Lanjut Makan Enak Jogja Spesial Kupat Tahu
Lanjut Makan Enak Jogja Spesial Kupat Tahu

Salad ala Indonesia ini dinamai Kupat Tahu, berdasarkan dari bahan dasar-nya yaitu Kupat dan Tahu. Mari kita selidiki lebih dalam makan enak Jogja spesial kita kali ini, yaitu Kupat Tahu. Sebelum kita menilik lebih lanjut, perlu sobat ketahui makanan khas satu satu ini sangat popular di Indonesia.

Di Jawa Tengah, tepatnya di Magelang Kupat Tahu biasa disajikan dengan toping bakwan goreng yang gurih, serta tambahan saus kacang diatasnya. Sementara itu di kawasan Yogyakarta, terutama di bagian Prambanan Kupat Tahu biasa disajikan tidak menggunakan saus kacang, melainkan kuah kecap gurih pedas (mirip kuah pada Pempek).

Bicara soal Kupat alias ketupat (beras yang dibungkus dengan Janur), tiap daerah memiliki ciri khasnya masing – masing. Ada yang menggunakan Lontong (beras yang dibungkus daun pisang) semisal di kawasan Jawa Timur, Bali, dan Nusa-tenggara. Sementara itu tahu yang disajikan hangat (digoreng setengah matang) merupakan perbedaan ciri lainya.

Tidak diketahui jelas asal usul Kuliner satu ini, tapi yang jelas merupakan salah satu opsi makan enak Jogja yang menggugah selera. Pembahasan ini karena tadi siang, kebetulan di dekat Bandara International Adi Sucipto, Yogyakarta. Saya mencicipi Kupat Tahu untuk pertama kalinya, dengan display yang berbeda.

Sebab biasanya Kupat Tahu yang saya kenal, saus kacang selalu jadi bagian penting dari Kupat Tahu. Tapi ternyata disini berbeda, terdapat kuah gurih dan pedas yang cetar membahana, membuat saya becucuran keringat ketika menyantapnya. Adanya rebusan toge atau tauge (sprout) saya pikir ini merupakan Kupat Tahu khas Singaparna, ternyata dari Banyumas.

Ternyata pembedanya terdapat pada saus gurih pedas ini, Wah! Patut di coba ini sobat, terutama bagi sobat yang pecinta makan enak Jogja ala kuliner Pedas. Sayangnya saya tidak sempat memotret original Kupat Tahu di depan Parkir Bandara Adi Sucipto ini (POM Bensin di pintu keluar – Warung Kaki Lima).

Segelas es teh tawar cukup untuk menyegarkan tenggorokan di cuaca panas siang ini, sembari duduk sejenak menikmati udara silir yang sangat nyaman ini. Perjalanan makan enak Jogja setelah ini masih berlanjut, yang jelas ketempat seru dan menarik lainya.

Lokasi : Jalan Jogja – Solo, POM Bensin sebelum petigaan ke Bandara Adi Sucipto Yogyakarta (Tepatnya di pintu keluar – Warung Tenda Kaki Lima)

Photo by, Triono Yulianto

Penelusuran yang terkait dengan kupat tahu jogja, tahu kupat jogja, kupat tahu enak di jogja, kupat tahu di yogyakarta, kupat tahu yang enak di jogja, kupat tahu magelang kota yogyakarta daerah istimewa yogyakarta, kupat tahu terkenal di jogja, kupat tahu enak daerah prambanan, Warung kupat tahu yg murah di dekat uny, kupat tahu khas yogya.

Ada pertanyaan atau komentar?