keraton yogyakarta istimewa
keraton yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi ini merupakan wisata sejarah yang sangat diminati oleh wisatawan asing maupun domestic. Hingga pada akhirnya banyak bermunculan paket wisata Keraton Yogyakarta yang menjadi hits untuk setiap penyedia jasa paket wisata. Pasalnya paket wisata Keraton Yogyakarta ini tidak hanya ada di Yogyakarta sendiri, namun penyedia jasa paket wisata di berbagai daerah di Indonesia juga tersedia.

Memiliki sejarah yang panjang, hingga kisah-kisah yang wajib anda ketahui juga menjadi daya tarik tersendiri. Keraton Yogyakarta yang sudah berdiri sejak 1755, lebih tepatnya setelah kerajaan Ngayogyakarta resmi berdiri pada perjanjian Giyanti. Merupakan warisan bangsa Indonesia yang masih bisa kita lihat hingga sekarang, yang menggambarkan betapa hebatnya rakyat Indonesia ini. Sekaligus juga warisan yang harus kita jaga dan lestarikan.

Namun, perlu anda ketahui ada banyak cara untuk menarik wisatawan tetap berdatangan di Yogyakarta ini. Salah satunya yang paling banyak mampu membawa pengunjung adalah jasa paket wisata yang ada di berbagai daerah di Indonesia, yang tentunya menempatkan Keraton Yogyakarta sebagai paket wisata yang ditawarkan.Cara semacam ini tidak hanya menguntungkan secara materil para pemilik jasa paket wisata, sebab tujuan awalnya adalah ingin mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Maka dari itu paket wisata Yogyakarta, merupakan bisnis pariwisata yang masih menjanjikan. Ditambah lagi di masa-masa liburan sekolah tiba, maka siap-siaplah anda untuk banjir orderan paket wisata.

Tak, diragukan lagi jika bisnis pariwisata ini merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan, apalagi di Indonesia ini yang kaya akan tempat-tempat wisata menarik yang sudah dikelola secara professional. Jika anda tertarik untuk menjajal salah satu peluang usaha yang menjanjikan satu ini, berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui.

Dalam pembahasan ini, kita akan membahas tentang bagaimana untuk memulai menjadi penyedia paket wisata khususnya wisata Keraton Yogyakarta.

1.    Menguasai Materi Sejarah Keraton Yogyakarta

Hal ini sudah menjadi bagian yang tidak bisa anda sepelekan, sebab untuk memulai bisnis pariwisata, sudah seharunya kita paham dan mengetahui dengan baik apa dan bagaimana sejarah dari Keraton Yogyakarta. Karena pada saat tour belangsung akan menjadi perhatian utama saat anda menjelaskan sejarah yang terjadi di Keraton Yogyakarta, meski tidak secara detail.

Sebab dari beberapa pengungjung mungkin akan mengbaikan anda jika cara penyampaian anda tidak menarik, selain itu juga sepanjang perjalanan pasti akan ada banyak pertanya dari para wisatawan yang mengikuti tour.

2.    Bekerja Sama Dengan Pihak-pihak Terkait

Dalam hal ini pihak-pihak terkait yang saya maksud adalah penyedia tempat penginapan, kuliner Yogyakarta, hingga tempat membeli oleh-oleh. Karena di Yogyakarta merupakan daerah tujuan wisata disekitaran tempat object wisata akan terdapat penginapan pasar oleh-oleh hingga tempat makan yang khas.

Kerja sama ini tentu akan menguntunkan tidak hanya di sisi anda sebagai penyedia tour saja, sebab pemilik usaha yang anda ajak kerja sama tentu akan sama di untungkan.

3.    Memilik Tour Guide Multi Language

Dengan anda memiliki tour guide yang professional sekaligus cakap dalam menyampaikan guide selama tour. Hal yang akan menjadi nilai tambah lagi yaitu adalah bisa menguasai bahasa Inggris, atau bahkan bahasa asing lainya. Sebab Yogyakarta sendiri merupakan destinasi wisata favorit bagi wisatawan asing dari berbagai belahan dunia.

Sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide freelance, sebab hal ini akan tidak terikat kerja dimana anda hanya membutuhkan bantuan mereka saat memang di butuhkan. Selain itu juga freelancer masih bisa melakukan aktifitas normal seperti kuliah, sekolah, dan lainya.

4.    Transportasi Tour Yang Memadai

Dalam tour wisata Keraton Yogyakarta, akan ada berbagai tempat yang terkait dengan sejarah berdirinya Keraton Yogykarta. Sehingga anda perlu mengajak para wisatawan pergi ke tempat sajarah lainya yang masih berkaitan. Seperti museum budaya dan museum Ullen Sentalu di Kaliurang. Karena perjalanan yang panjang ini sudah semestinya anda untuk menyediakan kendaraan yang memadai dan nyaman bagi wisatawan.

5.    Bekerja Sama Dengan Tempat Kuliner Jogja

Selain anda harus mengajak tour wisata sejarah, tentu disaat jam makan tiba wisata kuliner Jogja merupakan pilihan tepat untuk memanjakan lidah. Sebab dengan anda bekerja sama dengan pihak resto atau restoran tradisional, anda sudah bisa booking tempat. Hal, ini dikarenakan untuk jam-jam istirahat tiba banyak tempat wisata kuliner Jogja yang sudah di serbu.

Perlu diperhatikan juga, penyedia catering atau restoran cukup memadai dari segi kesehatan maupun sajian, sekaligus juga harga. Dengan anda bekerja sama, anda bisa saja mendapat harga khusus dari pihak catering maupun restoran.

Seperti itulah lima hal yang perlu anda ketahui untuk memulai usaha penyedia Jasa paket wisata Keraton Yogyakarta. Tentu untuk menjalankan usaha pariwisata ini, anda perlu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Oleh, sebab itu untuk berwirausaha penyedia paket wisata anda harus benar-benar mulai merintis dari nol, juga penuh usaha dan doa.

Untuk mengetahui informasi menarik lainya seputar Jogja, silahkan anda untuk membaca artikel menarik lainya disini. Jika anda memiliki informasi wisata Yogyakarta yang menarik lainya, silahkan anda menghubungi redaksi kami di Contact Sobat Jogja, dan tentu kami akan segera menerbitkan informasi menarik dari anda.

keraton jogja, kraton jogja, kraton yogyakarta, jasa wisata kraton jogja, wisata keraton jogja

4 COMMENTS

  1. Thaank you for any other excellent article.
    Where else could anyone get that type of information inn such a perfect method of writing?
    I have a presentation sbsequent week, and I am on the look for such info.

LEAVE A REPLY