Sobat Jogja – Saat ini banyak orang berbondong-bondong membuka usaha untuk menambah penghasilannya. Membuka suatu usaha yang menguntungkan tentu bukan tanpa alasan, pasti karena tuntutan hidup.

Karena kebutuhan meningkat setiap tahunnya dan itu membuat mereka mencari jalan keluarnya.

Namun banyak juga yang masih ragu apakah usaha mereka akan untung atau buntung nantinya. Sebenarnya keuntungan dalam usaha bergantung bagaimana mengelolanya, dan juga memanfaatkan peluang dan hobi kalian sangatlah berpengaruh dalam membuka usaha yang menghasilkan.

Berikut adalah beberapa contoh usaha yang menguntungkan, hasil survey Sobat Jogja

Kos-kosan

Nitada Premier Prambanan: Hotel Murah Dekat Jogja Bay Pirates
Usaha Kos-kosan (Foto: booking.com)

Membuat usaha ini bisa dibilang lebih menguntungkan dibanding usaha yang lainnya. Apalagi kalian tidak perlu repot menyiapkan semuanya setiap hari. Cukup duduk santai dan uang mengalir setiap bulannya.

Kota-kota besar seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Jakarta, Denpasar dan lainnya merupakan tempat orang-orang merantau mencari pekerjaan dan melanjutkan pendidikan. Di kondisi seperti ini kalian bisa menawarkan tempat tinggal pada mereka.

Walaupun modal yang dibutuhkan cukup besar, namun dalam kurun waktu 1 tahun saja, kalian akan balik modal bahkan melebihi modal kalian. Pengurangan modal bisa kalian lakukan jika ada kamar kosong di rumah kalian. 

Cukup menawarkan kamar itu pada mereka. Jika kalian jago masak, bisa juga menawarkan jasa catering pada mereka, dan itu bisa memberikan uang lebih bagi kalian.

Rental PS (PlayStation)

5 Usaha Yang Menguntungkan Perlu Modal Besar di Awal, Tapi Endingnya
5 Usaha Yang Menguntungkan Perlu Modal Besar di Awal, Tapi Endingnya (Foto: Stas Knop)

Dengan memanfaatkan perkembangan zaman, kalian bisa membuka usaha rental ps untuk anak anak. Karena kini permainan anak-anak semakin canggih dan modern. Bahkan banyak kalangan muda juga yang menyukai PS ini.

Membuka rental PlayStation merupakan usaha yang bisa dibilang menjanjikan loh. Apalagi membuka rental ini dapat dibuka langsung pada ruang kosong di rumah kalian. Sebelum itu, Pastikan dulu apakah di lingkungan sekitar kalian anak anak atau remaja yang menggemari ps atau tidak.

Warnet

Usaha Sampingan Untuk Pegawai Negeri Sipil Maupun Swasta
Usaha Sampingan Warnet (Foto: Christina Morillo)

Sama seperti di atas, selain membuka rental ps kalian juga bisa membuka warnet atau Warung Internet. Dengan metode belajar siswa yang dilakukan dengan komputer, membuat para guru tidak perlu lagi menyuruh muridnya mengerjakan tugas dengan tulisan tangan.

Banyak juga yang disuruh untuk membuat berupa makalah, atau presentasi berbentuk digital.

Dengan membuat warnet, kalian bisa membantu para siswa yang tidak memiliki komputer atau laptop sendiri. Untuk mendapat banyak pengunjung, tentunya kalian perlu membuka warnet ini dekat sekolah atau kampus.

  Inilah 6 Kerja Online Tanpa Modal Untuk Anda Yang Cari Pendapatan Tambahan

Selain untuk belajar, warnet juga bisa dijadikan game center atau tempat bermain game bagi anak anak atau remaja bahkan orang dewasa sekalipun. Banyak game online yang saat ini sedang populer dan itu mendorong berbagai kalangan untuk bermain.

Perlu diketahui, warnet untuk belajar dan warnet untuk bermain game tidak bisa disatukan. Karena berbagai faktor yang mempengaruhi seperti spesifikasi setiap komputer untuk menulis dan bermain game itu berbeda.

Dan juga dapat mempengaruhi produktivitas siswa jika warnet game dan belajar disatukan, bukannya belajar nantinya para siswa malah bermain game.

Menyewakan Lapangan Futsal

Sewa Lapangan Futsal (Foto: Mica Asato)

Masih di lingkup sekolah, olahraga futsal banyak digemari oleh siswa bahkan sampai orang dewasa.

Tidak jarang juga pihak sekolah menyuruh siswanya menyewa lapangan futsal untuk kegiatan ekstrakurikuler. Membuka usaha ini sangat menguntungkan bagi kalian.

Bayangkan saja jika kalian memiliki banyak lapangan dan setiap lapangan disewakan dengan tarif 70 ribu atau 120 ribu per jamnya, tarif lapangan juga ditentukan oleh jenis lapangan dan fasilitas yang bisa kalian berikan.

Promosi yang dilakukan pun tidak perlu ribet, cukup promosi dari mulut ke mulut atau membuat spanduk besar di depan lapangan.

Sekali lagi, memang modal yang dibutuhkan bisa dibilang besar. Tapi seperti kosan, bahkan bisa lebih cepat 6 bulan untuk balik modal.

Web Developer

5 Usaha Kecil Yang Menjanjikan Berikut Ini, Santai Tapi Hasilnya Lumayan
Usaha Kecil Yang Menjanjikan Jasa Pembuatan Website (Foto: rawpixel.com)

Jika kalian paham mengenai Bahasa pemrograman, kalian bisa menjadi web developer. Dengan ini kalian bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada perusahaan perusahaan baru yang membutuhkan suatu website untuk promosi atau informasi mengenai produk mereka.

Usaha ini terbilang menguntungkan, karena per projek kalian bisa mematok harga jutaan tergantung dari kesulitan web tersebut.

Jika tidak terlalu paham Bahasa pemrograman, kalian bisa menggunakan platform seperti Blogger atau WordPress untuk website yang digunakan. Tapi dengan resiko kalian tidak bisa mematok harga lebih karena hanya menggunakan template yang tersedia. 

Maka dari itu, jika tertarik dengan usaha ini kalian perlu belajar banyak mengenai pembuatan web yang bagus. Mulailah belajar menggunakan CI, Laravel, dan lainnya, paling penting adalah mendalami alur pemrograman.

Itulah daftar usaha yang menguntungkan, walaupun itu semua membutuhkan modal besar namun balik modal nya pun terbilang cukup cepat.

Maka dari itu jangan pernah ragu lagi untuk membuka usaha, selalu memanfaatkan peluang dan lakukan dengan giat maka kalian akan meraih kesuksesan.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here