Ingin menyegarkan pikiran dan juga tubuh setelah sekian lama bekerja dan berasa dikejar-kejar deadline yang nggak selesai-selesai? Coba kunjungi beberapa tempat wisata alam di Jogja ini; ~Ayo liburan, gaes…

Saat anda mendengar kata Jogja tentu yang terlintas di pikiran adalah kota dengan segudang adat Jawa dan juga sejarah. Kota ini memiliki masyarakat yang sangat ramah-ramah.

Jogja juga merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan setiap musim liburan tiba. Banyak jenis tempat wisata yang ada di Jogja untuk dinikmati anda dan juga keluarga.

Anda yang menginginkan suasana yang sejuk dan juga pemandangan alam yang indah, dapat mencoba mengunjungi beberapa tempat wisata alam di Jogja yang sudah kami rangkumkan untuk anda.

8 Tempat Wisata Alam Di Jogja Untuk Menghilangkan Penatnya Kehidupan

Bukan hanya sejuk, beberapa tempat wisata alam di Jogja ini sangat cocok dijadikan sebagai spot foto terbaik untuk anda dan juga keluarga atau teman-teman anda. Berikut beberapa tempat wisata alam di Jogja yang sejak tadi kami singgung,

Kebun Teh Nglinggo

Tempat Wisata Alam di Jogja Yang Satu Ini: Bikin Sejuk di Hati
Tempat Wisata Alam di Jogja Yang Satu Ini: Bikin Sejuk di Hati (Photo by, instagram.com/netikarut_)

Berada di wilayah Kulon Progo, kebun teh ini menurut cerita dulunya merupakan markas Pangeran Diponegoro. Anda akan merasakan kesejukan alam yang juga menawarkan pemandangan hamparan hijau pohon teh. Anda bisa juga menikmati pemandangan delapan gunung yang ada di Pulau Jawa ini. Jika anda kurang puas hanya menikmati sebentar, anda bisa menyewa homestay yang ada di sekitar tempat wisata alam ini.

  Wisata Anak di Jogja Berikut Ini Sangat Mengedukasi

Hutan Mangrove Kulon Progo

Terlelap di Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu Yang Mempesona
Terlelap di Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu Yang Mempesona (Photo by, zain248)

Selain mempunyai tempat wisata berupa kebun teh, Kulon Progo juga memiliki tempat wisata berupa Hutan Mangrove. Mangrove ini merupakan pohon yang biasanya di tepi pantai atau muara sungai. Warga di daerah kulon progo menyadari bahwa potensi mangrove ini bisa dijadikan objek wisata sehingga mengelolanya. Anda bisa menemukan beberapa spot foto yang apik jika berkunjung ke kebun mangrove ini.

Goa Kalisuci

Ini Dia, Alternatif Wisata Adrenalin Di Goa Kalisuci
Ini Dia, Alternatif Wisata Adrenalin Di Goa Kalisuci

Tempat wisata alam di Jogja yang selanjutnya adalah goa kalisuci. Goa Kalisuci ini bertempat di wilayah Wonogiri atau di Gunung Kidul. Tempat wisata ini menawarkan jelajah sungai dan juga goa. Anda yang datang berkelompok bersama teman atau keluarga juga bisa menikmati cave tubing atau rafting yang sangat menyenangkan dan menantang adrenalin.

Wisata Kalibiru Kulon Progo

Kalibiru Berbaur Dengan Wisata Alam Jogja
Kalibiru Berbaur Dengan Wisata Alam Jogja

Tempat wisata ini bisa dibilang menjadi tempat wisata alam yang sudah sangat populer di Jogja. Komitmen warga sekitar Kalibiru untuk menjaga kelestarian alam menjadikan tempat ini menjadi ekowisata nomor 1 di Jogja. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah serta suasana sunset dari atas pohon yang sudah dipajangi pijakan. Selain itu, pemandangan waduk sermo dari kejauhan juga bisa anda nikmati.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan, Alternative Tempat Wisata Hits di Jogja Untuk Rombongan
Hutan Pinus Mangunan, Alternative Tempat Wisata Hits di Jogja Untuk Rombongan (Photo by, m.ibnuabd_)

Selain Kalibiru, ada lagi objek wisata alam di Jogja yang patut anda kunjungi yaitu hutan pinus Mangunan. Hutan pinus ini akan menyambut kedatangan anda dengan pohon pinus yang menjulang dan suasana yang menyejukan. Anda juga bisa menemukan berbagai spot foto yang sangat menarik untuk di update ke social media yang anda miliki.

  7 Tempat Menarik di Jogja yang Bisa Buat Anda Terpana

Kebun Buah Mangunan

Pengelola Kampung Wisata Mangunan, Belum Siap Menerima Lonjakan Wisatawan
Pengelola Kampung Wisata Mangunan, Belum Siap Menerima Lonjakan Wisatawan (Photo by, avinmaulana)

Anda yang mencintai suasana alam yang indah tentunya akan menyukai Mangunan ini. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat cantik berupa hutan, pegunungan dan juga sungai yang mengalir jernih. Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama teman maupun keluarga.

Gunung Api Purba

Gunung Nglanggeran, Terlelap Sebagai Merapi Purba
Gunung Nglanggeran, Terlelap Sebagai Merapi Purba

Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi tempat wisata yang sangat cocok untuk melihat sunrise di pagi hari dengan bukit-bukit yang diselimuti awan tipis. Anda juga bisa berkemah di wilayah ini dan pastikan untuk mengunjungi tempat wisata alam ini saat cuaca sedang cerah karena tanah di sekitar sering licin jika musim hujan tiba.

Kedung Pengilon

Kedung Pengilon Memiliki Potensi Wisata Alam Jogja Yang Menjanjikan
Kedung Pengilon Memiliki Potensi Wisata Alam Jogja Yang Menjanjikan (Photo by, tribunnews/hamimthohari)

Tempat wisata alam di Jogja yang kedelapan adalah Kedung Pengilon. Kedung pengilon ada di wilayah Bantul. Karena tempatnya yang blusukan sehingga masih jarang wisatawan atau pengunjung yang mengetahuinya.

Anda akan disambut suasana pedesaan yang kental dan juga air terjun dengan ketinggian 10 meter. Ada kolam unik dengan warna biru yang bagus untuk dijadikan spot foto.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan seputar tempat wisata alam di Jogja yang indah dan juga sejuk. Anda yang berminat mengunjunginya saat liburan, mulailah menentukan tempat mana yang akan anda kunjungi untuk pertama kalinya.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here