Nama Siklon Tropis – Badai yang baru-baru ini melintasi wilayah Indonesia telah mengakibatkan kerusakan cukup parah di beberapa wilayah. Terutama di wilayah terdampak yang dilintasi oleh Siklon Tropis.

Rahasia Dibalik Nama Siklon Tropis Yang Melintasi Wilayah Indonesia
Dampak Siklon Tropis: Pagar luar area Goa Kiskendo, Girimulyo Rusak Akibat Pergerakan Tanah (29/11/2017) (Photo by, Isno)

Salah satu nama Siklon tropis yaitu, Cempaka. Yang menyebabkan curah hujan sangat tinggi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Akibat curah hujan tinggi tersebut, beberapa wilayah seperti Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo mengalami banjir dan tanah longsor.

Badai pasti berlalu, demikianlah kutipan lirik dari sebuah lagu yang dinyanyikan oleh om Ebiet. Kini badai telah berlalu, saat ini masyarakat bergotong royong dibantu personil TNI untuk kembali bangkit.

Namun, mungkin diantara kita ada yang penasaran, mengapa nama Siklon tropis yang menerjang beberapa waktu lalu, dinamai bunga-bunga yang terkenal kecantikannya?

Dibalik itu semua ternyata BMKG memiliki alasan yang mendalam, mengapa nama siklon tropis tersebut dinamai bunga-bunga.

Menurut BMKG, supaya memberi kesan yang tidak menyeramkan di masyarakat, karena dampaknya yang buruk, angin kuat, hujan lebat, banjir, dan longsor.

Berikut adalah Daftar Nama Siklon Tropis tersebut

  1. Anggrek
  2. Bakung
  3. Cempaka
  4. Dahlia
  5. Flamboyan
  6. Kenanga
  7. Lili
  8. Mangga
  9. Seroja
  10. Teratai

Mungkin yang no. 8 adalah spoiler tentang daftar nama siklon tropis baru yang melintasi wilayah Indonesia. Kalau sebelumnya dinamai bunga-bunga’an, kali ini dinamai buah-buah’an yang statusnya masih stand-by.

  • Anggur
  • Belimbing
  • Duku
  • Jambu
  • Lengkeng
  • Melati
  • Nangka
  • Pisang
  • Rambutan
  • Sawo

Well, semoga nama-nama buah tersebut tidak mengingatkan kita akan dampak yang diakibatkan seperti Siklon tropis sebelumnya.

Tentu saja, terlepas dari itu semua.

Mari, kita berdoa untuk saudara-saudara kita se-Indonesia, yang terkena dampak Siklon Tropis, agar selalu diberi ketabahan.

Mengingatkan selalu, untuk berhati-hati dengan berita palsu (hoax) yang menyesatkan, untuk informasi cuaca silahkan cek di Info BMKG langsung ke sumbernya. Dan jangan mudah percaya maupun ter-provokasi, pastikan untuk selau mengecek langsung kebenarannya.

Semoga informasi ini bermanfaat, kalau Sobat suka dengan informasi seperti ini jangan lupa share dan komen sampaikan opini Anda tentang pemberian nama Siklon tropis ini di kolom komentar.

Semoga esok lebih cerah, enjoy sobatjogja.com

Ada pertanyaan atau komentar?