Alkid Jogja – Merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja yang menawarkan suasana Yogyakarta yang syahdu. Berlokasi di selatan yang sekaligus menjadi taman belakang untuk rekreasi Istana Kraton Yogyakarta. Atau lebih tepatnya berada di kawasan Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta.

Alun-alun Kidul Yogyakarta kerap menjadi primadona para wisatawan untuk berwisata di Pagi, Siang, Sore, Maupun Malam. Seolah-olah Alkid akan selalu menemani aktifitas liburan Anda kapanpun.

Alkid Jogja Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta Yang Terbagi Zona Waktu

Oleh karenanya, kami akan membagi tiga zona nyaman #eh zona waktu, kira-kira apa saja yang bisa Sobat lakukan pada waktu-waktu tersebut.

Pagi

Playon Alkid Alun Alun Kidul Jogjakarta
Playon Alkid Alun Alun Kidul Jogjakarta (Photo by, instagram.com/effy_wp)

Pada pagi hari, aktivitas di Alkid lebih sering digunakan sebagai tempat olahraga, jogging, senam, jalan sehat, dan beragam aktivitas olahraga lainnya. Bahkan, disana terdapat komunitas lari yang terdiri dari lintas generasi yaitu Playon Alkid Jogja.

Mungkin Anda yang gemar olahraga, bisa ikut bergabung dengan berjogging ria bersama mereka. Selain itu, aktivitas pagi lainnya yaitu Sarapan, nah di sini terdapat beragam kuliner untuk menemani sarapan Anda.

Mulai dari Soto, Soup, Bubur, dan beragam menu sarapan yang bisa Anda coba. Dan kalau pagi hari, lebih cocok memang sebagai tempat aktivitas olahraga bersama keluarga. Terlebih lagi, Sobat bisa istirahat setelah olahraga dengan ragam menu sarapan.

Siang

Nasi Brongkos Handayani Alkid Yogyakarta
Nasi Brongkos Handayani Alkid Yogyakarta (Photo by, sobatjogja.com)

Kalau di siang hari, Alun-alun Kidul Yogyakarta menjadi tempat singgah untuk istirahat makan siang. Karena, di sekitar Alkid ada banyak tempat makan siang yang legendaris seperti Brongkos Handayani.

Atau beragam minuman segar seperti es cendol, es doger, es dawet, rujak dan masih banyak lagi lainnya. Beragam cemilan juga ada, seperti lotek, batagor, siomay, gado-gado, yang tentu saja menjadi menu santap siang Sobat.

Sore

Alkid Jogja Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta Yang Terbagi Zona Waktu
Alkid Jogja Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta Yang Terbagi Zona Waktu (Photo by, instagram.com/kokoe_dejavu)

Yup, setelah waktu Ashar, Alkid kembali menjadi tempat olahraga, sama seperti waktu pagi hari. Kebanyakan orang akan menghabiskan waktu menjelang malam dengan berolahraga maupun aktifitas santai lainnya.

Biasanya komunitas lari Playon Alkid akan berkumpul dan mulai aktifitas dengan jogging ringan. Lebih tepatnya, kalau di waktu sore orang-orang kebanyakan akan menghabiskan waktu menikmati senja alias Nyore.

Malam

Wisata Malam Alun – Alun Selatan
Wisata Malam Alun – Alun Selatan (Photo by, christian_wohangara)

Nah, kalau malam Alkid Jogja menjadi tempat wisata Jogja di malam hari yang pas buat Anda untuk menikmati suasana Jogja. Bersama keluarga maupun teman, dan pasangan Anda, karena disini berubah menjadi taman bermain di malam hari.

Ada kendaraan berkelap-kelip yang dapat Sobat sewa, untuk mengelilingi Alkid. Dan pastinya bagi Anda yang ingin lewat Alkid di malam hari, akan terjebak macet. Jadi, sebaiknya hindari saja Alkid, kalau hanya ingin lewat.

Bagi Anda penikmat kuliner, tak perlu khawatir karena pada malam hari, menu yang disajikan sangat mendukung. Seperti sajian hangat wedang ronde, wedang jahe, kopi, nasi goreng, bakmie, dan masih banyak lagi, untuk Anda yang ingin makan malam dijamin puas.

Tentu saja, pada malam hari Sobat bisa mencoba melewati tengah-tengah antara dua beringin yang konon katanya. Kalau, Sobat berhasil melewati tengah antara dua beringin dengan menutup Mata, harapan Anda bakalan terwujud.

Begitulah kepercayaan, yang kiranya sudah bertahan hingga saat ini. Well… Sobat bisa pecaya atau tidak, yang jelas pakai saja kesempatan ini untuk bersenang-senang. Ada juga tempat lesehan, yang dapat Sobat gunakan untuk duduk sembari melihat sekeliling Alun-alun Kidul Yogyakarta yang mempesona.

Perhatian

Pastikan Sobat parkir yang rapi, sesuai dengan arahan para juru parkir, dan sebelum parkir ada baiknya bertanya tarif parkirnya terlebih dahulu. Terutama bagi Anda, pemilik kendaraan pribadi seperti Mobil. Dan sebelum menyewa apapun itu, jangan sungkan untuk bernegosiasi harga, kalau tidak cocok jangan dipaksakan ya Sob.

Altenatif untuk Anda yang tidak ingin ribet dengan persoalan parkir, jaman now sudah bisa menggunakan aplikasi ojek maupun taksi online.

Penutup

Oke Sob, demikianlah ragam aktivitas yang dapat Sobat kerjakan dalam ragam Zona waktu di Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta yang Istimewa.

Mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga suasana tetap kondusif, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait tentang alkid dipagi hari.

Ada pertanyaan atau komentar?