Cobain nih, Mangut Lele Jogja Penggugah Selera Dari Imogiri
Cobain nih, Mangut Lele Jogja Penggugah Selera Dari Imogiri
Cobain nih, Mangut Lele Jogja Penggugah Selera Dari Imogiri
Cobain nih, Mangut Lele Jogja Penggugah Selera Dari Imogiri

Mangut lele Jogja memang sebenarnya salah satu hidangan khas di Jogja yang sudah terlanjur tenggelam dibalik poularitas gudeg dan makanan khas Jogja lain. Padahal hidangan satu ini terbilang nikmat dan menggoda selera.

Salah satu penjual mangut lele yang masih bertahan dari gerusan masa adalah mangut lele bu Is, berlokasi di Imogiri Barat, warung ini tetap bertahan sejak tahun 1977. Nama besarnya bahkan bia menyulap warung makan yang dulu hanya berupa warung bambu biasa menjadi sebuah rumah makan permanen yang cukup layak. Dan soal hidangan mangut lelelnya, jangan khawatir masih tetap bertahan dalam rasa yang sama hingga kini.

Bagi Anda yang belum mengenal mangut lele, makanan satu ini sekilas mirip dengan gulai. Dengan warna yang mirip dan aroma yang sekilas juga mirip. Hanya saja sudah tentu daging yang dipakai adalah lele. Lele sendiri bisa dikatakan jenis ikan yang paling populer di kawasan Jogja.

Hanya saja, mangut lele tidak memiliki kuah pekat dan kental. Meski menggunakan santan, kuahnya terasa lebih ringan dan cair .kuah semacam ini membuat hidangan tidak terasa eneg. Mungkin untuk mengimbangi aroma ikan.

Ohya…satu lagi, ada aroma kencur ringan yang muncul pada bumbu. Jelas berbeda dengan bumbu gulai yang tidak menggunakan bumbu kencur. Dan itu pula yang membuat hidangan mangut lele seakan akan mendorong selera makan, katanya memang begitu manfaat dari bumbu kencur.

Dan bicara soal mangut lele Jogja yang disediakan di warung Bu Is satu ini, rasanya memang istimewa. Tampaknya mereka sangat fasih meracik bumbu lengkap dengan takaran kuah yang tepat. Jadi jangan tanya bagaimana nagihnya mangut lele bu Is ini.

Apalagi hidangan ini juga ditemani oleh beberapa teman sajian macam urap sayuran, trancam, oseng oseng Lombok ijo, sayuran segar untuk lalap, tempe bacem dan gembus bacem juga tak lupa sambal terasi yang dijamin super pedas. Tidak belebihan kalau kemudian beberapa kali warung mangut lele bu Is ini diliput berbagai acara makan-makan di televisi seperti acara Bondan Winarno dan Benu Boelo.

Jadi ikutan ingin mencicipi hidangan khas Jogja yang satu ini? Anda bisa menempuh perjalanan ke selatan memalui jalan Imogiri Barat, di km 12. Tepat di utara perempatan Jetis, daerah Bulus. Siapkan sekitar dana 15 ribu sampai 25 ribuan untuk memuaskan selera Anda sampai kenyang dengan mangut lele dan sajian lainnya.

Anda boleh pilih untuk menikmatinya sebagai menu sarapan, makan siang atau sekedar pengganjal perut di sore hari. Sayangnya kalau malam warung makan ini sudah tutup. Karena mangut lele Jogja yang legendaries satu ini hanya buka dari pukul 08.30 sampai 17.00 saja.

Baca juga : Sate Karang Kotagede, Legenda Kuliner Kota Tua Kotagede Jogja

Photo by, foodspotting.com

lele penggugah selera

LEAVE A REPLY