Udah Cicipin Kuliner Langka Jogja Sup Kembang Waru
Udah Cicipin Kuliner Langka Jogja Sup Kembang Waru

Di beberapa tradisi masyarakat daerah di Indonesia, terdapat salah satu tradisi untuk menyajikan hidangan tertentu pada satu momen besar tertentu. Misalkan sego gurih pada momen syukuran dan selametan yang kemudian juga akrab dengan tradisi sekaten, bisa Anda lihat di sini. Dan sajian kuliner langka Jogja, sup kembang waru yang biasanya menjadi sajian khusus di acara resepsi pernikahan masyakarat Jogja.

Sup Kembang Waru memiliki tampilan sup bening dengan aneka sayuran biasa seperti wortel, buncis, tetelan daging atau ceker ayam. Yang membuatnya special adalah tambahan sejenis siomay bungkus dadar yang ditata menyerupai bunga. Oleh masyarakat Jogja siomay jenis ini disebut siomay kembang waru. Jadi Anda salah kalau mengira sup satu ini ditambahkan kembang waru betulan alias bunga dari pohon waru.

Dengan ceker atau tetelan daging sapi yang dimasak dengan sangat tanak, sup ini menjadi sangat nikmat sembari mengunyah ceker dan tetelan yang seolah lumer begitu saja di dalam mulut. Ditambah kembang waru yang berisi adonan daging ayam dan kanji rasanya tentu saja menjadi lebih istimewa.

Dalam tradisi Jogja, tak afdol sebuah pernikahan tanpa sajian sup kembang waru ini. Meski belakangan tradisi kuno ini sudah tak lagi dijalankan. Bahkan banyak anak sekarang tak memahami betul apa itu makanan kembang waru.

Dan semakin sulit lagi anak-anak muda sekarang mengenal sup kembang waru karena kini hidangan segar ini sudah termasuk dalam kuliner langka Jogja. Anda tak mudah menemukan hidangan special ini kecuali di hari special pernikahan.

Untuk Anda yang ingin mencicipi kesegaran sup kembang waru yang melegenda ini, Anda hanya bisa menjajalnya di sebuah counter kecil yang berada di area food court pasar Beringharjo. Gedung tengah lantai dua. Anda bisa menemukan food court tepat di atas area yang menjadi pusat penjualan celana celana jeans dan pakaian modern non batik.

Lokasi food court di Beringharjo ini tidak terlalu mewah sebagaimana Anda bisa mengenal area food court di dalam mall. Tentu saja ini hanya food court di dalam pasar besar Jogja yang semi tradisional. Tetapi lokasi food court cukup nyaman untuk Anda menikmati kuliner-kuliner khas di pasar ini.

Counter ini juga buka sesuai dengan jadwal aktif dari pasar Beringharjo, antara pukul 09.00 sampai pukul 17.00. Anda bisa membeli hidangan special ini dengan harga relatif miring. Antara Rp 8 ribu sampai 15 ribuan saja. Setidaknya Anda perlu siapkan dana Rp 18 ribuan sudah termasuk minum dan nasi.

Siap mencicipi hidangan kuliner langka Jogja Sup Kembang Waru di satu-satunya kedai di kota Jogja? Tentu saja kenapa tidak, Anda bahkan bisa menyempatkan diri berbelanja sembari memuaskan hasrat belanja di dalam area perbelanjaan Beringharjo.

Baca juga : Warung Soto Jogja Dengan View Candi Sambisari, Saoto Bathok Mbah Katro

Photo by, bundamuna.wordpress.com

Penelusuran yang terkait dengan sup kembang waru, resep sup kembang waru, alasan kenapa punahanya kembang waru, sop kembang waru, suop kembang waru, jenis jenis sup asal yogyakarta, kulit kembang waru resep, foto bunga telangka di jogjakarta, sup khas yogyakarta, asal usul sup dari yogyakarta.

Ada pertanyaan atau komentar?