puasa-by-wartakesehatan-com
puasa-by-wartakesehatan-com

Puasa merupakan kegiatan menahan lapar dan dahaga selama setengah hari, mulai dari subuh hingga magrib yang merupakan ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim. Hal yang terlihat secara fisik ketika puasa adalah letih, lesu, mulut kering, lapar, dan mungkin akan kurang produktif dalam bekerja. Puasa yang benar harusnya diawali dengan makan sahur terlebih dahulu, kemudian langsung berbuka ketika sudah waktunya berbuka, dengan demikian tubuh akan dapat merasakan manfaat dari puasa tersebut, berikut adalah manfaat puasa bagi kesehatan:

  1. Mengurangi Kegemukan

Biasanya jika lapar pikiran kita hanya tertuju pada makanan dan minuman. Namun dengan kita berpuasa, itu berarti melatih kita untuk menahan lapar. Bisa jadi pola makan kita selama ini berlebihan yang menyebabkan berat tubuh kita semakin meningkat. Selain itu, puasa juga melatih kita untuk bersyukur dan berbagi, karena kita sudah merasakan rasanya kelaparan dan diluar sana masih banyak orang-orang yang kelaparan dan kekurangan.

 

 

  1. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

ketika puasa, tentu usus dalam perut tidak terisi, sehingga sisa-sisa makanan dalam tubuh yang menumpuk akan dikeluarkan yang sering disebut dengan proses detoksifikasi. Ketika berpuasa, tubuh akan menggunakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, kemudian cadangan lemak akanm membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Point ini sering disalahartikan oleh sebagian orang yang melihat orang puasa hanyalah lemas dan lesu. Memang benar, namun hal ini hanya sementara. Padahal tubuh akan menghasilkan lomfosit 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini memberikan kebaikan terhadap sistem imunitas tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Ternyata, ketika berpuasa, tubuh akan melakukan pengingkatan HDL dan penurunan LDL yang merupakan hal yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  1. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena kelebihan kadar gula dalam tubuh. Dengan berpuasa, maka kelebihan kadar gula darah kelesterol dapat di kontrol dan dikurangi sehingga kembali menjadi seimbang.

  1. Pencegah Penyakit Sendi Atau Encok

Ketika kita puasa, maka tubuh akan menghasilkan sel penetral alami yang akan membuat sakit encok semakin berkurang. Dengan demikian, orang yang rajin berpuasa akan terhindar dari penyakit sendi atau encok.

manfaat puasa bagi kesehatan
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?