Pagi hari yang damai di Kali Kuning, membawa kita hanyut dalam suasana hangat, terlihat dari ufuk timur matahari perlahan nampakan cahayanya. Nikmati wisata alam Jogja di Kali Kuning, sungguh pilihan tepat untuk me-refresh kembali jiwa dan raga. Setelah seminggu hari kerja, disibukan oleh rutinitas kantor, sekolah, dan sebagainya.

Kali Kuning, Nikmati Hembusan Wisata Alam Jogja
Kali Kuning, Nikmati Hembusan Wisata Alam Jogja

Tak heran jika Kali Kuning menjadi destinasi wisata alam Jogja yang paling banyak dikunjungi kala liburan tiba. Membawa serta keluarga, sahabat, atau rekan kerja menikmati wisata alam Jogja yang istimewa ini sungguh moment yang bakalan tak terlupakan. Melihat langit perlahan mulai cerah, kami sengaja datang di pagi buta dari kota Yogyakarta, supaya bisa merasakan udara pagi yang sejuk di Kali Kuning.

Sesampainya di Kali Kuning, terlihat dari kejauhan para pengunjung dari berbagai daerah sudah berdatangan. Terlihat sebagian dari mereka ada yang sudah bermalam di kawasan wisata Kalikuning, tak heran karena memang terdapat fasilitas camping yang disediakan pengelola. Cukup dengan 20.000 rupiah saja sudah bisa mendapat fasilitas camping.

Tak ingin terlambat menikmati suasana liburan, kami tim Sobat Jogja juga sudah bersiap – siap untuk menjajal kawasan wisata alam Jogja di Kali Kuning. Setelah membayar tiket masuk sebesar 3.000 rupiah, kami segara masuk ke kawasan Kali Kuning. Melihat fasilitas yang memadai seperti Toilet, Penginapan, Pusat Informasi, Warung, dan Tempat parkir menunjukan kawasan wisata Kali Kuning sudah di kelola dengan baik.

Kawasan Kali Kuning menawarkan pemandangan yang luar biasa Indahnya, seperti pegunungan, pepohonan yang tinggi, sungai yang jernih, dan udara segar pegunungan. Terdapat juga tebing andesit yang biasa di jajal oleh para climbers yang mencoba menaklukan batuan tebing andesit di Kali Kuning ini. Melihat megahnya tebing andesit seakan membawa kita pada suasana yang berbeda.

Jika Sobat ingin menjajal tebing andesit Kali Kuning, Sobat bisa menjamahnya dengan berjalan di jalan setapak yang sudah disediakan. Selama perjalanan menyusuri jalan setapak anda akan menjumpai penduduk yang ramah dan melihat pepohonan hijau nan rindang. Setelah puas menjajal tebing andesit di Kali Kuning, kini anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kali Adem.

Untuk menjamah lokasi Kali Adem, anda hanya tinggal melanjutkan perjalanan dari lokasi tebing andesit, lalu menyusuri Kalikuning. Terlihat disekeliling Sobat terdapat berbagai jenis pohon seperti, pohon puspa, pinus, sarangan, dan pohon rasamala. Semakin menyusuri Kalikuning Sobat akan merasakan segarnya udara pagi, gemiricik air di Kalikuning, serta burung – burung yang berceloteh.

Jika anda beruntung, anda akan menjumpai Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi) yang merupakan burung inspiratif terciptanya lambang Garuda Pancasila. Elang Jawa memang sangat pendiam namun burung yang sangat cerdas. Mengingatkan saja bahwa Elang Jawa ini merupakan burung yang dilindungi oleh undang – undang jadi jangan terbersit sedikit-pun untuk merawatnya di rumah Sobat.

Selain Elang Jawa juga terdapat Elang Hitam dan Ayam Hutan yang bebas berlarian di hutan. Terdapat pula bunga Kantung Semar dan juga Pohon Kina. Sungguh pengalaman berharga pastinya dapat merasakan Indahnya suasana alam Jogja yang penuh dengan keindahan. Memang sudah selayaknya kita me-refresh kembali pemikiran dengan menikmati liburan di alam bebas.

Perlu di ketahui bahwa sumber air Kali Kuning berasal dari sumber mata air Umbul Wadon, yang juga merupakan daerah aliran sungai Opak. Sumber air Umbul Wadon memiliki debit air sekitar 650 liter/detik pada saat di musim penghujan namun 400 liter/detik pada musim kemarau. Yang pastinya sumber air Umbul Wadon ini memang merupakan sumber air yang penting bagi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keseruan yang terdapat di Kali Kuning ini wajib anda rasakan, nikmati udara segar, dan rindangya pepohonan akan membawa anda kembali pada damai-nya hati. Jadi, sempatkan diri Sobat untuk datang di Kawasan wisata alam Jogja di Kalikuning yang membentang dari utara hingga selatan ini. Lokasinya tepat di lereng selatan Gunung Merapi.

Kawasan wisata alam Kali Kuning ini berada di kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kawasan pegunungan yang pastinya seru untuk pergi sejenak dari kehidupan hiruk – pikuk per-kotaan yang penat. Lestarinya alam Jogja ini memang wajib kita lestarikan, mulai dari hal sederhanan dengan tidak membuang sampah sembarang.

Photo by, Nurul Arohmat dan Markus Gebauer

Penelusuran terkait kali kuning, Bukit Kali kuning, biaya registrasi wisata bukit kali kuning, bukit kalu kuning, wisata kalikuning bromonilan purwomartani kalasan, bukit kali, tiket masuk kali kuning park, tempat wisata di jogja bukit kali kuning, Penginapan murah di kali kuning, kalikuning bromonilan purwomartani sleman, kali kuning kaliurang, kali kuning c, info alamat dan tiket masuk kali kuning park 2017, Harga bukit kalo kuning yogya, desa wisata kali kuning.

1 KOMENTAR

  1. KI AGUNG PRESTISE HOTEL YOGYAKARTA adalah hotel berbintang , berkelas , berkwalitas tinggi , SERTA SANGAT TERMURAH SE- YOGYAKARTA , baik untuk di jadikan referensi anda untuk liburan ke YOGYAKARTA / JOGJA , cuman dengan harga 80-185 ribu rupiah anda sudah mendapatkan fasilitas yang menawan untuk beristirahat —-> hotel line : WA : 0822 – 2550 – 1169
    0274 – 374412
    Alamat : jl. Prawirotaman 2 , MG 3 No. 596A , Yogyakarta .
    ayo buruan booking SOBAT ….

Ada pertanyaan atau komentar?