Usaha Menguntungkan di Desa – Hingga saat ini masih banyak orang yang memiliki pendapat jika menjalankan peluang usaha di kota itu jauh lebih baik ketimbang di desa. Padahal, untuk membuat atau mendirikan suatu usaha juga bisa dilakukan di desa.

5 Usaha Menguntungkan di Desa, Nomor 3 Dijamin Cepat Balik Modal
5 Usaha Menguntungkan di Desa, Nomor 3 Dijamin Cepat Balik Modal (Foto: Fancycrave)

Keluarnya pendapat tersebut karena bisa dibilang desa merupakan Kawasan yang terpencil dengan akses yang sangat terbatas dan daya beli yang tidak terlalu tinggi.  Wajar saja jika masih sangat jarang yang buka usaha di desa.

Sebenarnya, tinggal di desa bukan menjadi halangan untuk sukses. Asal kan Anda memiliki kemauan yang kuat maka tidak peduli dimana Anda tinggal pasti tetap bisa menjadi sukses.

Sebenarnya, masih ada usaha menguntungkan di desa asalkan dijalankan dengan serius. Mau tahu apa saja jenis usahanya ?

Berikut ini informasinya untuk Anda :

1. Pom Bensin Mini (Pertamini)

Sekarang ini sudah banyak penduduk desa yang menggunakan kendaraan bermotor, sehingga tingkat permintaan bbm atau bensin pasti semakin tinggi sedangkan pom bensin masih sangat jarang. Nah, melihat kondisi ini peluang usaha Pom Bensin Mini bisa menjadi usaha yang potensial.

Peluang usaha ini sebenarnya memang ditujukan untuk wilayah yang sulit dijangkau untuk pembangunan pom bensin. Alat-alatnya juga bisa didapatkan dengan mudah secara online, sedangkan untuk pasokan bensinnya bisa bekerja sama dengan pom bensin terdekat.

  Ternyata Potensi Usaha Kuliner Pepes Itu Sangat Menjanjikan Lho

2. Usaha Rental Playstation (PS-an)

Semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa senang bermain playstation. Bahkan, permainan ini mulai merambah ke desa dan perkampungan. Namun, karena harga jual PS cukup mahal membuat hanya sedikit orang yang mampu membelinya.

Anda bisa membuka rental playstation dengan harga yang terjangkau pasti peminatnya akan sangat banyak, apalagi jika tempatnya nyaman dan luas. Modal usaha ini sangat menguntungkan karena bukan hanya anak-anak yang memainkannya, terkadang bapak-bapak juga ikut bermain.

3. Warung Sembako

Usaha yang satu ini pasti selalu ada di kota ataupun di desa. Warung sembako menyediakan berbagai kebutuhan pokok mulai dari beras, telur, bumbu dapur, dan lainnya.

Beberapa kebutuhan tidak perlu mengambil dari agen, Anda bisa bekerja sama dengan penduduk sekitar. Misalkan, untuk beras bisa bekerja sama dengan petani, untuk pasokan telur bisa bekerja sama dengan peternak setempat.

Itulah mengapa, memiliki warung sembako sangatlah menjanjikan. Dengan catatan, Anda harus benar-benar teliti dalam pembukuan (keuangan). Terutama pengeluaran dengan margin yang harus balance dan hati-hati dengan memberikan hutangan (sebaiknya jangan).

4. Usaha Alat Pertanian dan Perkebunan

Mayoritas kegiatan penduduk desa berkaitan erat dengan pertanian dan perkebunan, mereka pasti membutuhkan peralatan yang dapat membantu. Anda bisa membuka usaha menjual berbagai kebutuhan pertanian dan perkebunan seperti cangkul, sekop, bibit tanaman, pupuk, pestisida dan lainnya.

  Budidaya Ikan Koi Yang Menguntungkan

Biasanya penduduk desa harus ke kota terlebih dahulu untuk mendapatkan alat-alat dan kebutuhan pertanian. Maka dari itu, selain menguntungkan usaha Anda juga sangat memudahkan penduduk desa untuk mendapatkan peralatan yang dibutuhkan tanpa harus repot-repot ke kota.

5. Usaha Kuliner

Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang terus berkembang dan tidak pernah sepi peminat di kota dan di desa. Selama manusia masih butuh makan maka usaha kuliner akan terus hidup, tapi harus diiringi dengan inovasi dan ide kreatif agar tidak dilibas oleh kompetitor.

Namun, untuk usaha kuliner di desa ini sebaiknya harga menunya tidak terlalu mahal. Keuntungan menjalankan usaha ini di desai adalah bahan bakunya tidak terlalu sulit didapat karena masih banyak perkebunan dan pertanian.

Anda bisa membuka usaha dengan konsep alam terbuka, cukup sediakan gerobak dan tempat duduk lesehan seadanya. Anda juga bisa menambahkan mainan berupa monopoli, ular tangga, catur dan lainnya untuk menarik minat pengunjung.

Silakan pilih salah satu dari 5 usaha menguntungkan di desa yang ada di atas sesuai dengan budget Anda. Salah satu keuntungan menjalankan usaha di desa yaitu modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar karena bahan bakunya mudah didapatkan dan harga sewa tempat juga belum terlalu mahal.

Penelusuran terkait Usaha plastation di kampung.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here