Lompat ke konten

Biaya Balik Nama Motor Jogja (Satu Kota, Lebih Murah Mengurus Sendiri)

Bagikan ke sosmed kamu

Berapa sih biaya balik nama motor Jogja? Untuk mengetahui berapa kisaran biaya balik nama, sebaiknya Sobat baca terlebih dahulu. Langkah-langkah berikut, kebetulan ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Biaya Balik Nama Motor Jogja (Satu Kota, Lebih Murah Mengurus Sendiri)
Biaya Balik Nama Motor Jogja (Satu Kota, Lebih Murah Mengurus Sendiri) (Foto: SobatJogja.com)

Saya yakin Sobat yang menemukan artikel ini, pasti sepemikiran dengan saya. Yaitu, setiap kali mau memperpanjang STNK harus “nembak”. Tentunya, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Sehingga, Balik Nama adalah solusi tepat, supaya kedepan mengurus perpanjangan jadi lebih mudah.

Dan kebanyakan, yang melakukan proses balik nama ini adalah mereka yang telah membeli motor bekas. Karena saat membeli motor bekas, tentu saja semua masih atas nama pemilik lama. Sehingga, proses balik nama ini di pandang perlu, jika motor bekasnya bukan untuk dagangan (kulakan).

Saran: Pada saat jual-beli motor bekas, pada bukti pembayaran / kwitansi harap mencantumkan tanda tangan di atas materai 10.000.

Oke Sob, langsung saja… Ada berkas-berkas yang perlu disiapkan sebelum memulai.

Syarat Balik Nama Motor Jogja / Kendaraan Bekas

Berikut merupakan berkas-berkas yang wajib Anda bawa sebelum pergi ke Samsat Kota Yogyakarta. Supaya tidak bolak-balik…

  1. KTP Asli Pemilik Baru (Fotocopy 2x)
  2. Kwitansi / Bukti Pembayaran yang telah di tanda tangani di atas materai 10.000 (Fotocopy 2x)
  3. STNK Asli (Fotocopy 2x)
  4. BPKB Asli (Fotocopy 2x)
  5. Uang Cash (Tunai)
  6. Bawa Kendaraan yang akan diproses balik nama.

Datang sendiri, karena jika diwakilkan atau mewakilkan orang lain, pastinya agak ribet.

Proses Balik Nama Motor

Perlu diperhatikan, bahwa proses atau prosedur yang harus Sobat lewati ini cukup banyak. Saya sarankan, Sobat membaca tahapan-tahapan berikut ini, untuk meminimalisir bolak-balik (seperti yang saya alami).

1. Ruang Cek Fisik

Ruang Cek Fisik Samsat Yogyakarta
Ruang Cek Fisik Samsat Yogyakarta (Foto: SobatJogja.com)

Setelah Sobat melengkapi syarat balik nama kendaraan yang tadi saya sebutkan (siapkan dari rumah). Selanjutnya langsung saja menuju, ruang cek fisik. Diruangan ini, nanti berkas-berkas Sobat akan diperiksa kembali.

Jika, tidak ada masalah, nanti akan diberikan stiker untuk gesek nomor rangka & mesin, serahkan saja ke petugas Gesek. Jika sudah, nanti kembalikan ke ruangan Cek Fisik tadi. Selanjutnya Sobat akan menerima surat Hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor.

Saran: Surat tersebut, silahkan di fotokopi 2x, gabungkan dengan berkas-berkas yang tadi.

2. Ruang Pendaftaran

Ruang Pendaftaran Balik Nama - Samsat Yogyakarta
Ruang Pendaftaran Balik Nama – Samsat Yogyakarta (Foto: SobatJogja.com)

Silahkan menuju, ruang pendaftaran (lokasinya masih disekitar ruang cek fisik, tepatnya sisi utara) nanti hanya diperiksa saja, jika sudah aman. Lanjut ke Ruang Penomoran.

Baca Juga:  Tips & Trik - Ajari Anak Menggunakan Internet Sejak Dini, Supaya Terhindar Dari

3. Ruang Penomoran

Ruang Penomoran - Samsat Yogyakarta
Ruang Penomoran & Duplikat BPKB – Samsat Yogyakarta (Foto: SobatJogja.com)

Diruang penomomoran, berkas-berkas akan deperiksa kembali. Di klip sesuai berkas-berkas yang kita bawa tadi. Nanti, jangan lupa di cek apakah sudah di stempel atau belum, jika sudah Sobat sebetulnya sudah dapat nomor kendaraan.

Tapi belum di sahkan saja, lanjut ke ruangan berikutnya. Ohya Sob, lokasi Ruang Penomoran ini agak Mojok, persisnya sisi Timur Masjid, atau kalau dari Ruang BPKB. Pergi ke arah selatan, nanti ketemu Masjid ada tanda Ruang Penomoran (lihat atas), lalu ke arah timur.

Tips: Rapikan berkas-berkas tadi (yang sudah di fotokopi 2x) pisahkan seperti ini:

  • KTP fotokopi
  • STNK fotokopi
  • BPKB fotokopi
  • Kwitansi/Bukti pembayaran fotokopi
  • Surat Hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor fotokopi

Masing-masing, supaya petugas lebih mudah saat memeriksa.

