Berikut ini Ada Bisnis Sampingan Mahasiswa Bisa Buat Tambahan Uang Saku
Berikut ini Ada Bisnis Sampingan Mahasiswa Bisa Buat Tambahan Uang Saku (Photo by, Salshabilla)

Anda yang tengah menyandang status mahasiswa, tak menutup peluang untuk bisa memiliki sumber pendapatan sampingan sekedar untuk bisa menambah uang saku. Beberapa ide bisnis sampingan mahasiswa siap menjadi tiang ekonomi baru bagi para mahasiswa / mahasiswi dalam menebalkan kantung.

Berikut ini Ada Bisnis Sampingan Mahasiswa Bisa Buat Tambahan Uang Saku
Berikut ini Ada Bisnis Sampingan Mahasiswa Bisa Buat Tambahan Uang Saku (Photo by, Salshabilla)

Diakui menyandang status mahasiswa sebenarnya bukan tanpa modal. Ada banyak tugas dan praktikum yang tidak sedikit memakan biaya. Belum lagi sebagaimana layaknya anak muda, berbagai aktivitas khas anak muda mulai dari sekedar nongkrong santai sampai memenuhi gaya hidup seperti fashion juga tak kalah menguras kantung.

Tanpa hasil tambahan banyak mahasiswa terpaksa menutup mata dari pergaulan kekinian dan gaya hidup ala sekarang. Daripada berpangku tangan sia-sia, tidak ada salahnya mencari penghasilan dari bisnis sampingan mahasiswa sekaligus menambah wawasan dan pengalaman di dunia bisnis.

Bukankah salah satu pandangan terkenal mengenai bisnis berkata sebaik-baiknya sebuah bisnis adalah yang diawali lebih awal.
Karakter bisnis sampingan mahasiswa

Hanya saja untuk memulai sebuah bisnis sampingan mahasiswa, penting untuk memastikan pilihan bisnis Anda ini bisa Anda jalankan dengan jam kerja yang fleksibel sehingga bisa Anda sesuaikan dengan jadwal kuliah dan aktivitas perkampusan Anda sendiri.

Hindari jenis bisnis dengan ikatan jam kerja yang ketat karena jelas sulit Anda jalankan sembari Anda kuliah.

Tidak hanya itu bisnis sampingan mahasiswa juga sebaiknya memiliki kebutuhan modal yang rendah, bahkan kalau bisa malah tanpa modal. Kondisi keuangan dari mahasiswa yang cenderung serb pas-pasan dan biasanya masih sangat bergantung pada kiriman dari orang tua menjadi alasan utama.

Selain itu, sebaiknya pilih bisnis sampingan dengan kerumitan yang rendah. Bisnis yang membuat Anda perlu melakukan strategi bisnis yang rumit akan menyita pikiran Anda yang masih pula harus memikirkan pendidikan, materi kuliah dan hal-hal penting lain.

Dan berdasar beberapa pilihan di atas berikut ini adalah beberapa ide bisnis sampingan mahasiswa yang cocok Anda jajal.

1. Jasa Penjualan Pulsa
Bisnis sampingan mahasiswa satu ini jelas layak masuk dalam daftar ini. Yang Anda perlu lakukan dengan usaha penjualan pulsa terbilang sederhana. Anda hanya perlu menanam modal pada kisaran 3 – 5 jutaan.

Ada baiknya mencari agen pulsa yang siap melayani sistem kerjsama all in atau sekaligus, ketimbang harus repot melakukan deposit pervendor satu demi satu. Hanya bermodal HP dan deposit Anda bisa mengantongi keuntungan setidaknya 100%.

2. Bisnis Online
Sudah bicara soal bisnis sampingan mahasiswa, jelas ide satu ini tak boleh luput untuk kita ulas bersama. Bisnis online adalah salah satu jenis bisnis yang bisa Anda mulai dengan modal terbatas, mudah Anda kembangkan dan pasarkan dan memberi potensi penjualan yang menjanjikan.

Ada banyak ide bisnis online yang layak menarik Anda ulas, mulai dari bisnis blog dan sistem adense, usaha afiliasi online , bisnis toko online, jasa freelancer online sampai usaha unik seperti sebuah channel YouTube.

Yang menarik bisnis satu ini bisa kita katakan sebagai bisnis yang kekinian. Bisnis ini memberi Anda peluang untuk mendapatkan hasil yang besar berkat cakupan usaha yang luas (dunia) dan peningkatan permintaan.

YouTube channel: Daily Make Up Routine – Salshabilla

3. Jasa Fotografi
Bagi Mahasiswa yang memang sudah menyukai dunia fotografi, jelas bisnis dalam bidang satu ini bisa menjadi pilihan. Anda bisa mengandalkan kamera DLSR kepunyaan Anda untuk memulai beberapa ide bisnis bertajuk fotografi.

Ada cukup banyak pilihan untuk Anda jajal, mulai dari bisnis fotografi wedding dan prewedding, bisnis foto untuk produk sampai ide usaha pejualan foto via instagram atau berbagai laman penjualan foto seperti shutterstock atau gettyimages dan masih banyak lagi.

4. Usaha Laundry
Tinggal di kawasan mahasiswa atau area padat kost-kostan, ide satu ini bisa menjadi pilihan. Meski menuntut modal relatif besar dan beberapa proses rekrutmen untuk tenaga operator, Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan lebih santai ketika usaha sudah berjalan.

Pasalnya Anda tidak lagi perlu turut beraktivitas dala operasional selain hanya terkait pengawasan keuangan saja.

Baca juga: Berikut Ada 6 Usaha Sampingan Mudah, Bisa Jadi Pilihan Anda!

Anda masih bisa menemukan ide-ide unik bisnis sampingan mahasiswa lain yang bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi Anda para mahasiswa yang merasa kekurangan uang saku. Atau mungkin Anda sendiri memiliki ide bisnis berbeda, apakah Anda bersedia berbagi ide bisnis Anda dengan kami di sini?

#note: Tunjukan Kreatifitasmu, Seperti Mereka.

afilasi untuk sampingan mahasiswa
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?