Bekerja merupakan hal wajib yang harus dilakukan dalam mendapatkan penghasilan. Namun terkadang pada jam-jam produktif tersebut, rasa mengantuk datang.

Menyiasati Kantuk Saat Jam Kerja
Menyiasati Kantuk Saat Jam Kerja(Photo by phys.org)

Banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, namun bukan berarti membuat kita tidak bekerja. Berikut kami berikan siasat yang mudah dan cepat dalam menghadapinya :

  1. Berdiri Dan Berjalan Berkeliling

Cara yang paling mudah dilakukan yaitu dengan berdiri dan berjalan. Rasa ngantuk datang dikarenakan posisi kita yang monoton, terutama di meja kerja. Hal itu sangatlah membuat kita jenuh dan bosan, sehingga tubuh dan pikiran butuh direfresh sejenak. Berdiri dan berjalanlah segera.

Segera bangkit dan jalan-jalanlah...!! (Photo by tomfuszard.com)
Segera bangkit dan jalan-jalanlah…!! (Photo by tomfuszard.com)
  1. Lakukan Kegiatan Lain

Tidak ada salahnya kita mencoba hal lain ketika kita sudah jenuh melakukan hal yang sudah lama kita kerjakan. Dengan demikian, saat kita kembali kerutinitas, bisa lebih bertenaga lagi.

  1. Tarik Nafas

Menarik nafas dalam-dalam dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Dengan demikian tubuh menjadi lebih fit lagi. Pastikan hal ini dilakukan dalam posisi badan tegap dan lakukan diruangan yang terbuka.

bernafas by doyouyoga.com
Tarik nafas dalam-dalam (Photo by doyouyoga.com)
  1. Mengobrol

Istirahatkan pikiran sejenak dengan mengobrol ringan dengan rekan kerja. Dengan membicarakan hal-hal yang ringan membuat pikiran menjadi lebih sadar dan lebih berkonsentrasi.

Ngobrol sejenak dapat meningkatkan konsentrasi kerja (Photo by akuinginsukses.com)
Ngobrol sejenak dapat meningkatkan konsentrasi kerja (Photo by akuinginsukses.com)

Ada pertanyaan atau komentar?