4. Ruang BPKB

Ruang BPKB - Samsat Yogyakarta
Ruang BPKB – Samsat Yogyakarta (Foto: SobatJogja.com)

Pergi ke Loket 1 A (Pendaftaran Perubahan). Seperti biasa, berkas-berkas Sobat akan diperiksa kembali. Jika sudah OK, nanti akan mendapatkan nomor pembayaran, silahkan langsung saja menuju Loket pembayaran.

Lokasinya berada di sebelahnya, jika sudah melakukan pembayaran kembalikan kwitansi ke Loket 1 A. Untuk itu, pastikan Sobat membawa uang cash (tunai) yang cukup, karena mereka hanya penerima pembayaran tunai.

Jika pemeriksaan selesai, dan proses pembayaran Sudah Selesai. Nanti, sobat dapat Nomor Resi Pengambilan Mutasi (harap simpan baik-baik). Untuk waktu pengambilan BPKB & TNKB memerlukan 14 hari kerja.

Proses masih lanjut Sob, sekarang kita kembali ke Ruang Pendaftaran setelah cek Fisik Tadi. Tapi… sekarang ke Sebelahnya yaitu Loket Formulir.

5. Loket Formulir

Di loket formulir ini, tentu saja kita akan diberikan formulir yang nantinya akan dibawa ke ruang Samsat. Sekaligus pemeriksaan terakhir, sebelum kita lanjut ke Loket Pendaftaran & Penetapan.

6. Ruang Samsat

Ruang Samsat Kota Yogyakarta
Ruang Samsat Kota Yogyakarta (Foto: SobatJogja.com)

Langsung saja pergi ke Loket Pendaftaran & Penetapan, serahkan berkas-berkas tadi ke petugas nanti nunggu dipanggil saja. Jika sudah, nanti kita di minta untuk mengisi tanggal, nomor kendaraan yang baru, nama sesuai KTP, alamat, dan Nomor telpon yang bisa dihubungi.

Setelah itu, Sobat akan kembali diberikan Tanda Terima STNK yang baru akan selesai 7 hari kerja. Nah, sekarang sobat sudah memegang 2 nomor resi/bukti, simpan baik-baik karena itu yang akan kita gunakan untuk mengambil STNK + TNKB & BPKB.

Pengambilan STNK di ruang Samsat, dengan membawa Tanda Terima & KTP Asli (Kertas PINK). Dan TNKB di ruang TNKB (lokasinya di depan pintu masuk, dekat tiang bendera). Lalu, untuk Pengambilan BPKB di ruang BPKB dengan membawa Resi Pengambilan Mutasi BPKB dan STNK + KTP Asli (14 hari).

Baca Juga:  Cara Membuka Rekening Bank BPD DIY Terbaru - Kita Berkembang Bersama

Biaya Balik Nama Motor Jogja

Adapun biaya yang nantinya akan dikenakan, untuk Balik Nama Kendaraan Bermotor Wilayah Yogyakarta

Tarif Bea Balik Nama di Yogyakarta ialah 1% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)

  • Penerbitan BPKB Rp 225.000 *
  • Biaya Balik Nama (BBN) Rp 151.300 *
  • Perbitan STNK Rp 100.000
  • Penerbitan TNKB Rp 60.000
  • Biaya fotokopi, kurang lebih Rp 5.000

Catatan: * Sampai artikel ini dibuat, saya baru membayar Rp 225.000, artikel akan saya update, karena pengmbilan STNK 7 hari lagi, dan BPKB 14 hari lagi.

Update: * Setelah 7 hari saya kembali ke Samsat Kota Yogyakarta. Kemudian, menyerahkan Tanda Terima (Kertas PINK) di ruang Samsat. Lalu, Anda akan diminta untuk menuju Loket 3 dan melakukan pembayaran BBN.

Biaya Balik Nama (BBN) ini tergantung, nilai jual kendaraan Anda, jadi walaupun Anda membeli di bawah harga jual (baru), yang di hitung tetap harga awal (beli baru). Setelah Anda membayar BBN, selanjutnya mengantri lagi di loket BRI.

Di Loket BRI Anda, akan diminta untuk membayar STNK & TNKB, jika sudah selesai proses pembayaran maka Anda akan mendapat STNK baru (jangan lupa minta plastiknya). Selanjutnya, bawa STNK baru tadi ke Loket Percetakan & Pengambilan Plat Nomer.

Sebelum kesana, Fotokopi terlebih dahulu STNK Baru Anda, tempat fotokopinya dekat Loket Percetakan & Pengambilan Plat Nomer (sisi utara). Setelah itu, serahkan STNK Asli & Fotokopinya ke petugas.

Tunggu sekitar 10 menit, Plat Nomer Anda selesai di cetak, sampai disini proses pengambilan STNK & TNKB sudah selesai. Setelah 7 hari ini, tambahan pengeluaran yaitu Rp 311.300, jadi total sejauh ini yaitu Rp 536.300.


Jika menggunakan jasa, kisaran Rp 800.0001 juta-an. Tentu saja, jika Sobat sangat sibuk, dan tidak ada waktu luang akan sangat terbantu.

Kecuali Sobat, meluangkan waktu sekitar 2 jam-an. Saya mulai memproses sekitar pukul 08.00 WIB, selesai sekitar 09.45 WIB, itupun karena saya harus bolak-balik.

Nah, untuk itu, jika Sobat mengikuti langkah-langkahnya dari awal, bakalan mengurangi Bolak Balik seperti yang saya alami. Sehingga proses balik nama motor Jogja bisa selesai dengan cepat (efektif & efisien).


Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.