Sobat Jogja – Ingin mendapat penghasilan namun bingung mencari usaha tanpa modal? Alternatifnya adalah menjadi kreatif, melihat peluang, dan semangat belajar. Apalagi, jika belum memulai bagaimana bisa mengumpulkan modal untuk usaha?

Perkembangan zaman saat ini banyak memberikan dampak positif. Banyak orang yang terbantu dengan teknologi yang dibuat saat ini. Salah satu teknologi yang paling memberikan dampak adalah internet.

Dengan adanya internet, orang-orang jadi bisa mengetahui berita terkini di suatu website, layaknya koran online. Begitu juga di dunia usaha. Peluang usaha pun juga semakin terbuka lebar dengan keberadaan internet ini. Banyak usaha yang bisa dilakukan di internet bahkan tanpa modal sekalipun.

Usaha Tanpa Modal Berikut Memang Harus Open Minded, Baru Berhasil
Usaha Tanpa Modal Berikut Memang Harus Open Minded, Baru Berhasil (Foto: bruce mars)

Namun intinya, yang Namanya membuka usaha itu pasti membutuhkan modal walaupun kecil. Di bawah ini ada beberapa contoh usaha tanpa modal yang bisa dilakukan secara online atau offline.

Penulis

Menjadi penulis merupakan salah satu contoh usaha yang nyaris tanpa modal yang bisa kalian kerjakan dari rumah dengan online.

Dengan melakukan usaha ini, kalian hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop. Kalian mengirimkan tulisan yang dibuat untuk pemesan dan mereka mengirimkan pembayarannya. 

Nominalnya memang tidak cukup besar, namun lumayan untuk uang tambahan dan perkembangan diri kalian dalam menulis.

  Peluang Bisnis Ayam Kampung Sangat Menjanjikan, Omzet Mencapai Jutaan Rupiah Sebulan

Jika menurut kalian internet dan laptop tidak termasuk sebagai modal. Maka bisa dibilang penulis adalah usaha yang bisa dilakukan tanpa modal.

Reseller

Apakah menjadi reseller termasuk dalam kategori usaha yang tanpa modal? Sepertinya tidak, karena untuk menjadi reseller membutuhkan biaya untuk membeli barang-barang yang akan dijual kembali. 

Dan juga untuk bisa menjalankan bisnis reseller, kalian harus memiliki sebuah website yang akan kalian gunakan sebagai “etalase” barang yang kalian jual tadi. Website tersebut bisa dibuat dengan layanan gratis seperti Blogger atau WordPress.

Namun dengan template yang gratis, kalian mungkin akan terlihat kurang profesional oleh calon pembeli. Lebih baik menggunakan domain sendiri. Ya memang tidak gratis, tapi modal untuk membeli domain itu terbilang kecil. Namun itu semua kembali pada pilihan kalian sendiri.

Jika kalian beranggapan bahwa biaya internet dan membeli produk untuk dijual bukan sebagai modal. Bisa jadi Reseller adalah usaha yang nyaris tanpa modal.

Blogger

Blogger adalah salah satu contoh usaha yang tanpa modal yang bisa dikerjakan. Dengan memiliki blog yang berkualitas dan banyak pengunjungnya, bisa dipastikan blog tersebut memberikan kalian penghasilan rutin.

Namun perlu kalian ketahui bahwa untuk membuat blog yang memiliki traffic tinggi dan digemari pengunjung bukan sesuatu yang mudah. Syarat blog memiliki traffic tinggi adalah konten yang bagus dan benar benar original, ditambah juga tampilannya harus menarik dan user friendly.

  Budidaya Ikan Koi Yang Menguntungkan

Dan untuk meraih semua itu kita harus memiliki kemampuan yaitu bagaimana menulis content berkualitas dan lainnya.

Jika biaya belajar dan internet tidak kalian anggap sebagai modal, maka dengan menjadi blogger bisa dibilang sebagai sebuah usaha yang tanpa modal.

Broker / Agent

Jika kalian merupakan orang yang pandai berkomunikasi dan pandai merayu orang untuk membeli sesuatu. Kalian bisa menjadi broker atau agen. Misalnya agen penjual properti. Keuntungan yang kalian dapat bisa dari dua belah pihak, dari pemilik dan pembeli.

Biasanya pemilik akan memberikan uang tip kepada agen yang berhasil membantu menjualkan barang miliknya. Sedangkan pembeli akan memberi uang tip kepada agen yang terbuka akan informasi dan membantunya mencari properti yang dia inginkan.

Jika waktu dan biaya operasional tidak kalian anggap sebagai modal, maka menjadi seorang agen atau broker bisa dibilang juga usaha nyaris tanpa modal.

Sebenarnya ini hanya bagaimana cara kalian menanggapi usahanya, jika kalian melakukan usaha di atas dan beranggapan bahwa peralatan yang digunakan bukan sebagai modal, bisa dibilang itu adalah usaha tanpa modal.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here