Ide peluang usaha rumahan satu ini merupakan satu contoh usaha yang bisa menginspirasi Anda yang sedang mencari ide usaha baru dan berminat untuk memanfaatkan aset lahan pekarangan di rumah Anda yang terbatas.

Ide usaha ini berawal dari fakta bahwa kebutuhan akan produk pertanian seperti sayur mayur tidak mengenal batas ruang dan lokasi. Baik di kota maupun di pedesaan, permintaan sayur mayur tetap dalam rate yang tinggi, sementara suplai sayuran di perkotaan kebanyakan datang dari pedesaan.

Peluang Usaha Rumahan Agro Modern Dengan Sistem Hidroponik
Peluang Usaha Rumahan Agro Modern Dengan Sistem Hidroponik (Photo by, rvivacqua)

Kondisi ini menarik untuk menjadi dasar bagi Anda yang bertinggal di kawasan perkotaan untuk menjajal peruntungan pada usaha agro sayuran. Hanya saja kebanyakan orang mengeluhkan rintangan ketersediaan lahan untuk mencoba membuka sebuah usaha pertanian di kawasan perkotaan. Inilah pula yang kemudian mendorong terbukanya satu ide peluang usaha rumahan dengan sistem pertanian hidroponik.

Usaha pertanian hidroponik adalah sebuah sistem usaha agro modern yang bisa Anda kembangkan di lahan terbatas dengan hanya mengandalkan sistem perairan yang terkendali dan tersuplai dengan baik. Cara pertanian ini bahkan memberi Anda lebih dari sekedar pertanian praktis di lahan sempit tetapi juga pertanian yang mampu menghasilkan produk sayur dengan kualitas kesegaran lebih baik dan sehat.

Teknik hidroponik sebenarnya bukan cara anyar dalam dunia agro, namun kebanyakan orang menjadi asing dengan konsep pertanian tanpa tanah ini karena membutuhkan sistem instalasi perairan spesifik yang tidak dipahami kebanyakan orang. Padahal sebenarnya sistem instalasi dalam pertanian hidroponik ini terbilang sangat sederhana dan mudah dijalankan asal Anda bersedia meluangkan waktu khusus untuk mempelajarinya.

Sebagaimana yang dijalankan oleh seorang pemuda dari kota Jakarta, sebut saja bernama Rizal. Pria yang masih duduk di bangku kuliah ini melihat adanya peluang usaha rumahan pertanian hidroponik yang bisa dikembangkannya di area atap rumah kediaman keluarganya.
Selama ini atap rumah hanya dijadikan area jemur pakaian belaka dan tidak produktif. Begitu Rizal mendengar adanya peluang usaha rumahan dengan pertanian hidroponik, Rizal langsung mencari tau dimana bisa menemukan pelatihan memadai untuk pertanian non konvensional ini.

Pemikiran ini menghantarkan Rizal mendarat di salah satu pusat pertanian hidroponik di kawasan Bogor, Parung Farm. Parung Farm sendiri adalah sebuah usaha modern yang menyediakan beragam jenis sayuran segar semi organik dengan sistem pertanian hidroponik. Dalam satu hari Parung Farm memproduksi setidaknya 700 kg sayuran dan mensuplai berbagai super market di Jakarta.

Beruntung pasca berlatih beberapa bulan dalam pelatihan asuhan Parung Farm, Rizal malah mendapatkan penawaran menjadi suplier sayuran untuk Parung Farm. Meski sudah memproduksi sampai 700 kg, Parung Farm masih membutuhkan suplai sayuran hasil hidroponik untuk memenuhi permintaan yang masuk.

Inilah yang kemudian dikembangkan oleh Rizal. Berbekal modal hanya pada kisaran  juta, Rizal membangun sendiri sistem instalasi hidroponik pada atap rumahnya. Rizal sendiri yang membangun instalasi berbahan plaron berkualitas dan sistem perairan dengan pipa kapiler kecil. Di awal Rizal menekuni penanaman aneka sayuran populer macam bayam dan kangkung.

Usaha hidroponik memberika hasil produksi yang berbeda. Suplai air menyebabkan sayuran menjadi segar lebih lama dengan kadar air yang tinggi. Sayuran hasil hidroponik juga lebih tahan kuman dan lebih bandel. Namun demikian untuk memastikan keamanan, Rizal memasang sistem kelambu sebagai pengganti sistem rumah kaca yang biasa Anda kenal. Inilah alasan utama kenapa sayuran hidroponik digemari.

Dan terbukti, asumsi Rizal akan bisnis kecilnya ini bukan sekedar hisapan jempol belaka. Panen pertamanya setelah 1bulan penanaman membuahkan hasil memuaskan. Dalam panen pertama saja, Rizal sukses membukukan omset sampai jutaan.

Yang menarik dari peluang usaha rumahan satu ini karena memiliki tingkat efisiensi tinggi. Anda bisa memanfaatkan lahan terbatas dengan teknik instalasi tertentu sehingga Anda bisa menanam lebih banyk di atas lahan terbatas. Itu sebabnya meski memakan biaya instalasi yang lebih mahal, hasil justru lebih meyakinkan bukan hanya soal kuantitas tetapi juga kualitas.

Baca juga: Cerita Kopi, Tempat Nongkrong di Jogja Yang Syahdu Enak

Dan jangan lupa dengan kualitas sayuran yang masih sangat terjaga, jangan heran kalau keuntungan usaha ini bisa mencapai 20 % lebih baik dari usaha pertanian lain. Makin penasaran kan bagaimana membuka peluang usaha.

hidroponik rumahan, usaha hidroponik rumahan, contoh bisnis anak agro yg sdang kuliah, bisnis hidroponik rumahan, bisnis rumahan di kampung, hidroponik modern, hidroponik produksi rumahan, hidroponik semi modern

Ada pertanyaan atau komentar?