Salah Satu Wisata Jogja Yang Bersejarah
Salah Satu Wisata Jogja Yang Bersejarah

Wah, udah sekian lama belum nge-posting tempat-tempat menarik di Yogyakarta. Kesibukan kuliah dan pekerjaan yang harus di selesaikan, membuat saya rindu akan berkeliling lagi. Kali ini kita akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan sejarah. Tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang wisata sejarah di Yogyakarta. Wisata Jogja satu ini berhubungan dengan budaya Jawa yang sudah berumur lebih dari setengah millennium.

Saya masih mengingat saat masih duduk di Sekolah Dasar, ketika pelajaran kesenian kita dikenalkan dengan tokoh-tokoh wayang yang terdapat pada cerita pe-wayangan. Nah, tepat sekali kali ini kita akan membahas tentang wayang kulit yang merupakan budaya leluhur kita yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Untuk lebih mengetahui sedikit tentang wayang, perlu anda ketahui ada berbagai jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia ini.

Mulai dari wayang kulit, wayang orang, wayang kayu, wayang rumput, dan wayang motekar. Dan penting anda ketahui UNESCO pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai warisan dunia tak benda asli Indonesia. Yang merupakan sebuah warisan Mahakarya yang tak ternilai dalam seni bertutur. Maka sudah sepantasnya kita melestarikan budaya leluhur kita ini dengan menyaksikan pertunjukan wayangnya dan menghormati dalang nya.

Nah, di utara alun-alun selatan, tepatnya di Sasono Hingil merupakan tempat yang paling sering mementaskan pertunjukan wayang. Di tempat ini tepatnya hari minggu ke-dua dan ke-empat biasanya diadakan semalam suntuk mulai dari pukul 21:00 wib. Selain di Sasono Hingil, tempat wisata Jogja yang menampilkan pertunjukan wayang adalah Bangsal Sri Maganti yang berada di Keraton Yogyakarta namun hanya berdurasi 2 jam mulai pukul 10:00 wib pagi setiap hari sabtu.

Di Indonesia pertunjukan wayang tidak hanya ada di pulau Jawa saja, sebab kebudayaan wayang ini juga terdapat di pulau Dewata Bali, Sumatra, dan juga semenanjung Malaya. Dalang merupakan seniman yang paling hebat menurut saya, sebab dalam pertunjukan wayang semalam suntuk beliau akan memainkan ratusan karakter yang ada di pewayangan.

Salah satu tempat menarik yang wajib anda kunjungi kali ini adalah wisata sejarah yang mengesankan. Wisata Jogja juga akan terus berlanjut, agar kita bangsa Indonesia lebih mengingat kembali bahwa kita adalah bangsa yang hebat. Kita memiliki jutaan budaya yang merupakan warisan leluhur kita, nah sudah semestinyalah kita melestarikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Indonesia. Agar tidak terkikis oleh globalisasi yang sudah merasuki jiwa.

Oleh sebab itu, menyaksikan pertunjukan wayang saja juga sudah merupakan cara sederhana untuk melestarikan budaya yang kita miliki. Untuk lebih menelusuri lagi kebudayaan di Negeri kita ini, sudah selayaknya datang ke tempat-tempat bersejarah saat liburan tiba akan sangat mengasyikan. Tempat wiata di Yogyakarta ini ada banyak sekali, tidak ada salahnya jika menelusurinya mulai dari tempat-tempat yang terdekat.

Sebagai bangsa yang memiliki jutaan kebudayaan sudah sepantasnya kita lebih menghargai dan melestarikan budaya Indonesia ini, agar tidak terkikis oleh jaman.

Photo by | Bookgeeky

1 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?