Tips Membeli Oleh - Oleh Khas Jogja Dengan Baik dan Benar
Tips Membeli Oleh – Oleh Khas Jogja Dengan Baik dan Benar

Liburan ke Yogyakarta memang belum lengkap kalau belum membeli oleh – oleh khas Jogja. Yup, salah satu ritual yang dianggap belum afdhol kalau berkunjung disuatu tempat tidak membawa cinderamata alias oleh – oleh ini.

Sebagai daerah tujuan wisata tentu Yogyakarta jadi surganya para pelancong dari berbagai daerah di Indonesia maupun belahan dunia sana. Karena itu beragam jenis cinderamata bisa sobat dapatkan di tanah Kraton, semisal : kudapan, pakaian, pernak – pernik, aparel, tas, batik khas Jogja, dan masih banyak jenis lainya.

Namun, sobat perlu jeli juga dengan oleh – oleh yang dibeli, karena bila sobat kurang beruntung tak jarang mendapat cinderamata yang kurang sip. Iming – iming harga murah banget kadang barang yang kita dapatkan malah murahan.

Tapi, bila sobat beruntung oleh – oleh khas Jogja bisa didapat dengan harga murah meriah tapi kualitas istimewa. Nah, bilas sobat ingin menjajal bakpia, bisa langsung ke daerah Pathuk karena disana adalah sentra bakpia yang sudah terkenal se-antero negeri. Di Pathuk, sobat bisa menikmati bakpia mantap yang murah dalam kondisi yang masih hangat.

Nah, kalau urusan Gudeg, kawasan Wijilan adalah yang paling mantap buat sobat yang ngakunya pecinta kuliner Jogja dan gak aleman sama cita rasa gurih manis. Kalau urusan batik, Pasar Beringharjo merupakan surganya batik – batik istimewa khas Jogja.

Disini sobat bisa berburu batik dari harga yang murah meriah kulitas istimewa sampai yang mewah ala – ala Raja. Nah, tips selanjutnya selain waspadai iming – iming harga murah adalah, sobat sebaiknya bertanya soal harga dulu dan bernegosiasi dengan para pedagang ini agar tidak berlebihan mencari untung.

Dan untuk mendapat kualitas oleh – oleh khas Jogja yang istimewa di anjurkan untuk membeli di sentranya, seperti yang sudah disampaikan diatas. Hal ini karena persaingan bisnis di kawasan tersebut adalah persaingan kualitas, jadi bukan main murah tapi kualitas pas – pasan.

Tips, berikutnya cobalah menggunakan aksen ala – ala Jawa, jadi komunikasi dengan para pedagang ini bisa lebih istimewa. Nah, kalau suda begini sobat bisa main hati dan memenangkan harga murah dari penjaja oleh – oleh ini.

Lalu, bila sobat menginap di Hotel atau Home Stay bila ingin bertanya soal arah tempat – tempat sentra oleh – oleh khas Jogja baiknya langsung ke resepsionist saja. Sebab bila dengan resepsionist tentu akan lebih paham dengan sekitaran kawasan dan tidak berusaha untuk menawarkan sesuatu.

Nah, tips – tips tesebut tentunya bisa diketahui secara umum dan tentu sangat mudah untuk dipahami, untuk selengkapnya lihat list berikut ini :

– Jangan Kepancing Harga Murah

– Periksa kembali kualitas langsung ditempat

– Coba bandingkan dengan yang lain

– Beli di sentra oleh – oleh untuk dapat kualitas istimewa

– Menawar dengan sopan dan manusiawi

– Buat list yang akan dibeli (supaya tidak over-shopping)

– Beli banyak sekaligus, supaya dapet harga murah

Untuk soal ini wanita memang jagonya tawar menawar dan manfaatkanlah keahlian sobat itu, dengan tawar menawar harga pas dengan kualitas yang top. Dari beberapa tips diatas, memang sudah sangat umum namun tak banyak yang tahu sekalipun itu sudah umum.

Mudahnya, gunakan saja tips tersebut untuk menghindari dari yang namanya “ke-kecewaan” ketika oleh – oleh yang sudah dibeli sampai di rumah.

Baca juga : Refreshing Nikmati Wisata Pantai Jogja di Laguna Wediombo

Photo by, instagram.com/accountingjogja food by, instagram.com/dpiesgor

Penelusuran terkait tips memilih oleh oleh makanan khas jogja.

Ada pertanyaan atau komentar?