Soto Sapi Pak Ngadiran, Kuliner Jogja Mblusuk
Soto Sapi Pak Ngadiran, Kuliner Jogja Mblusuk
Soto Sapi Pak Ngadiran, Kuliner Jogja Mblusuk
Soto Sapi Pak Ngadiran, Kuliner Jogja Mblusuk

Wisata kuliner Jogja kali ini lanjut di rumah makan soto sapi Pak Ngadiran, lokasinya termasuk kuliner Jogja mblusuk. Alias lokasinya masuk kampung, tak heran bila pengunjung yang datang menamai warung soto ini se-bebasnya. Semisal soto Klebengan, soto Kandang, soto Perkutut, dan sebagainya, ini dimaksudkan untuk lebih memudahkan mereka menemukan lokasi soto sapi Pak Ngadiran ini.

Contoh-nya dinamai soto Klebengan, tak lain dan tak bukan karena lokasinya yang berada di dusun Klebengan. Specialist soto Pak Ngadiran ini sudah melegenda, bahkan di kalangan mahasiswa/mahasiswi angkatan lawas sekalipun. Maklum lokasinya memang sangat dekat dengan dua kampus terbesar di Indonesia yaitu UGM dan UNY.

Semenjak pertama kali di buka tahun 1991 Pak Ngadiran, sudah menyuguhkan cita rasa soto yang fresh, yang konon kata penikmatnya rasa soto sapinya hampir tidak pernah berubah. Karena konsistensi beliau inilah yang membuat nama warung soto Klebengan-nya semakin menjadi – jadi. Karena cita rasa yang tak berubah, tentunya akan membangkitkan kembali memory lawas.

Tak jarang warung makan soto milik Pak Ngadiran ini kerap jadi lokasi reunian para mahasiswa/mahasiswi angkatan lawas. Tak hanya itu, terutama di jam makan siang warung makan soto sapi Pak Ngadiran ini dari dulu hingga sekarang tetap ramai. Sangking ramainya, sobat harus sabar hingga 10 menit untuk bisa nikmati sporsi soto di meja makan sobat.

Namun, saat musim liburan UAS biasanya warung soto sapi Pak Ngadiran agak sedikit renggang, karena kebanyakan pengunjungnya pada mudik. Meski begitu tetap ramai terutama di jam – jam makan siang tiba, karena lokasinya juga tidak terlalu jauh dari kawasan perkantoran (Jalan Gejayan). Sejak tahun 2001 warung beliau pindah beberapa meter dari lokasi awal berdirinya.

Yang sekarang ini rumah makan Pak Ngadiran semakin besar, dengan dominasi warna putih, serta tak banyak dekorasi. Karena yang penting cita rasa soto sapi Pak Ngadiran ini jadi yang utama, sebab konsep beliau adalah kesederhanaan. Serta suasana lawas alias retro sekalipun jaman sudah maju pesat, beliau tetap mempertahankan ke aslianya.

Soal cita rasa memang perspective masing – masing, kali ini menurut saya pribadi rasa soto sapi Pak Ngadiran ini sangat gurih. Terutama kuah soto-nya yang sangat sedap, dan potongan daging sapi yang lembut juga makin menambah selera makan. Aroma bawang goreng yang khas, serta perasan jeruk nipis jadi pemadu rasa asli dan hasil eksperimen kita sendiri.

Sementara yang lain menambahkan kecap serta saus tomat, saya tetap menikmati ke-aslian soto sapi Pak Ngadiran ini, cukup perasan jeruk nipis untuk mengikat lemak jenuh dan sesendok kecil sambal untuk meningkatkan mood makan. Jadi, segera nikmati nikmatnya sajian kuliner Jogja satu ini, karena dijamin bikin sobat ingin balik lagi men-cicipi-nya.

Lokasi : Jl. Sanca CT VIII 120B, Karang Gayam, Yogyakarta (Jalan Gejayan ke Utara, Setelah Sumber Baru Motor belok kiri masuk Jalan Cempaka (Penerbit Percetakan Kanisius) lurus di per-3-an kanan lalu kiri masuk Jalan Sendok lurus sampai ketemu (Lapangan kecil tempat lomba burung perkutut) lalu belok kiri ke Jalan Sanca, setelah itu lurus, nah kanan jalan itu soto sapi Pak Ngadiran.

Buka : 06:00 – 17:00 WIB (Harga Pelajar)

Photo by, sobatjogja.com

soto enak di jogja, soto ngadiran, soto ngadiran jogja, soto pak ngadiran, Soto Daging Sapi Pak Ngadiran Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, harga soto sapi, Soto Daging Sapi Pak Ngadiran Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Soto kandang sapi, letak soto ngadiran dan harganya, soto di yogya

LEAVE A REPLY