Pantai Parang Racuk – Masih di daerah Gunung Kidul, menjadikannya salah satu dari deretan pantai yang wajib sobat kunjungi. Pantai ini benar-benar menyuguhkan panorama hamparan pantai biru yang begitu indah luar biasa.

Pantai Parang Racuk Baron Gunung Kidul Yang Merupakan Techno Park
Pantai Parang Racuk Baron Gunung Kidul Yang Merupakan Techno Park (Photo by, instagram.com/hestilalila)

Lokasinya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul atau lebih tepatnya pantai parangracuk ini berada di sisi sebelah barat dari Pantai Baron.

Untuk menuju ke sana kita bisa menempuh kendaraan sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta atau kurang lebih 81 km untuk menuju pantai Parang Racuk. Sobat bisa melalui rute jalan Wonosari, kemudian Piyungan, Bukit Patuk Gunung Kidul.

Lalu ke arah hutan Bunder memasuki wilayah Playen, kemudian sampai di pasar Wonosari. Nah sebelum Polres, sobat bisa belok kanan mengikuti jalan Baron, kemudian daerah Mulo lurus saja sampai daerah Kemiri.

Nah, pas di SMK Pelayaran itu lurus aja, TPR lalu pertigaan sebelum sampai Pantai Baron ke kanan. Nah, tidak jauh disana akan ada banyak sekali tanda yang menunjukkan arah ke Pantai Parang Racuk.

Pantai Parang Racuk Baron Gunung Kidul Yang Merupakan Techno Park

Atau kalau sobat sudah berada di Pantai Baron, tempat Pantai Parang Racuk ini sekitar 3 km dari sana. Well… tentu saja perjalanan Anda akan terhibur oleh pemandangan indah Gunung Kidul yang memang sudah tidak lagi diragukan.

Pantai Parang Racuk sendiri menyuguhkan pemandangan tebing yang mencapai 17 meter, berbeda dari Pantai Baron yang menyembuhkan hamparan pasir pantai yang luas. Di tempat in, pasir pantainya tidak terlalu luas, hanya saja tebing yang bisa kita lihat dari dekat.

Bisa dibilang tempat ini merupakan salah satu tempat yang tepat untuk Anda menikmati Samudra Hindia Yang Maha luas. Disini juga terdapat salah satu destinasi wisata edukasi yaitu Baron Techno Park yang merupakan tempat belajar sumber energi alam alternatif.

Nah, disini sobat bisa melihat prototype Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang PLTG yaitu pembangkit listrik yang berasal dari gelombang air laut. Selain itu, kita juga dapat menjumpai PLTS alias Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang berasal dari panel surya yang kemudian diolah menjadi listrik.

Lalu PLTO yang merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Ombak yang berada di sekitar lokasi. Yang jelas tempat ini benar-benar, akan memberikan kita wawasan luas mengenai energi alternatif yang ada di muka bumi.

Selain pembangkit listrik tenaga gelombang, tenaga ombak, dan tenaga matahari. Disini kita juga bisa melihat Pembangkit Listrik Tenaga Angin jadi seperti yang sobat ketahui tenaga angin berasal dari kincir angin seperti yang ada di negeri Belanda.

Yang jelas, pastinya akan membuat liburan anda menjadi lebih berwarna, karena pantai Pantai Parang Racuk ini akan memberikan pengalaman baru bagi anda. Selain itu,lokasinya benar-benar Instagramable banget.

Jadi, cocok banget buat Anda yang sedang hunting foto untuk memperbarui galeri Instagram anda. Selain itu para wisatawan yang hadir di pantai ini biasanya menghabiskan waktu dengan memancing.

Karena menurut para Pemancing Mania, tempat ini adalah tempat yang istimewa. Karena terdapat banyak ikan-ikan besar. Tentu saja mereka memancing di saat gelombang ombak sedang tidak besar.

Karena mengingat ini adalah Pantai Selatan yang notabene memiliki gelombang ombak yang sangat besar. Untuk itu, buat Anda yang ingin liburan sekalian memancing mohon berhati-hati.

Terutama bagi Anda yang mengira pantai parangracuk adalah pantai untuk berenang, sekali lagi Pantai ini bukan lokasi yang tepat untuk berenang. Sobat bisa menikmati pemandangan indah sekaligus belajar di Baron Techno Park.

Dengan begitu, liburan anda menjadi lebih asyik. Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai tempat wisata di Jogja pantai di Gunungkidul yaitu Pantai Parang Racuk.

Untuk menuju lokasi kami sarankan datang saat pagi hari, supaya tidak kepanasan nanti. Selain itu, waktu yang tepat untuk foto adalah saat pagi hari sehingga sobat dapat menikmati langit biru yang luar biasa.

Sampai jumpa di lokasi wisata, tetap sehat, tetap semangat, supaya bisa liburan lagi bareng kami. Sekaligus, mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif. enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait pantai parangracuk, parang racuk.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here