Nilai Investasi Rp 2,33 Triliun Rencana Pembangunan Tol Layang Jogja - Solo
Nilai Investasi Rp 2,33 Triliun Rencana Pembangunan Tol Layang Jogja - Solo (Photo by, gettyimages.com)

sobatjogja.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengkaji rencana pekerjaan ruas Jogja-Solo yang diperkirakan memiliki panjang 40,5 Km dengan invstasi senilai Rp 2,33 Triliun.

Nilai Investasi Rp 2,33 Triliun Rencana Pembangunan Tol Layang Jogja - Solo
Nilai Investasi Rp 2,33 Triliun Rencana Pembangunan Tol Layang Jogja – Solo (Photo by, gettyimages.com)

Pembangunan ruas jalan pemerintahan ini berkaitan dengan masterplan ASEAN G2B kaitanya pembangunan infrastuktur jalan tol Jogja – Solo dan tol Sukabumi – Ciranjang – Padalarang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono pada pertemuan antara Wapres Republik Indonesia Jusuf Kalla dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Dimana pada pertemuan tersebut Sri sultan mengusulkan agar tol Jogja – Solo dibuat melayang (elevated), guna mengatasi kesulitan pembebasan lahan dikemudian hari.

Recana tersebut nantinya akan disatukan dengan BPJT ruas tol Cigatas atas usulan UEM Group Berhard (Malaysia) dan PT. Jasa Marga (Persero), dimana keduanya saat ini sedang menyusun kajian kemungkinan proyek ini, dengan pembangunan bertahap setelah pelelangan Tol Cigatas.

Menurut masterplan infrastruktur penghubung negara ASEAN sebesar Rp 1430 Triliun per tahun.
Memungkinan penghubung tol kawasan Borobudur Bawean – Jogja segera mungkin dikerjakan dari jadwal semula yaitu pada tahun 2018.

Dimana jalan tol tersebut dapat memicu percepatan ekonomi di kawasan Borobudur sebagai KSPN, menurut Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Rido Matari untuk strudi kelayakan memerlukan watu satu semester saja, sudah termasuk jumlah anggaran yang dibutuhkan.

Alasan klasik pembebasan lahan dan isu lingkungan yang biasa terjadi ini yang membuat ide tol layang akan jadi pilihan tepat bagi pemerintah.

Nah, menurut Sobat gimana mengenai tol Jogja – Solo ini? berikan pendapat kalian ya, dikolom komentar.

tol jogja solo, rencana jalan tol jogja solo, rencana tol jogja, rencana tol solo jogja, gambaran tol layang solo jogjakarta, rencana jalan tol jono jurusan solo, tol solo jogja, penggagas pembuatan Tol Jogja Solo, pembangunan tol solo jogja, tol solo yogyakarta

LEAVE A REPLY