sambangi ketika Anda melalui jalur jalan raya dari Denpasar menuju Singaraja melalui Bedugul. Kawasan Gitgit sendiri lebih seperti kompleks air terjun yang terdiri dari buah air terjun yang memiliki ketinggian berbeda dan saling berkaitan, yakni air terjun kembar Gitgit, air terjun Mekalongan dan air terjun bertingkat. Kawasan ini sangat ramai di kala liburan lengkap dengan beragam fasilitas yang terawat dan terorganisir.

Air terjun Tegenungan

Air terjun ini tidak berada di kawasan utara Bali sebagaimana kebanyakan air terjun, malah lokasinya masih di dataran rendah tak jauh dari kota Denpasar, hanya sekitar 30 menit berkendara dari pusat kota Denpasar. Air terjun ini tepatnya berlokasi di kawasan Sukawati Gianyar. Berlokasi sedikit menjorok ke dalam sehingga perlu sedikit perjuangan untuk mencapai lokasi, dengan menyusuri sungai Tukad Setanu dan menuruni banyak anak tangga. Menariknya air terjun ini cukup pendek, hanya 4 meter sehingga sangat nyaman untuk Anda bermain dan mandi-mandi pada telaga di bawahnya. Di sini juga dibangun padusan yang juga kerap ramai pengunjung.

Air terjun Yeh Mempeh

Air terjun ini berada di kawasan sekitar Kintamani, tepatnya di kawasan tejakula Buleleng atau sekitar 25 menit dari kawasan Kintamani. Meski terbilang jarang disambangi orang, tapi namanya cukup dikenal di kalangan Kintamani baru-baru ini, pasalnya makin banyak saja para backpacker yang penasaran dengan kawasan wisata bali alami satu ini. Kebetulan meski terbilang jauh dari Denpasar, fasilitas untuk menuju lokasi cukup baik dan nyaman dilalui. Anda juga tidak harus terus menuruni tangga dalam hingga ratusan anak tangga, karena lokasinya tidak terlalu dalam. Tapi air terjun ini cukup tinggi mencapai ketinggian 30 meter.

Air terjun Sekumpul

Nama sekumpul berawal dari tampilan air terjun yang unik dengan 7 aliran air yang terjun bebas kea rah telaga di bawahnya. Kumpulan 7 air terjun inilah yang mengawali nama sekumpul. Air terjun ini cukup tinggi sekitar 80 meter untuk air terjun tertingginya. Air terjun ini konon dinobatkan sebagai air terjun terindah di Bali. Hanya saja lokasinya cukup sulit Anda tempuh dan berada di kedalaman hutan daerah Buleleng, tepatnya di desa Sekumpul, kecamatan Sawan. Rute kendaraannya sudah cukup sulit belum lagi perjalanan melalui track yang menurun cukup tajam. Itu sebabnya meski populer kawasan ini relatif sepi dan jarang kedatangan turis.

Menembus Buleleng Demi Wisata Air terjun Sekumpul
Menembus Buleleng Demi Wisata Air terjun Sekumpul

Jadi jangan hanya bermain di kawasan pantai saja bila Anda mencari lokasi wisata Bali untuk memuaskan hasrat traveling Anda. Siapkan jiwa petualang Anda dan jajal menembus lembah-lembah demi menemukan air terjun cantik nan menawan ini di tanah Bali dan bersiaplah pula terbius oleh daya pikatnya yang cantik.

Photo by, bromeliabalitour.com

lokasiwisatabali, wisata bali
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?