Taman Budaya Yogyakarta – Salah satu tempat wisata di Jogja untuk mereka yang ingin mengapresiasi nilai-nilai sebuah budaya dan seni. Karena demikianlah tujuan dari adanya Taman Budaya, yaitu sebagai Jendela Yogyakarta.

Taman Budaya Yogyakarta Sebagai Jembatan Penghubung Antara Seniman
Taman Budaya Yogyakarta Sebagai Jembatan Penghubung Antara Seniman (Photo by, instagram.com/amalianisme)

Yang artinya sebagai salah satu tempat untuk mengenalkan Yogyakarta melalui seni dan budaya. TBY adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadi, disini Sobat dapat melihat beragam hasil karya para seniman lokal maupun nasional, bergantung kegiatan yang sedang berlangsung. Seperti fungsi utamanya yaitu sebagai jembatan, antara seniman dan masyarakat umum.

Terutama terhadap mereka yang sangat mengapresiasi nilai-nilai seni dan kebudayaan bagi masyarakat luas. Sekaligus juga salah satu strategi dalam mempromosikan Yogyakarta melalui sektor seni dan budaya.

Tiket Masuk Taman Budaya Yogyakarta

Untuk tiket masuk sendiri sebenarnya gratis untuk umum, namun setiap pengelola acara berbeda-beda sehingga ada yang menetapkan tarif tiket masuk dan ada juga yang tidak. Ini juga tergantung dari sponsor dan ivent organizer yang mengadakan. Adapun harga tiket biasanya mulai dari 5.000 rupiah dan atau mengisi buku tamu.

Pasar Kangen Taman Budaya Yogyakarta

Merupakan salah satu agenda acara tahunan, yang kerap diadakan di Taman Budaya Yogyakarta. Dari judulnya kita bisa menerka sebenarnya acara apa yang diselenggarakan, yup yaitu tentang hal-hal jadul.

Alias jaman dulu, pameran yang di sajikan biasanya berupa barang-barang atau benda-benda kuno, seperti mainan, pernak-pernik, majalah, koran, foto-foto, poster, bungkus rokok, perangko, dan masih banyak lagi.

Acara biasanya tiga sampai seminggu, tergantung ivent organizer yang mengadakan, tentu pagelaran budaya dan tempat khusus swafoto juga ada. Tak jarang pementasan wayang sampai dangdut dipentaskan kala pasar kangen di adakan.

Harga Sewa Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta

Sekedar informasi umum ruangan ini dibangun pada tahun anggaran 1999/2000, di arsiteki oleh Ir. Winarno. Lokasinya berada di lantai dua gedung Taman Budaya Yogyakarta, dengan kapasitas 1200 penonton.

Luas panggung sekitar 18,80m x 14,80m, dilengkapi dengna lobi, ruang rias, ruang tunggu pemain, ruang stem alat musik, ruang VIP, tata lampu, tata suara, dan AC lantai.

Untuk informasi mengenai harga sewa concert hall, Sobat bisa menghubungi langsung pihak pengelola Taman Budaya Yogyakarta.

Jadwal Acara di Taman Budaya Yogyakarta

Hampir setiap bulan dalam setahun ada kegiatan seni dan budaya di TBY, untuk mengetahui agenda acara Taman Budaya Yogyakarta, Sobat bisa mengakses situs resminya di tamanbudayayogyakarta.com/agenda.

Peta Lokasi Taman Budaya Yogyakarta

Jalan Sriwedani No.1, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 – Google Maps. Lokasinya juga sangat strategis, dan termasuk 13 tempat wisata sekitar Malioboro. Dan salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib Sobat kunjungi.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di lokasi wisata, mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata maupun sekitarnya, dan tentu saja menjaga suasana tetap kondusif.

Baca juga artikel menarik berikut ini, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait spesifikasi taman budaya yogyakarta, tiket masuk ke taman budaya yogyakarta 2018, tiket masuk taman budaya yogyakarta.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here