Penggiat Bisnis Online – Ribuan bisnis online akan berkumpul di Jogja Expo Center untuk menghadiri Jogja Digital Marketers Summit and Expo yang akan berlangsung dari 20 hingga 23 September 2017.

Penggiat Bisnis Online Akan Berkumpul di Jogja Expo Center Jogja Untuk Menghadiri
Penggiat Bisnis Online Akan Berkumpul di Jogja Expo Center Jogja Untuk Menghadiri (Photo by, exta.indra)

“Kami menargetkan ribuan orang yang hadir di puncak dan pameran,” kata Ketua Panitia Pengarah (SC) Jogja Digital Marketers Summit dan Expo Arifin Wicaksono di Yogyakarta.

Menurut Wicaksono, acara Jogja Digital Marketers Summit dan Expo ini diawali untuk membantu meningkatkan daya saing pengusaha atau pelaku UMKM yang sudah atau baru mulai memasarkan produknya secara online.

Menurutnya, acara nasional ini sengaja digelar di Yogyakarta karena sampai saat ini termasuk salah satu daerah yang melahirkan pengusaha kreatif berbasis online atau digital.

Acara ini juga akan mengundang anggota organisasi pemuda di DIY. “Kami akui bahwa sumber daya manusia produktif dan kreatif banyak ditemukan di Yogyakarta,” katanya.

Acara yang akan menghadirkan pelatih bisnis kelas dunia, menurut dia, sangat penting dilakukan oleh pengusaha bisnis online.

“Tantangan mulai dari regulasi, persaingan semakin brutal, buka keran bisnis online yang luas dari luar, merebut pasar, hingga masalah internal yang dihadapi pelaku usaha sendiri,” katanya.

Namun, isu utama yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut, katanya, adalah tentang strategi mengaitkan pelanggan baik melalui media sosial, mesin pencari (google), ke pasar.

“Kami akan belajar bagaimana mendapatkan pelanggan paling potensial dan menyebar di media sosial, google, atau pasar,” katanya.

Saat ini, kata Wicaksono, banyak pebisnis online yang omsetnya mencapai ratusan juta sampai miliaran rupiah di Indonesia.

Jadi melalui sebuah pertemuan yang akan berlangsung selama empat hari pengusaha online, khususnya pemula (start up) bisa mendapatkan pengetahuan baru untuk mengembangkan bisnis.

Ketua Kompartemen Asosiasi Ekonomi Kreatif, Kesehatan dan Telekomunikasi Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) DIY Ferry Irawan oleh Jogja Digital Marketers Summit dan Expo mengharapkan komunitas bisnis online di Yogyakarta menemukan sebuah kendaraan untuk belajar atau melakukan brainstorming untuk mengembangkan sektor budidaya.

“Karena meski di Yogyakarta banyak sumber daya manusia yang kreatif, namun komunitas anak muda untuk belajar pemasaran online masih sedikit,” katanya.

1 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?