Melirik Potensi Bisnis Kue Kering Dengan Omzet Ratusan Juta Sebulan
Melirik Potensi Bisnis Kue Kering Dengan Omzet Ratusan Juta Sebulan (Photo by, bakerbynature)

Memasuki bulan Ramadhan merupakan berkah tersendiri bagi pengusaha kue kering, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Lalu seperti apa dan bagaimana potensi dari bisnis kue kering di masa lebaran? Tentu, banyaknya permintaan yang luar biasa dibarengi dengan untung yang cukup menggiurkan. Beberapa pelaku bisnis kue kering skala menengah mengaku bisa mengantongi omset hingga ratusan juta di saat lebaran.

Melirik Potensi Bisnis Kue Kering Dengan Omzet Ratusan Juta Sebulan
Melirik Potensi Bisnis Kue Kering Dengan Omzet Ratusan Juta Sebulan (Photo by, bakerbynature)

Bagi mereka yang pernah mencicipi sukses dari masa lebaran, mereka pasti akui betapa dahsyatnya peluang dari bisnis kue kering di musim menjelang hari raya ini. Yang menjadi masalah, bisa dikatakan bisnis kue kering ini termasuk bisnis musiman, dimana ketik musim hari raya terlewati kue kering langsung hilang dari pasaran dan tak lagi dicari konsumen.

Padahal bisnis kue kering bisa Anda kembangkan diluar musim hari raya. Anda tak selalu terikat dengan lebaran dan natal untuk kemudian menutup usaha Anda  setelah musim berlalu. Hanya saja perlu upaya lebih untuk bisa mengejar peluang-peluang dari bisnis kue kering ini selain pada masa hari raya. Inilah yang akan kami ulas pada kesempatan ini. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa Anda jalankan untuk bisa bertahan dengan bisnis kue kering di luar musim Hari Raya Idul Fitri.

1. Kenali potensi yang bisa Anda kejar
Selain musim lebaran dan natal, ada banyak peluang lain yang sebenarnya layak Anda kejar. Pasar pernikahan dengan menjadikan kue kering sebagai hantaran. Atau dengan memasarkannya di musim valentine sebagai hantaran untuk pasangan. Acara yang lebih sederhana seperti untuk arisan juga bisa saja menjadi incaran Anda.

2. Jalin kerjasama
Untuk bisa merebut pasar di momen pernikahan dan perhelatan, Anda perlu menjalin kerjasama dengan pihak event organizer, catering atau pembuat hantaran. Lemparkan penawaran khusus untuk paket hantaran dengan kue-kue kering unik yang sesuai dengan konsep perhelatan.

3. Membuka sistem agen
Pasar kue kering sebenarnya tak berbatas. Siapa yang tidak doyan dengan nastar dan kastengel? Siapa yang tidak ingin menghabiskan sore dengan sewadah kecil kue cokelat chocochip? Pasar umumnya sebenarnya sangat potensial Anda garap.

Dorong pasar untuk tertarik dengan produk Anda, sekalipun bukan di hari raya dengan merekruit beberapa agen untuk menjual produk Anda diluar momen lebaran dan natal. Mereka juga bisa menjadikankue Anda sebagai sajian dalam kotak snack pada acara arisan, pengajian sampai sekedar acara ulang tahun.

Jangan ragu melempar produk inovatif untuk memberi konsumen pilihan berbeda. Kadang dari sejak sebelum lebaran Anda sudah melempar produk inovasi baru, di hari raya Anda jadi kebanjiran pesanan untuk produk ini bahkan tanpa promosi besar.

4. Memproduksi Kue kering khusus
Kue kering sebenarnya digemari di pasaran tanpa terikat oleh musim dan momentum. Sebagaimana sudah kami jelaskan sebelumnya. Dan salah satu pasar konsumen kue kering yang jarang terakomodasi adalah kalangan konsumen dengan diet khusus. Beberapa orang harus menjalankan diet bebas gluten, bebas telur, atau bebas gula.

Memasarkan produk ini bisa membuat Anda menyasar ke pasar khusus para pengidap penyakit khusus. Anda bisa melakukan pendekatan ke rumah sakit untuk menjadi salah satu mitra rekomendasi.

5. Sedia reseller eceran
Ingin menjajal pasar lain yang tidak kalah menarik? Kemas kue kering Anda dalam kemasan ekonomis berisi 5 atau 8 buah kue kering. Jual ke beberapa kantin dan koperasi sekolah atau kampus. Anak mahasiswa dan pelaar juga gemar menyemil kue kering namun jelas berat untuk membeli dalam kemasan besar. Jadi kemasan kecil ini akan memudahkan konsumen membeli dengan lebih kerap.

Produk Anda juga menjadi lebih menarik karena produk kue kering Anda seolah menjadi produk sekali makan dengan harga yang terjangkau.

6. Membuka online shop
mau menjual dengan lebih luas? Pasar online jelas adalah jawabannya. Buka channel penjualan online via website, blog, instagram, facebook, twiter atau pinterest. Untuk menarik konsumen, berikan nama yang unik untuk kue kering Anda, sertakan penjelasan detil mengenai rasa dan kandungan dari kue untuk menggambarkan rasa dari sajian tersebut. Jangan lupa sertakan foto kue dengan tampilan semenarik mungkin. Di sini gambaran visual dan verbal demikian penting dalam mendorong penjualan.

Baca juga: Kisah Sukses Usaha Kecil Dengan Mainan Anak Kayu Omzet 6 Milyar

Bagaimana, sudah tertarik? Bisnis kue kering bisa saja mereguk sukses tanpa terikat pada musim lebaran atau natal. Ada banyak momen dan peluang lain yang bisa Anda dapatkan dengan hanya sedikit mengatur strategi.  Terbukti beberapa pelaku bisnis kue kering bahkan bisa mencetak hasil hingga puluhan juta secara rutin setiap bulannya.

bisnis kue kering dengan omzet jutaan, kue lebaran distributor jogja, potensi dari usaha kue, potensi kue kering

LEAVE A REPLY