Kuliner Tradisional Jogja, Es Tape Sompil Banguntapan, Kabupaten Bantul
Kuliner Tradisional Jogja, Es Tape Sompil Banguntapan, Kabupaten Bantul

Kuliner Tradisional Jogja – Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti mengenal kudapan khas tradisional satu ini. Berbahan dasar ketela pohon (Puhung) yang merupakan komoditi paling digemari tua maupun muda di negeri ini. Kelezatanya makin unik setelah di fermentasi dan menjadi “Tape” sebuah kesederhanaan yang membuat lidah merasakan sensasi manis asam bersamaan. Tak berhenti disitu Tape makin mantap bila diolah dan dibuat varian terbaru, seperti jadi topping salah satu kudapan berikut ini.

Kuliner Tradisional Jogja, Es Tape Sompil Banguntapan, Kabupaten Bantul
Kuliner Tradisional Jogja, Es Tape Sompil Banguntapan, Kabupaten Bantul

Ialah Es Tape Sompel yang mengolah kuliner tradisional Jogja jadi makin unik dengan display sederhana namun memiliki cita rasa yang mantap dilidah. Cita rasa manis yang segar membuat banyak khalayak menggemari es tape Sompel ini, perlu sobat ketahui tape sendiri sebenarnya tidak hanya terbuat dari singkong / ketela pohon saja tapi juga terbuat dari ketan. Untuk menikmatinya pun juga beragam cara ada yang disajikan hangat atau dingin seperti es tape Sompel ini.

Nah, jika sobat ingin menjajal kuliner tradisional Jogja satu ini silahkan segera langsung saja datang ke warung Es Tape Sompel. Yang lokasinya berada di Jalan Jeruk Legi, Dusun Banguntapan, Kab. Bantul. Disana sobat akan menemukan warung yang sederhana berdiri sejak 1980 hingga saat ini, beliau adalah Sularto sang founder. Cita rasanya yang special tidak berhenti disitu, melainkan dari awal didirikan hingga saat ini.

Tak diragukan lagi olahan kuliner tradisional Jogja satu ini memiliki cita rasa lembut tape, manis asam gurih ala tape, serta sangat puas untuk satu porsinya. Sporsi es tape Sompel yang menyegarkan ini memang paling pas disantap saat matahari sedang terik – teriknya seperti sekarang ini. Segarnya es tape Sompel memang mantap, karena dibuat dengan detail yang cermat seperti pada saat mengolahnya tape di olah sampai halus meninggalkan serat singkong yang biasanya terselip di selah – selah gigi.

Caranya dengan dilumatkan dengan hati – hati kemudian ditaburi gula dan garam sampai rasanya benar – benar pas. Setelah proses penting ini barulah di tambahkan serutan es sesuai selera pelanggan. Berdasarkan kebiasaan hasil penjualan, warung ini bisa menjual sampai 25 kilogram tape dalam sehari. Namun, menu andalan es tape ini sebenarnya hanyalah sebuah beverage karena menu utama lainya adalh mie ayam racikan Pak Sularto.

Wah, makin mantap paduan sempurna yang pas buat temani makan siang sobat, mie ayam dan es tape ala Pak Sularto. Jadi, tunggu apalagi segera meluncur ke warung Pak Sularto ini dan nikmatilah dua paduan sempurna mie ayam dan es tape. Tak perlu khawatir harganya sangat terjangkau, pas buat kantong pelajar. Penasaran dengan rasanya, sobat bisa datangi langsung ke sekitaran Jogja Expo Center (JEC), nah tepat disebelah timurnya ada gan ke arah selatan, terus ikuti jalan sampai ketemu perempatan nah, lokasi es tape Sompel disekitaran perempatan tersebut.

Bila sobat pemburu kuliner Tradisional Jogja, ikuti terus kami karena kami akan terus bagikan tempat – tempat rekomended yang wajib sobat datangi. Karena kami menilai cita rasa, jaid kami tidak terikat atau terkait dengan lokasi tempat kuliner, dan mereview tanpa mereka sadari. Dan terima kasih sudah datang dan membaca di Sobat Jogja yang sederhana ini.

tape jogja, cara buat es tape singkong sompel, es tape di jogja, es tape legendaris jogja, es tape singkong, jual es tape di yogyakarta, kuliner tapr, mie ayam sompil jogja
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?