Anda ingin memulai sebuah bisnis dengan hasil yang cepat bisa Anda unduh? Sederhana saja, cari ide bisnis kecil yang tidak dipadati oleh persaingan. Semakin sedikit persaingan yang ada, semakin mudah Anda meraih untung besar.

Temukan Ide Usaha Kecil Kursus Perawatan Hewan Peliharaan Disini
Temukan Ide Usaha Kecil Kursus Perawatan Hewan Peliharaan Disini (Photo by, ineslechat)

Mungkin satu ide usaha kecil satu ini bisa jadi contoh mudah. Usaha satu ini bertajuk kursusgrooming.com dan berdiri di kota Bandung. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah grooming, kami akan mencoba menjelaskan dulu pada Anda apa itu sebenarnya Grooming.

Grooming dalam pengertian bahasa berarti berdandan. Di sini grooming bermakna sebagai perawatan dan mendandani hewan peliharaan, terutama jenis kucing dan anjing. Keduanya memang menjadi hewan peliharaan paling populer dibandingkan jenis hewan peliharaan lain.

Bagi mereka yang memelihara kucing atau anjing, grooming merupakan satu aktivitas penting yang perlu secara rutin dilakukan. Tak hanya untuk menjaga penampilan kucing atau anjing tetap menawan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, karena dalam proses grooming hewan akan dibersihkan dari segala kotoran dan kutu yang dapat mengganggu kesehatan bulu dan kulit mereka.

Berawal dari usaha rumahan yang bermodal kecil, sang pemilik memulai usaha ini dengan bermodal pengalaman panjangnya bersama tim dalam merawat kucing dan anjing. kini ide usaha kecil ini malah sudah merambah ke berbagai kota di Indonesia. Dan berkembang menjadi ide start up unik yang memberi terobosan berbeda di dunia bisnis online.

Pada awalnya memang usaha ini hanya dijalankan secara offline dengan membuka kelas secara temu muka konvensional. Baru kemudian kini kursus grooming membuka konsep kursus secara online yang bisa dimanfaatkan oleh peserta di seluruh Indonesia.

Targetnya adalah membuka jalan bagi peserta kursus untuk bisa membuka layanan jasa pet grooming atau semacam salon kucing dan anjing. Meski diakui beberapa peserta kursus juga mengikuti kursus sekedar untuk memudahkan mereka merawat kucing dan anjing peliharaan mereka sendiri di rumah, terutama untuk mereka yang memelihara banyak kucing dan anjing di kediamannya.

Ide ini muncul karena memang tak mudah menemukan jasa pet grooming atau salon kucing dan anjing di berbagai kota selain kota-kota besar. Padahal permintaan di berbagai kota untuk jasa sejenis ini relatif tinggi, jadi sebenarnya ide bisnis ini sangat layak dirambah. Pasalnya kebanyakan orang ragu mengingat keawaman mereka soal teknik perawatan kucing dan anjing juga karena mereka khawatir dibutuhkan modal besar untuk membuka bisnis macam ini.

Jasa kursus grooming ini menyediakan solusi praktis bagi mereka yang tertarik dengan peluang bisnis pet grooming. Mereka tidak hanya membantu memberikan pelatihan praktis soal cara merawat dan mendandani kucing serta anjing, tetapi juga cara memulai bisnis ini dengan modal yang terjangkau. Bahkan juga membimbing untuk membuka usaha dengan hanya mengandalkan sistem jasa panggilan.

Jasa kursus grooming ini menyediakan jasa pelatihan perawatan kucing dan anjing dengan beberapa kategori biaya. Mulai dari paket cat grooming dengan biaya Rp 500 ribu dibayar dua kali dan uang muka Rp 300 ribu, kemudian paket dog grooming Rp 1 juta dengan uang muka Rp 500 ribu.

kursus grooming juga menyediakan paket kursus khusus salon kucing dan anjing dengan detail perawatan lebih mendalam. Biaya untuk kursus salon kucing sebesar 1 juta sedang biaya untuk salon anjing senilai 2 juta dengan uang muka 50 %.

Materi pelajaran secara online akan disampaikan dalam bentuk teks dan video. Materi mencakup segala detil mengenai cara perawatan dan mendandani kucing dan anjing. Mulai dari teknik dan standar kebersihan kucing dan anjing, pengobatan sederhana, penanganan karakter anjing dan kucing, serta teknik dasar mempercantik penampilan berbagai jenis anjing dan kucing.

Peserta kursus juga secara khusus akan mendapatkan materi yang membimbing peserta mengenai teknik dasar dalam memulai bisnis grooming dan salon hewan peliharaan, promosi, keuangan dan standar operasional.

Itu tadi contoh menarik dalam menemukan ide usaha kecil dengan bermodal kemampuan dan pengalaman. Ada banyak pebelajaran yang bisa Anda dapatkan dari bisnis start up unik ini. Pertama karena bisnis ini berdiri dalam bidang yang masih jarang ditekuni orang lain sehingga langka persaingan.

Juga karena bisnis ini bergerak untuk menelurkan sebuah peluang usaha. Banyak orang yang berminat memulai usaha, bahkan sekarang memulai sebuah bisnis sudah menjadi sebuah trend. Dengan konsep usaha yang bertujuan memberi peluang usaha, maka akan menarik banyak orang yang ingin memulai bisnis dengan konsep berbeda dan bermodal terbatas.

Baca juga: Ada 7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Jurusan Pertanian Yang Menghasilkan

Itu pula sebabnya sejak awal, kursus grooming secara khusus memberikan banyak konsentrasi untuk membantu pembukaan usaha dalam bidang grooming hewan peliharaan. Anda bisa juga memulai bisnis serupa di kota Anda atau menemukan ide usaha kecil lain dengan pengalaman dan kemampuan Anda sendiri. Temukan ide unik original Anda sendiri dan mulai bisnis Anda.

contoh jasa iklan pemeliharaan hewan, jasa pelatihan salon hewan, kursus grooming jogja, kursus perawatan kucing, pelatihan grooming bandung, pelatihan grooming jogja

2 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?