Desa Wisata Garongan menjadi destinasi wisata pedesaan yang memiliki sejarah dan berbagai wahana yang menarik. Mulai dari Sekolah, Pasar Ikan, Pembibitan, Camping Ground, dan masih banyak lagi lainnya.

Desa Wisata Garongan, Cocok Untuk Anda Yang Ingin Menikmati Alam
Desa Wisata Garongan, Cocok Untuk Anda Yang Ingin Menikmati Alam (Foto: Agus Yanu)

Saya yakin, pasti Sobat mulai penasaran dengan salah satu desa wisata di Sleman ini, kan? Berikut ini, akan kami jelaskan mengenai apa saja yang Ada di sana. Mulai dari Sejarah hingga hal-hal menarik yang wajib Anda ketahui sebelum kesana.

Konsep wisata yang ditawarkan sebenarnya sangatlah sederhana, yaitu adanya kolam ikan dengan dikelilingi gasebu. Desa wisata ini dibuka awalnya merupakan sebuah restoran kemudian disulap menjadi tempat wisata dengan berbagai wahana menarik.

Sebagai salah satu destinasi wisata, tak heran kalau daerah ini memiliki berbagai fasilitas untuk liburan. Seperti, Anda akan mudah menjumpai berbagai fasilitas wisata seperti homestay, restoran, dan lainnya.

Lebih Dekat Dengan Desa Wisata Garongan Sleman

Dahulu kala, ada sebuah desa yang dijadikan sebagai tempat persembunyian para “Garong” (pencuri). Di desa tersebut para Garong mendirikan rumah dan menyatu dengan para penduduk setempat.

Di Masa itu mereka merampok kekayaan untuk dibagikan kepada orang-orang yang tidak mampu. Kisah ini semacam Robin Hood-nya jaman kerajaan dahulu, yaitu hasil rampasannya digunakan untuk menghidupi rakyat miskin.

Seiring kehidupan yang terus membaik, kondisi alam yang bagus, serta kekayaan alam yang melimpah. Membuat para “Garong” berhenti dari kegiatannya tersebut, dan menjadi penduduk biasa.

  Museum Kayu Wanagama: Untuk Anda Yang Ingin Mempelajari Kehutanan

Bekerja di ladang, ternak, dan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan aturan dan tidak merugikan orang lain. Dari kisah-kisah tersebut, kemudian diabadikan menjadi nama desa ini, yaitu Garongan.

Yang saat ini, telah disulap menjadi salah satu desa wisata di Sleman yang menawarkan view Merapi. Jaraknya sekitar 14 km dari puncak Merapi, jadi tempat ini selalu menjadi tempat terbaik untuk melihat aktivitas merapi.

Nah, selain itu apa saja fasilitas yang tersedia? Yuk, simak selengkapnya di ulasan berikut ini;

Camping Ground

Hal yang dapat Anda lakukan saat berlibur di wisata desa ini, yaitu bisa melakukan camping. Apabila Anda berlibur bersama keluarga tentunya hal tersebut memang cukup menyenangkan.

Nah, mengenai peralatan camping maka Anda tak perlu merasa khawatir ataupun bingung karena sudah tersedia di desa wisata tersebut.

Tentunya, dengan nuansa yang sangat asri tersebut memang akan membuat sebagian besar wisatawan semakin merasa betah berlibur di desa Garongan.

Outbound

Berikutnya, Anda juga dapat melakukan kegiatan outbound di sekitar desa Garongan bersama rekan kerja. Di desa wisata yang satu ini tentunya sudah tersedia berbagai fasilitas outbound yang sangat memadai.

Tentunya, selain melakukan berbagai aktivitas outbound Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan menyenangkan dengan menikmati nuansa pedesaannya yang sangat asri dan menyejukkan.

Dengan demikian tentunya Anda tidak hanya berlibur tetapi juga dapat mengetahui berbagai wisata alam di sekitar Sleman.

  4 Wisata Kulon Progo Terbaru untuk Anda yang Ingin Menikmati Sejuknya

Wisata Kebun Salak

Anda juga bisa melakukan wisata kebun salak, hal tersebut tentunya disebabkan karena di daerah pedesaan yang satu ini memiliki berbagai perkebunan salak yang banyak buahnya. Tentunya, hal tersebut juga memberikan kemudahan Anda untuk memetik buah salak.

Treking Sungai

Selanjutnya, ketahuilah bahwa Anda juga dapat melakukan treking sungai di sekitar area desa wisata ini. Tentunya, dengan melakukan treking sungai maka akan semakin melatih kemampuan Anda dalam kegiatan alam.

Tentunya, hal tersebut juga sangatlah mengasah adrenalin. Dengan demikian pastinya akan membuat sebagian besar orang semakin merasa betah dengan berbagai nuansa alam yang ada di salah satu desa Garongan.

Memancing Ikan

Berikutnya, Anda juga dapat melakukan kegiatan memancing ikan di sekitar pedesaan yang disertai dengan adanya gasebu yang memudahkan Anda untuk menikmati berbagai pesona alam yang ada di sekitar pedesaan.

Selain itu, Anda pastinya dapat melakukan kegiatan memancing ikan dengan nuansa alam yang sangat asri dan menyejukkan.

Oke Sob, demikianlah informasi mengenai kegiatan yang dapat Anda lakukan di Desa Wisata Garongan. Yang tentunya membuat liburan Anda menjadi tak terlupakan bersama keluarga maupun teman baru.

Sejarah Desa Wisata Garongan

Lokasi: JL. Turi-Pakem, Garongan, Wonokerto, Turi, Kembang, Wonokerto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here