Kebanyakan orang jijik dan geli dengan cacing karena bentuknya yang mringkel dan menggeliat. Namun, dibalik geliatnya yang mengelikan, tersimpan potensi besar untuk menghasilkan, sebagai bisnis sampingan rumahan yang menguntungkan. Siapa sangka geliatnya yang menggelikan menjadi salah satu sumber daya menarik yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Jangan Anggap Sepele Bisnis Sampingan Rumahan Budidaya Cacing Sutra
Jangan Anggap Sepele Bisnis Sampingan Rumahan Budidaya Cacing Sutra (Photo by, bettahome)

Konsumen terbesar dari produk cacing sutra adalah ikan. Jadi segala usaha berkaitan dengan ikan memerlukan suplai cacing sutra, mulai dari usaha perikanan ikan hias sampai mereka yang menggemari kegiatan memancing.

Berdasarkan data banyak sumber literatur, cacing sutra memiliki kelebihan dalam memberikan nutrisi terbaik bagi ikan. Kadar protein dan berbagai senyawa baik di dalamnya membantu pertumbuhan ikan, membuat tubuhnya lebih gesit dan gempal serta membantu mencerahkan warna. Bagi pemancing, cacing sutra yang bergeliat kala di jadikan mata pancing sangat menarik perhatian ikan dan memudahkan mendapatkan ikan pancingan.

Rupanya meski cacing sutra demikian dikenal bermanfaat bagi ikan, banyak pelaku usaha ikan justru mengeluhkan betapa tidak mudahnya mendapatkan suplai cacing sutra. Cacing sutra di beberapa daerah masih tergolong langka dan sulit di dapat, karena masih sedikit orang yang mau menggeluti usaha budidaya cacing sutra. Kalaupun ada penjual cacing sutra mereka hanya mendapatkannya dari pencarian di alam seperti di tepian sungai dan waduk-waduk.

Padahal menurut beberapa sumber, cacing sutra termasuk jenis hewan yang mudah dipelihara. Itulah potensi yang bisa Anda kembangkan dari cacing sutra. Anda bisa mendirikan sebuah bisnis sampingan rumahan dengan membudidayakan cacing yang mudah dikenali dari ukurannya yang tipis kecil dengan warna merah di permukaanya.

Usaha ini terbilang mudah dan simpel, sehingga cocok menjadi bisnis sampingan rumahan. Anda cukup mengandalkan ruang sisa di rumah Anda, memasang beberapa rak bambu dan baskom berisi air sebagai media budidaya. Bisa pula dengan kolam-kolam bersusun.

Sediakan air dan lumpur serta kotoran binatang sebagai media hidup dan diamkan sesaat untuk membentuk ekosistem, baru bibit cacing sutra disebarkan dalam wadah. Biasanya modal awal akan memakan biaya sekitar 3 jutaan tergantung bentuk media budidayanya.

Diamkan bibit tadi setidaknya  selama 1 minggu untuk kemudian cacing sutra siap Anda panen.  Waktu yang sangat singkat dan sederhana untuk segera menghasilkan. Biasanya Anda bisa memanen sekitar 1,5 kg untuk sebuah kolam berukuran 1 x 2 x 0, 3 cm.

Sedang harga perkilo untuk cacing sutra berkisar pada angka 20an ribu. Dan biasanya bisa menghasilkan sekitar 10 kg perminggu untuk usaha skala kecil, maka Anda bisa mencapai keuntungan sekitar 200 ribuan perminggu atau sama dengan 800 ribuan perbulan.

Yang menarik Anda biasanya akan dengan mudah mencari pembeli, karena pengepul sendiri sangatmembutuhkan suplai barang. Atau Anda bekerjasama dengan usaha perikanan atau penjualan ikan hias di sekitar Anda.  Bisa dikatakan pemasaran cacing sutra termasuk mudah dan sederhana.

Unuk membantu Anda yang penasaran soal usaha ini dan ingin menjajal peruntungan dalam bidang usaha satu ini, kami akan mencoba membantu Anda memulai  usaha sampingan rumahan ini dengan memandu Anda menggunakan bagan biaya berikut ini. Gambaran ini memudahkan Anda menyiapkan modal dan menghitung pengembalian modal.

Modal awal

Rak besi 4 buah                                                   400.000
Baskom pendek 144 buah                               1.300.000
Bahan pembiakan                                                300.000
Sistem pengairan                                                 200.000
Bibit                                                                       800.000

TOTAL                                                               3.000.000

Pendapatan perbulan                                         800.000

BEP                                                                        4 bulan

Sudah modalnya balik dengan cepat, pasar yang Anda incar memiliki daya serap yang relatif tinggi, kemudahan dalam penjualan ternyata usaha ini tak membutuhkan banyak energi. Anda tak perlu banyak melakukan kegiatan dalam budidaya satu ini. Dengan menyiapkan bahan sebagai media budidaya, sebenarnya Anda sudah menyiapkan pakan bagi cacing. Sedang sisanya proses pertumbuhan terbilang sederhana dan tidak memakan tenaga Anda.

Baca juga: Berikut ini Ada Bisnis Sampingan Mahasiswa Yang Kekinian.

Itu sebabnya usaha sampingan rumahan satu ini banyak digemari mereka yang ingin mencari sumber pendapatan namun tidak ingin melepas pekerjaan utama. Dari cacing sutra yang banyak dipandang remeh dan dianggap menggelikan Anda bisa mereguk hasil tidak kecil, tanpa ribet dengan proses budidaya dan pemeliharaan yang memakan waktu dan tenaga. Bagaimana menurut Anda ide bisnis sampingan rumahan satu ini?

Penelusuran yang terkait dengan kisah sukses budidaya cacing sutra, harga cacing sutra perkilo, Budidaya rumahan, harga cacing sutra, keuntungan budidaya cacing sutra di rak, penjual cacing sutra muntilan, rak besi untuk budidaya cacing.

Ada pertanyaan atau komentar?