Ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis rumahan potensial, dimana  usaha tersebut bisa Anda kembangkan cukup di rumah saja, maka ide terbaik yang bisa Anda andalkan adalah memulai bisnis dari ide-ide yang dekat dengan dunia rumahan. Memanfaatkan peralatan yang sudah siap Anda akses di rumah dan menemukan potensi dari pasar terdekat dari konsumen potensial Anda.

Berikut Ini Bisnis Rumahan Potensial Nugget Ayam Sayur ala Aning Hastari
Berikut Ini Bisnis Rumahan Potensial Nugget Ayam Sayur ala Aning Hastari (Photo by, pencawan)

Inilah yang menjadi landasan Aning Hastari asal Yogya dengan bisnis rumahan potensial yang dikembangkannya. Pasca keluar dari pekerjaan selepas melahirkan, wanita muda ini merasa tertarik untuk menjajal sebuah usaha rumahan. Ingin hati untuk tetap bisa berpenghasilan, tetapi tidak repot harus keluar rumah terlalu sering sebagaimana ketika bekerja kantoran. Kondisi keuangan keluarga memaksanya mencari sumber pendapatan yang bisa menguatkan tiang ekonomi keluarga.

Awalnya, Aning hanya menjajal bisnis puding sutra. Tetapi ketika dilihatnya lingkungan tempatnya tinggal tidak terlalu konsumtif dengan puding, Aning menjajal ide bisnis rumahan potensial lain yang sekiranya lebih berpeluang di kawasan rumahnya tinggal.

Hingga satu hari Aning yang memang gemar memasak menyuapi buah hatinya dengan nugget ayam dan sayuran buatannya sendiri. Aning pribadi kurang yakin memberikan nugget kemasan di pasaran karena khawatir akan dosis pengawet dan MSG di dalamnya. Jadi Aning secara rutin menyiapkan nugget sayuran untuk buah hatinya.

Aning mengolah ayam bagian dada yang sudah dihaluskan dengan aneka sayuran yang dihaluskan seperti wortel, brokoli, dengan remahan almond, tepung jagung, telur, tepung terigu dan aneka bumbu. Membuatnya menjadi adonan dan mengukusnya dalam wadah loyang. Kemudian memotongnya persegi panjang untuk kemudian dilumuri merata dengan tepung roti. Adonan diolah tanpa adanya tambahan MSG dan pengawet sedikitpun.

Tak disangka, tetangga sekitar rumah malah tertarik dengan nugget buatan Aning. Mereka mulai memesan untuk anak-anak mereka. Ini bisa dikatakan titik awal dari bisnis rumahan potensial yang akan dikembangkan Aning.

Melihat adanya tanggapan positif di pasar, Aning memulai usahanya dengan lebih serius. Bermodal 200 ribu, Aning membuat sampel produk nugget sayuran untuk dibagikan gratis pada saat arisan dikawasan perumahan tempatnya tinggal.  Ternyata cara ini sukses membuahkan hasil memuaskan.

Pasca arisan tersebut, Aning kebanjiran pesanan sampai 40 pack nugget sayuran isi 250 gram. Pesanan yang membludak sempat pula membuat Aning bingung. Pasalnya sebagai ibu rumah tangga muda perangkat dapur milik Aning belum lengkap dan berukuran kecil.

Pusing karena harus memasak berulang kali dengan peralatan masak kecil, Aning akhirnya meminta suami meminjam ke kantor senilai 800 ribu untuk membeli perangkat dapur berukuran besar untuk mendukung kebutuhan usahanya. Sang suami juga turut membantu memasarkan produk nugget buatan Aning ke kantor. Dengan membawa sampel, kawan-kawan di kantor turut mencicipi nugget sayuran buatan Aning.

Pesanan Aning yang tadinya terbatas hanya pada kisaran 20 sampai 40 pack beranjak menjadi lebih dar 80 pack perhari. Usahanya yang belum genap 1 tahun kembali berhadapan dengan masalah keterbatasan kapasitas usaha. Mau tidak mau, Aning harus memberanikan diri membesarkan usahanya. Kali ini bukan hanya dengan memberli perangkat masak yang lebih besar, tetapi juga merekrut beberapa tenaga kerja.

Aning juga menjalin kerjasama dengan suplier daging ayam, biasanya Aning membeli ayam potong utuh. Sisa ayam yang berupa potongan tulang dengan daging yang tersisa di selanya diolah kembali oleh Aning menjadi sajian rica-rica balungan ayam yang dikemas dalam wadah mika 250 gram. Aning juga meluaskan jangkauan pasarnya dengan membuka sistem keagenan. Beberapa kerabat, tetangga juga rekan suami diajaknya sebagai agen di kantor masing-masing

Kini Aning sukses dengan 8 agen penjualan di sekitar Yogyakarta, dengan produksi harian yang sampai  25 kilo nugget sayuran atau sampai kisaran 100 pack nugget sehari. Aning juga merekrut setidaknya  4 orang tenaga kerja untuk membantuk proses produksi harian.

Baca juga: Berikut Ini 6 Ide Bisnis Berpenghasilan Besar Yang Sangat Menguntungkan.

Dari gambaran di atas bisa Anda lihat usaha ini Aning sukses menghasilkan omset hingga sekitar 20 jutaan perbulan. Ini satu bukti bisnis rumahan potensial yang diawali dengan modal serba pas-pasan. Hasilkan produk berkualitas dengan teknik pemasaran yang efektif, bisnis apapun dengan modal sekecil apapun bukan mustahil bisa mereguk sukses.

Penelusuran yang terkait dengan kemasan nugget rumahan, kemasan nugget, cara order naget fi pdesaan, Kemasan nuget rumahan, nugget ayam untuk usaha.

Ada pertanyaan atau komentar?