Ide usaha start up memang sedang menjadi trend di dunia bisnis. Setiap hari seakan terus saja muncul beragam ide peluang usaha online dengan beragam terobosan. Memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan digital yang setiap hari semakin canggih, dunia bisnis berkembang dan beranjak menjadi serba internet basic.

Mengetahui Peluang Usaha Online Bersama Start Up Craftline
Mengetahui Peluang Usaha Online Bersama Start Up Craftline (Photo by, craftline.co.id)

Peluang usaha online pada dasarnya bisa muncul dalam beragam model. Anda bisa menjalankan bisnis informasi dan mengais rizki dari iklan, membuka sebuah e commerce atau toko online dan kini juga muncul gaya baru dalam peluang usaha online, yakni dengan membuka marketplace.

Ada yang berbeda dari marketplace dibandingkan dengan toko online biasa. Di sini Anda sebagai pengelola hanya menyediakan ruang usaha dan tidak bermodal barang persediaan atau urusan penjualan. Mari kita analogikan konsep marketplace ini sama dengan Anda sedang membuka sebuah pertokoan atau pusat perbelanjaan secara online.

Usaha Online Market Place dari Craftline

Dan salah satu contoh pelaku usaha marketplace yang unik dan memiliki diferensiasi yang menarik adalah Craftline. Usaha marketplace satu ini menunjuk diri sebagai channel penjualan online terbaik untuk segala jenis produk craft atau kerajinan tangan.

Craftline ini didirikan oleh sebuah perusahaan yang memang sudah menjalankan bisnis berhaluan online asal Surabaya, PT Otak Kanan.  Craftline sendiri sudah berjalan sejak Agustus 2013 yang artinya bisnis ini sudah berjalan selama hampir 3 tahun.

Perjalanan bisnis dari craftline sendiri sebenarnya sangat layak untuk disimak. Sebagai sebuah usaha start up bisnis ini sendiri sempat melakukan berbagai perombakan untuk menemukan formula yang paling tepat untuk sistem layanan mereka.

Sejak awal, bisnis ini memang dibangun untuk menunjang penjualan produk kerajinan tangan. Selama ini para pengrajin dirasa kurang mendapat ruang memadai untuk menjangkau pasar dengan efektif. PT Otak Kanan melihat dengan sebuah e commerce yang khusus menjual produk kerajinan tangan, setidaknya konsumen yang terhimpun sudah terklasifikasi dan memang masuk untuk mencari produk kerajinan.

Perbedaan Market Place Lain.

Ini berbeda bila para penjual produk kerajinan tangan ini menjual via situs jual beli atau marketplace pada umumnya, dimana pasar sengaja diset untuk umum yang artinya juga konsumen bersifat general. Pada pasar seluas ini, Anda akan cukup sulit menjaring konsumen dengan efektif.

Di awal usaha, Craftline hadir dalam format iklan baris yang akan mengingatkan Anda dengan konsep penjualan pada situs berniaga atau tokobagus yang kemudian di kuasai oleh OLX. Belakangan, cara ini dianggap mengkhawatirkan dan rentan penipuan karena hubungan sepenuhnya hanya terjalin antara pihak pembeli dan penjual belaka. Pemilik marketplace tidak berurusan dengan aktivitas transaksi yang terjadi di dalam marketplace.

Karenanya setelah 3 bulan berjalan, pengelola mulai menjajal konsep marketplace yang lebih modern. Produk di listing tidak lagi sekedar berdasar nama penjual, tetapi juga berdasar produk dalam pencarian. Bahkan Craftline juga menyediakan sistem layanan rekening bersama.

Dengan konsep baru ini setiap transaksi yang terjadi masuk melalui pihak Craftline dan setiap prosedur pembayaran akan melalui rekening bersama demi keamanan transaksi.Pihak Craftline juga bisa menelusuri setiap transaksi dengan mudah.Konsep baru ini masih diterapkan hingga kini.

Untuk menunjang pelayanan, pihak Craftline sendiri sudah menjalin kerjasama sistem pembayaran dengan beberapa layanan internasional, mulai dari kartu visa, sistem paypal sampai konsep e-money macam Veritrans dan C-Wallet.

Untuk meraih keuntungan pengelola mengenakan tarif khusus untuk setiap pemasangan penjualan yang dilakukan. Tarif ini sifatnya menyerupai biaya retribusi masuknya penjual sebagai bagian dari anggota web dan dari setiap pemasangan produk yang dijual.

Saat ini tak kurang dari 600 penjual produk kerajinan tangan yang menyandarkan penjualan mereka dari jumlah pengunjung produk kerajinan mereka dengan memasang akun  pada website. Ini merupakan angka yang cukup besar untuk sebuah marketplace dengan produk spesifik macam Craftplace.

Angka ini juga diimbangi dengan jumlah konsumen member yang juga mencapai angka kisaran 600an. Pihak pengelola mengaku masih akan ada pengembangan baru yang nantinya akan diupayakan tersedia dalam Craftline. Termasuk layanan mobile friendly yang lebih nyaman dan sistem pembayaran yang lebih fleksibel.

Baca juga: Tempat Makan Enak di Jogja ala Pedasnya Bale Sambal

Anda bisa lihat ide usaha start up memang memiliki potensi besar untuk menjadi sebuah peluang usaha online dengan potensi besar. Teknik pemasaran yang tepat, pelayanan yang efektif dan maksimal serta sistem teknologi yang mudah digunakan menjadi landasan kuat keberhasilan usaha semacam ini.

 

2 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?