Sekarang Museum Perjuangan Yogyakarta juga menjadi salah satu tempat wisata jaman now yang sangat disukai oleh para wisatawan. Terutama, mereka yang sedang dalam rangka study tour ke Jogja, pasti deh mampir kesini.

Museum Perjuangan Yogyakarta: Mengupas Sejarah Melalui Edukasi
Museum Perjuangan Yogyakarta: Mengupas Sejarah Melalui Edukasi (Photo by, Tedjomurti Tedi)

Tentunya Museum Perjuangan memang memiliki arti dan makna tersendiri sesuai dengan tujuan museum tersebut didirikan. Museum ini sangat berkaitan dengan sejarah pentingnya Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 1908 yaitu berdirinya Boedi Oetomo.

Bangunan berbentuk bulat silinder dengan diameter 30 meter dan tinggi 17 meter ternyata di bangun dengan desain bangunan di zaman Romawi Kuno yaitu model timur.

Bahkan, Museum Perjuangan ini awalnya sebagai salah satu bentuk apresiasi pemerintah pada peringatan setengah abad kebangkitan Nasional Indonesia. Yaitu, pembangunan museum ini ditandai dengan peletakan batu pertama tanggal 29 Juni 1961.

Pendirinya yaitu Sri Paku Alam VIII yang sudah diselesaikan di tahun 1963. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu daya tarik memiliki bangunannya yang sangat unik dengan beberapa bangunannya yang memiliki relief perjuangan dan patung wajah para pahlawan nasional perjuangan bangsa Indonesia.

Lebih Dekat Dengan Museum Perjuangan Yogyakarta

Tentunya Anda ingin mengetahui apa saja keunikan yang dimiliki oleh Museum Perjuangan, kan?.

Oke, langsung saja kita simak kelebihannya sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara.

  Merasa Muda Lalu Malu Pakai Batik Jogja ? Baiknya Sobat Baca Ini Dulu

Topi Baja

Salah satu benda unik yang terdapat di Museum Perjuangan yaitu adanya topi baja yang memiliki 5 buah bambu runcing.

Tentunya, topi yang memiliki model desain dari Amerika ini memang terlihat sangat menarik. Oleh karena itu, apabila Anda mengunjungi museum perjuangan memang harus menjumpai topi baja.

Bahkan, Anda dapat juga mengambil spot foto dengan menggunakan topi baja agar bisa memiliki hasil foto yang cukup unik dengan mengabadikan berbagai cerita tentang sejarah perjuangan di masa penjajahan masa dulu.

Relief

Perlu diketahui bahwa bangunan relief yang dijumpai pada bangunan museum perjuangan ini yaitu memiliki desain relief dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejak zaman munculnya kebangkitan nasional.

Dengan mengunjungi museum perjuangan maka Anda dapat mengambil spot foto bersejarah dari gambaran relief yang ada di sekitar museum.

Dengan demikian tentunya selain menjadi tempat wisata yang bersejarah ternyata juga menjadikan tempat edukasi yang sangat bagus untuk generasi penerus bangsa masa kini.

Hiasan Makara

Ternyata museum ini juga memiliki desain yang cukup menarik dan unik dari hiasan Makara yang terdiri dari gambaran kepala hewan seperti candi. Biasanya hiasan Makara ini memang dijumpai di bagian relief candi Hindu yang memiliki nilai sejarah cukup tinggi.

  Gedung Agung Yogyakarta Saksi Sejarah Penentuan Masa Depan Bangsa

Dengan berbagai gambaran hiasan Makara dalam relief yang terdapat di sekitar museum ternyata memang memberikan  nilai sejarah yang sangat tinggi.

Ukiran Lung-Lungan yang Menyerupai Api

Berikutnya salah satu keunikan yang dapat Anda jumpai saat mengunjungi museum ini yaitu adanya ukiran lung-lungan yang menyerupai api sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tentunya gambaran ukiran lung-lungan serupa dengan api memang menceritakan berbagai sejarah perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia.

Patung Pahlawan Nasional

Selanjutnya, diketahui pula bahwa keunikan yang dimiliki dari desain museum perjuangan Yogyakarta yaitu memiliki patung kepala pahlawan Nasional yang berjumlah 37 buah.

Dengan adanya desain tersebut pastinya akan mengenalkan pahlawan yang menjadi pejuang di zaman dahulu sehingga dapat menjadi media edukasi sejarah paling recomended.

Harga Tiket Masuk

Selain dapat ilmu, kita juga bakal dapat wawasan dan ilmu sekaligus inspirasi disini. Tuhkan, sudah dapat banyak, harga tiketnya terjangkau pula, yaitu cukup bayar Rp 3.000 saja sudah dapat banyak ilmu.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Oke Sob, demikianlah informasi mengenai keunikan yang dapat Anda jumpai saat berlibur ke Museum Perjuangan Yogyakarta sehingga dapat menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here