Berburu Olahan Buah Pisang, Sebagai Oleh – Oleh Kuliner Khas Jogja
Berburu Olahan Buah Pisang, Sebagai Oleh – Oleh Kuliner Khas Jogja
Berburu Olahan Buah Pisang, Sebagai Oleh – Oleh Kuliner Khas Jogja
Berburu Olahan Buah Pisang, Sebagai Oleh – Oleh Kuliner Khas Jogja

Kuliner Khas Jogja – Buah Pisang, siapa yang tidak mengenal dengan buah tropis satu ini ? saya rasa hampir di penjuru dunia tahu buah berdaging kuning ini. Buah yang tumbuh subur di Negara –negara tropis membuat pisang menjadi salah satu kudapan yang teramat familiar. Cara menikmatinya pun di tiap Negara, tiap daerah selalu berbeda, dan beragam.

Bahkan di Negara – Negara Eropa buah pisang merupakan salah satu buah favorite semua kalangan. Di Indonesia sendiri, buah pisang memang telah menjadi primadona dan bahkan pohonya-pun tumbuh subur dimana – mana. Olahanya pun beragam, bahkan pemanfaatan secara industry telah membuat pisang sebagai salah satu kuliner olahan kuliner khas Jogja. Tumbuhnya pun unik, ada yang memang sengaja di tanam, ada pula yang tahu – tahu tumbuh di belakang pekarangan rumah.

Cerita Masyarakat

Sedikit tambahan, walau dari Sabang sampai Merauke buah pisang tumbuh subur dengan beragam jenih serta hasil olahanya. Ada daerah tertentu yang bahkan sema sekali tidak memanfaatkan buah sumber steroid satu ini. Saking tidak dimanfaatkanya, tiap kali dijumpai pohonya tumbuh langsung ditebang, atau di biarkan tumbuh sampai membusuk.

Sama saja seperti buah segar lainya, ada saja diantara maysarakat yang sedari kecil memang sudah tidak suka mengkonsumsi buah kaya vitamin c ini. Beredar pula cerita – cerita misteri yang menyelimuti pohon – pohon pisang dikalangan masyarakat. Itulah, mengapa diantara mereka ada yang sengaja mengkonsumsi sementara lainya takut yang bukan – bukan soal buah pisang.

Pemanfaatan Secara Bisnis

Berdasarkan data pusat statistic pemanfaatan buah pisang di Indonesia ini telah meranah industry baik untuk konsumsi di Indonesia maupun untuk ekspor ke mancanegara. Penghasil buah pisang terbesar tentunya wilayah Indonesia timur, seperti Makassar, Ambon, Maluku, atau di sebagian wilayah Papua.

Jenis buah pisang untuk Industry

  • Pisang kepok
  • Pisang raja
  • Pisang susu
  • Pisang tanduk
  • Serta jenis ragam pisang lainya.

Pemanfaatan secara bisnis ini tentu sudah dimanfaatkan betul oleh para pengusaha – pengusaha kreatif. Mereka sangat cerdas mengolah buah pisang menjadi salah satu kudapan yang tidak hanya sehat tapi juga lezat. Secara umum pebisnis kuliner memanfaatkan buah pisang menjadi olahan kripik, gorengan, rebusan, serta bahan dasar penganan olahan kuliner khas Jogja.

[#PisangCeria] siap tembus pasar kuliner olahan pisang

Beragamnya olahan pisang memang tidak diragukan lagi, inovasi yang menghasilkan sebuah kuliner unik mempesona untuk disantap. Ialah #dpiesgor yang merupakan salah satu diantara pebisnis kuliner yang memanfaatkan penggunaan buah pisang. Diolah secara umum yaitu digoreng, namun dengan inovasi berbeda tentunya.

Yup, buah pisang dipotong stick ala French fries lalu di baluri adonan tepung, kemudian digoreng hingga gurih. Belum cukup itu, kemudian di shake gula ajaib dan kemudian ditaburi topping yang anda sukai. Untuk pilihan toppingnya beragam, anda bisa pilih sendiri yang anda suka.

Soal rasa memang gak pernah bohong, perlahan kini dari hari ke hari lebih dari 20 box #dpiesgor telah dinikmati para penikmatnya (Papoy). Harga pelajar memang pas, bahkan sebanding dengan cita rasa yang ditonjolkan, bahkan untuk menjaga kualitas rasa sang chef memilih sendiri pisang terbaik yang tepat untuk diolah menjadi #pisangCeria.

Penasaran rasanya seperti apa ?

Untuk informasi silahkan baca : Kulinar Jogja Addict Ala Pisang Ceria dari D’Piesgor Jogja

Nah, demikian tadi kisah romantic kita mengenai bahan olahan pisang, yang sedikit di drama tisir. Anyhow kita sudah cukup tahu dan jelas bahwa buah kaya mineral ini tidak hanya lezat tapi juga sangat bergizi tinggi. Lalu gimana ya rasanya setelah di olah menjadi kuliner khas Jogja ? Silahkan coba dinikmati.

Baca juga : Pesona Hutan Pinus Mangunan, Seru dan Penuh Fantasy

Photo by, instagram.com/dpiesgor

olahan pisang, bisnis olahan pisang

LEAVE A REPLY