Potensi Bisnis Baru Dunia Fotografi Yang Menjanjikan di Zaman Kekinian
Potensi Bisnis Baru Dunia Fotografi Yang Menjanjikan di Zaman Kekinian (Photo by, vitorcorrea13)

Potensi Bisnis Baru – Bila Anda amati, beberapa tahun belakangan ini industri kuliner di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Tak bisa dipastikan memang asal muasal kenapa trend ini tercipta, tetapi besar kemungkinan karena beberapa kemunculan program acara kuliner di televisi yang marak sejak 10 tahun belakangan ini. Tapi kita kali ini sedang tidak membicarakan bisnis kuliner, melainkan potensi bisnis baru yang bisa lahir dari perkembangan trend ini.

Potensi Bisnis Baru Dunia Fotografi Yang Menjanjikan di Zaman Kekinian
Potensi Bisnis Baru Dunia Fotografi Yang Menjanjikan di Zaman Kekinian (Photo by, vitorcorrea13)

Bila Anda amati dengan baik, fenomena di berbagai kota,  selalu saja muncul deretan resto dan rumah makan baru dengan aneka jenis hidangan. Beberapa hadir dengan menu original dan unik. Tak hanya itu, muncul pula berbagai majalah dan tabloid  dengan konsep rujukan makanan sampai aneka resep. Inilah yang kemudian menjadikan beberapa peluang usaha unik dan baru yang bisa Anda coba jalankan.

Dalam beberapa sumber selalu dikatakan, bisnis dunia kuliner perlu memperhatikan beberapa aspek untuk bisa mencapai sukses, diluar aspek rasa sudah tentu. Aspek penting itu antara lain dua hal yang perlu ditampilkan dalam sebuah sajian. Kedua hal tersebut adalah visual dan aroma. Bagaimana sebuah produk dapat terlihat mempesona dan menarik minat dan selera konsumen.

Dan di sinilah satu peluang usaha baru muncul, sebuah usaha jasa fotografer makanan. Bisnis satu ini terbilang anyar dalam dunia bisnis. Karena sebelumnya bisnis semacam ini belum terlalu populer selain dikalangan jurnalis secara terbatas. Bisnis ini menawarkan jasa pembuatan foto untuk produk makanan dengan memperlihatkan sudut estetik dari penyajian hidangan untuk menari selera konsumen.

Sebenarnya ilmu food Photography bukan hal baru sama sekali. Ilmu ini termasuk ilmu klasik fotografi yang berkembang sejak puluhan tahun lalu. Di masa lalu ilmu ini merupakan bagian dari estetika dunia fotografi. Kini perkembangan bisnis kuliner yang demikian berkembang mendorong perkembanan potensi bisnis baru ini di Indonesia. Makin banyak fotografer lepas yang menjajal bisnis ini dan sukses di dalamnya.

Tahukah Anda  apa yang membuat ide bisnis ini potensial? Tingginya permintaan untuk foto masakan yang makin meningkat tiap harinya. Permintaan ini datang dari kalangan pelaku restoran yang membutuhkan foto produk hidangan mereka untuk dipajang di dinding restoran atau di dalam daftar menu mereka. Atau beberapa blog, instagram, website hingga majalah yang juga memuat aneka foto hidangan sebagai bagian penting dari penayangan mereka.

Jangan Anda kira para chef melakukan sendiri sesi pemotretan untuk hidangan mereka. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan jasa fotografer makanan untuk membantu mereka menghasilkan gambaran visual terbaik untuk produk yang mereka sajikan. Dan inilah peluang usaha yang sangat potensial untuk Anda jajal untuk Anda yang memang sudah memiliki ketertarikan dengan dunia fotografi.

Dan pada satu kesempatan salah seorang penggiat food photography, Jerry Aurum membagikan beberapa tips pribadinya dalam menjalankan karier sebagai food photography.

Siapkan perangkat fotografi memadai
Sudah pasti Anda dengan kemampuan dan ketertarikan fotografi memiliki setidaknya sebuah kamera DSLR yang memadai. Masalahnya di sini Anda membutuhkan beberapa efek, beberapa filter dan sistem zooming khusus yang menguatkan kualitas hasi foto. Tak hanya itu upayakan Anda memiliki laptop yang support untuk sistem grafis,  lengkap dengan beragam software dan aplikasi pendukung untuk menyempurnakan foto Anda.

Tak selalu kualitas berarti mahal, karena dengan perangkat standar sekalipun Anda bisa menghasilkan foto menawan dengan kemampuan yang memadai.

Susun portofolio
Seorang fotografer dinilai dari karya-karya lalunya. Karena itu, jangan pernah lupa memuat hasil karya Anda dan mudahkan orang melihat sentuhan Anda. Misalkan dengan membangun sebuah akun instagram atau pinterest yang memang dibuat untuk sarana berpamer foto. Muat hasil karya Anda di sana untuk memudahkan calon konsumen melihat sendiri karya Anda. Pastikan Anda mengenali teknik promosi dalam instagram dan pinterest untuk mendatangkan viewer ke dalam akun Anda.

Jangan ragu untuk ikut serta dalam pameran
Pameran adalah kunci promosi lain yang bisa Anda andalkan untuk mendatangkan konsumen. Pameran fotografi kerap diselenggarakan di berbagai kesempatan di kota besar. Manfaatkan kesempatan ini untuk memamerkan karya Anda sekaligus berinertaksi langsung dengan pasa potensial Anda.

Menjadi professional
Ketika Anda berhadapan dengan klien profesional dengan pekerjaan mereka sebagai tenaga masak, jelas Anda juga harus bekerja secara profesional. Anda harus imbangi kebutuhan konsumen Anda.  Kepuasan mereka akan menjadi alasan mendasar bagi para klien merekomendasikan Anda pada rekan mereka.  Dan potensi usaha baru ini akan menjadi sumber pendapatan besar bagi Anda.

Bagaimana, sudah tertarik dengan memanfaatkan moment potensi bisnis baru ini ?

Baca juga: Wajib Baca, Inilah Peluang Usaha Yang Menjanjikan Menjelang Lebaran

Mohon maaf atas ketidak nyamanan kemarin Sobat Jogja lagi maintenis, kedepan semoga tidak lagi ada masalah teknis seperti ini lagi. Terima kasih

potensi fotografi tahun mendatang

LEAVE A REPLY