Selama ini orang Jogja kerap berharap juga bisa menikmati keindangan panorama alam pengunungan yang menawan layaknya kawasan Puncak Pass di Bogor sebagaimana biasa dijalankan oleh masyarakat Jakarta di hari libur mereka. Ternyata di kawasan Bantul, Anda bisa melepas hasrat Anda menikmati nuansa pegunungan dengan pesona yang tak kalah menawan dengan kawasan Puncak Pass, malah lebih mempesona. Temukan keindahan istimewa ini di kawasan wisata alam Mangunan.

Dari Kawasan Wisata Alam Mangunan, Menikmati Indahnya Ketinggian Bantul
Dari Kawasan Wisata Alam Mangunan, Menikmati Indahnya Ketinggian Bantul (Photo by, nnamariyana.tumblr.com)

Kawasan wisata alam Mangunan berada di Resort Pengelolaan Hutan Mangunan di daerah Dlingo, Mangunan, Bantul. Di kawasan wisata ini terdapat dua destinasi wisata yang memiliki daya pikatnya masing-masing, yakni:

  • Kebun Buah Mangunan
    Kawasan perkebunan buah yang berada di kawasan puncak dari daerah Bantul ini memang menjadi pusat industri agro tanaman buah di Yogya.Lokasinya cukup tinggi jadi Anda memang harus menempuh jalur menanjak menyusuri jalan desa dan membelah kawasan perkebunan yang kadang berliku dan sedikit curam.
    Di kawasan ini terdapat sederet perkebunan buah seperti durian, mangga, sawo, jambu air, duku, jeruk dan manggis. Di kawasan ini juga dapat Anda jumpai penangkaran beberapa tanaman langka seprti matoa juga usaha peternakan sapi.
    Udara yang sejuk, dengan kabut yang menghiasi lereng perbukitan menghadirkan nuansa bak di negeri atas awan di kebun buah Mangunan ini. Apalagi lokasi tingginya juga memberi Anda akses luas untuk menikmati Jogja dari ketinggian, terutama melalui gardu pandangnya.
  • Hutan Pinus Mangunan
    Kawasan wisata alam Mangunan juga memiliki kawasan hutan pinus yang menjadi favorit para pengunjung. Unik sekali menyusuri jalur tracking hutan pinus dengan pepohonan pinus menjulang, beberapa guratan sadapan di batang-batang pohon dan udara sejuk yang mendamaikan.
    Eksotisme hutan pinus nan cantik ini menjadikan kawasan ini menjadi favorit mereka yang melakukan kegiatan pemotretan, termasuk pula pemotretan pre wedding. Adna seperti tengah berada di hutan negeri antah berantah atau mungkin negeri Neverland dengan membingkai foto Anda dengan menjulangnya pepohonan pinus dan berlatar perbukitan di cakrawala.
    Di lokasi ini juga terdapat lokasi outbond Watu Abang yang terkenal dan area embung kecil yang lebih dikenal dengan sebutan air mata Bekung. Air mata berbingkai lereng dan tebing ini dikenal memiliki khasiat penyembuh oleh penduduk setempat.
Ini Dia Pesona Hutan Pinus Mangunan Seperti di Negeri Dongeng
Ini Dia Pesona Hutan Pinus Mangunan Seperti di Negeri Dongeng

Untuk bisa mencaai kawasan wisata alam Mangunan ini, Anda bisa menempuh jalur dari ke timur dari arah pertigaan kecamatan Imogiri. Terus ke timur sampai melewati kompleks makam raja Imogiri. Anda akan menjumpai papan petunjuk menuju daerah Mangunan.

Begitu Anda tiba di kawasan desa Mangunan, Anda akan menemukan papan petunjuk arah menuju kebun buah Mangunan dan hutan Mangunan. Jalur Anda di sini akan cukup menantang namun juga memikat dengan panorama kawasan wisata alam Mangunan yang luar biasa. Tidak mudah dicapai memang, tetapi jelas sebuah perjalanan yang tidak akan mengecewakan Anda.

Baca juga : Obat Haus Yang Seru Di Kawasan kampus Jogja, Café Jogja Tombo Ngelak

Ada pertanyaan atau komentar?