Bicara soal bisnis kuliner memang tak ada habisnya. Pasar kuliner seperti terus berkembang dan mengalirkan inovasi. Salah satu ide usaha kuliner terbaru itu adalah usaha food truck. Usaha yang sebenarnya banyak mengadopsi gaya masyarakat modern Eropa yang hidup berjualan kaki lima di jalanan dengan menggunakan karavan besar dan hidup di dalamnya. Kini gaya hidup nomaden ini diadopsi menjadi ide berjualan kuliner dengan cara yang merakyat namun tetap berkelas.

Bagaimana Memulai Usaha Kuliner terbaru Food Truck Yang Kekinian
Bagaimana Memulai Usaha Kuliner terbaru Food Truck Yang Kekinian (Photo by, vendittiporchetta)

Di Amerika sendiri, konsep food truck sudah duluan menjadi trend,  malah terus tumbuh tak ubahnya  jamur di musim penghujan.  Mereka menyajikan beragam jenis makanan unik mulai dari makanan khas dari berbagai belahan dunia, makanan paduan atau cuisine sampai jajanan tradisional ala Amerika seperti hotdog dan hamburger.

Di Indonesia sendiri wacana food truck bukan lagi barang baru. Anda bisa menemukan banyak ide usaha serupa mulai tumbuh di berbagai kota besar di Indonesia dengan beragam sajian menu, harga dan kelas produk.  Food truck memang unik, usaha ini hanya membutuhkan sebuah armada yang Anda sulap menjadi ruang masak dan saji yang simpel dan efisien.  Sementara sebuah resto atau warung makan butuh lokasi usaha yang tetap, maka yang satu ini bisa berpindah setiap saat.

Kemampuannya berpindah merupakan kelebihan dari konsep usaha kuliner terbaru ini. Anda bisa menjalankan usaha di lokasi yang strategis setiap hari, bahkan di beberapa tempat sekaligus dalam sehari. Anda juga bisa dengan mudah memindahkan lokasi usaha Anda  ke lokasi khusus seperti venue acara musik atau venue festival di kota Anda.

Namun banyak pula pelaku usaha food truck yang mereguk rugi dengan usaha kuliner terbaru ini. Tak semudah itu pula mengembangkan bisnis satu ini, dan beberapa panduan ini bisa membantu Anda menjalankan usaha food truck dengan lebih sukses.

Pilih armada dengan kualitas baik
Kendaraan yang cocok untuk bisnis food truck adalah jenis kendaraan berbodi besar seperti ELF, mini bus atau karavan. Anda juga bisa menggunakan jenis VW combi atau L300. Masalahnya jenis kendaraan berukuran besar ini cenderung mahal. Anda bisa memilih kendaraan bekas kalau Anda ingin menekan biaya. Tetapi pastikan Anda tetap pastikan kendaraan pilihan Anda memiliki mesin yang masih baik, bodi yang belum rusak dengan beberapa ornamen utama yang masih utuh.

Pilih pasar potensial
Sudah menentukan produk apa yang akan Anda jajakan dengan food truck Anda? Kini saatnya menterjemahkan pasar mana yang cocok dengan produk Anda. Dari sini Anda akan mudah menterjemahkan bagaimana karakter dari pasar potensial Anda. Ini akan berkaitan dengan penyajian hidangan, kualitas produk, tata layout dan dekorasi kendaraan sampai lokasi strategis untuk menambatkan kendaraan Anda tiap harinya.

Rencanakan sistem operasi usaha
Bagian tersulit yang perlu pula Anda siapkan dalam memulai usaha kuliner terbaru ini adalah dengan merencanakan sistem operasi. Anda akan bekerja di tepian jalan, dengan keterbatasan kenyamanan bagi konsumen, Anda juga akan bekerja di dalam ruang kerja  sempit di dalam kendaraan.

Ini menuntut Anda melakukan adaptasi bagaimana sistem operasi meliputi pelayanan konsumen, penataan antrian, proses pengolahan makanan, penyimpanan bahan baku sampai metode penyajian tersistem dengan baik. Anda juga harus memperhatikan lalu lalang Anda dan tim dalam dapur. Lalu lalang orang dan posisi kendaraan yang aman dan nyaman.

Tak jarang Anda harus melakukan konsultasi dengan pakar untuk mendapatkan informasi mengenai tata display food truck, konsep kemasan dan penyajian, sistem operasi sampai efisiensi peralatan masak.

Urus pula masalah perijinan
Usaha Anda memang tidak berjalan di dalam ruangan permanen, tetapi Anda tetap saja menjalankan bisnis di lokasi publik. Jadi Anda tetap perlu untuk mematuhi aturan perijian setempat.  Beberapa kota memang menerapkan beberapa regulasi terakit keberadaan food truck.  Pastikan Anda sudah memenuhi segala persyaratan untuk menghindari masalah.

Jangan lupa promosi
Jangan lupa untuk menyuarkan ke publik dimana keberadaan food truck Anda hari ini. Yang kerap menjadi masalah dari food truck  jsutru terletak pada lokasinya yang berpindah, jadi konsumen kerap kali kesulitan menemukan Anda. Untuk itu pastikan konsumen Anda tau dimana saja Anda akan berada tiap harinya.

Baca juga: Peluang Bisnis Menjanjikan Dengan Bisnis Besi Tua Capai Omzet 1,2 Milyar

Manfaatkan sosial media untuk pemberitahuan ini.  Promosikan pula menu special Anda hari ini dan jadwal jalur Anda skaligus. Pastikan Anda dapat membangun komunitas maya untuk menghimpun konsumen sehingga mudah menyebarkan informasi.

Penelusuran terkait jajanan food truck indonesia, jajanan yang trend di belahan dunia, kuliner kekinian di foodtruck, Makanan kekinian foodtruck, peluang usaha food&drink yang lagi kekinian, sistem pelayanan food truck, usaha mebel kekinian.

Ada pertanyaan atau komentar?