Kekurangan Nutrisi Penting – Sarapan berperan penting dalam proses pemenuhan gizi anak. Anak yang sering melewatkan kebutuhan gizi saat sarapan seperti yang dianjurkan. Dapat mengakibatkan kurangnya nutrisi penting untuk mendukug pertumbuhannya.

Jangan Biarkan Anak Anda Sering Melewatkan Sarapan, Akibatnya Kekurangan Nutrisi Penting
Jangan Biarkan Anak Anda Sering Melewatkan Sarapan, Akibatnya Kekurangan Nutrisi Penting (Photo by, sheknows.com)

“Sebuah studi memberikan bukti bahwa sarapan bagi anak-anak, merupakan kunci mereka untuk mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan”. seperti yang dilansir oleh MedlinePlus.

Dalam penelitian ini, Gerda Pot dan tim peneliti melibatkan lebih dari 800 anak berusia 4-10 tahun dan hampir 900 anak berusia 11-18 tahun.

Dari tahun 2008 sampai 2012, tim peneliti memantau asupan makanan semua anak. Tim peneliti kemudian membandingkan kadar nutrisi pada makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak dengan panduan gizi.

Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang melewatkan sarapan cenderung memiliki kadar nutrisi penting yang lebih rendah. Umumnya, anak-anak memiliki kadar folat, kalsium, zat besi dan yodium lebih rendah.

Misalnya, hampir sepertiga anak yang melewatkan sarapan tidak memenuhi asupan harian yang direkomendasikan zat besi. Di sisi lain, hanya 4 persen anak yang rutin sarapan pagi tidak memenuhi asupan zat besi harian yang disarankan.

Hampir 20 persen anak yang melewatkan sarapan juga tidak mendapatkan kalsium sesuai dengan pedoman gizi. Sebagai perbandingan, hanya 3 persen anak yang tidak asupan kalsium sesuai dengan pedoman gizi.

Tim peneliti juga menemukan bahwa kebiasaan melewatkan sarapan lebih sering terjadi pada kelompok dewasa. Dalam kelompok anak usia 4-10 tahun, hanya sekitar 7 persen yang diketahui melewatkan sarapan setiap hari.

Sedangkan pada kelompok umur 11-18 tahun, lebih dari seperempat melewatkan sarapan setiap hari.

Tim peneliti menilai anak-anak yang lebih muda cenderung melewatkan sarapan karena orang tua berbagi. Pada kelompok anak yang lebih muda, orang tua masih memiliki pengaruh kuat untuk mengajak anak-anak sarapan.

Temuan ini menunjukkan bahwa sarapan berperan penting dalam pemenuhan gizi anak. Untuk itu, lebih baik jika anak masih mendapatkan sarapan sehat dan bergizi setiap hari.

Selain itu, Gerda Pot (dosen Ilmu Gizi di King’s College, London) mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk mengidentifikasi apakah diet atau kualitas makanan dapat membuat perbedaan dalam temuan ini.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pentingnya sarapa bagi Anak-anak. Semoga bermanfaat jangan lupa like, komen, dan bagikan. enjoy sobatjogja.com ~Maturnuwun

Ada pertanyaan atau komentar?